UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi

ISSN 2301-7090

Vol. 2 / No. 3 / Published : 2013-12

Order : 2, and page :139 - 146

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Perbedaan penilaian tingkat kepentingan dimensi kualitas layanan ditinjau dari persepsi resiko (perceived risk) dan loyalitas pelanggan online shop di facebook

Author :

  1. Dyah Hanung Wardhani*1
  2. Dr. Seger Handoyo*2
  1. -
  2. -

Abstract :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan penilaian tingkat kepentingan dimensi kualitas layanan ditinjau dari persepsi resiko (perceived risk) dan loyalitas pelanggan online shop di facebook. Alat pengumpul data menggunakan kuesioner. Alat ukur kualitas layanan berisi 42 aitem, persepsi resiko berisi 8 aitem dan alat ukur loyalitas pelanggan berisi 17 aitem. Ketiga alat ukur tersebut telah diujicobakan terlebih dahulu kepada 30 orang responden yang dianggap dapat mewakili sampel data. Nilai reliabilitas Cronbach’s Alpha skala kualitas layanan adalah 0,917. Nilai reliabilitas Cronbach’s Alpha dimensi proses dari kualitas layanan adalah 0,803 kemudian nilai reliabiltas Cronbach’s Alpha dimensi hasil adalah 0,713 dan nilai reliabilitas Cronbach’s Alpha dimensi perbaikan adalah 0,824. Selanjutnya untuk nilai Cronbach’s Alpha skala persepsi resiko (perceived risk) dan loyalitas pelanggan yaitu 0,766 dan 0,832. Jumlah sampel dalam penelitian sebanyak 200 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling dan menggunakan teknik analisis data Two-Way ANOVA.Hasil pengujian hipotesis mengatakan bahwa terdapat perbedaan signifikan penilaian tingkat kepentingan dimensi kualitas layanan ditinjau dari persepsi resiko (perceived risk) dan loyalitas pelanggan dengan nilaii siginifikan yaitu 0,037. Hasil ilai signifikansi interaction effect adalah 0,389 tidak ada perbedaan signifikan efek persepsi resiko dan loyalitas pelanggan terhadap kualitas layanan. Maka dapat dipastikan terdapat main effect dari kedua variabel X, yaitu persepsi resiko (perceived risk) dengan nilai signifikansi 0,011. Kategori persepsi resiko (perceived risk) yang memiliki nilai berbeda secara signifikan adalah persepsi sedang dan rendah.

Keyword :

persepsi resiko (perceived risk), loyalitas pelanggan, kualitas layanan,


References :

Azwar, Saifuddin,(2011) Metode penelitian Yogyakarta : Pustaka Pelajar





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 2 / No. : 3 / Pub. : 2013-12
  1. The Effect Of Shopping Orientation Toward Online Purchase Intention Of Apparel Product In Online Shopper
  2. Perbedaan Penilaian Tingkat Kepentingan Dimensi Kualitas Layanan Ditinjau Dari Persepsi Resiko (perceived Risk) Dan Loyalitas Pelanggan Online Shop Di Facebook
  3. The Relation Between Organizational Support And Trait Anxiety With Performance Pump It Up Speeder Player In Surabaya
  4. Makna Kerja (meaning Of Work) Suatu Studi Etnografi Abdi Dalem Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Daerah Istimewa Yogyakarta
  5. Kepercayaan Organisasi Pada Karyawan Kebun Binatang Surabaya
  6. Relationship Between Customer Satisfaction With Word Of Mouth For Customer On Beauty Clinic London Beauty Centre
  7. The Relationship Between Work Engagement And Work-family Conflict On Working Women
  8. Hubungan Antara Keadilan Distributif Dengan Perilaku Kerja Kontraproduktif Pada Sales Pt. United Indo Surabaya Dengan Mengontrol Leader Member Exchange (lmx)