Catalog :




Detail Article

Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi

ISSN 2301-7090

Vol. 3 / No. 3 / Published : 2014-08

TOC : 8, and page :158 - 168

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Perspektif guru terhadap kemitraan antara sekolah, guru dan masyarakat di sdn inklusif di surabaya

Author :

  1. Aria Luqita Agus Susanti*1
  2. Pramesti P. Paramita*2
  1. Mahasiswa Fakultas Psikologi
  2. Dosen Fakultas Psikologi

Abstract :

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perspektif guru terhadap kemitraan yang terjadi antara sekolah, keluarga dan masyarakat pada SDN Inklusif di Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus intrinsik. Fokus penelitiannya, yakni melihat aktivitas kemitraan yang dilakukan, tantangan kemitraan yang dihadapi serta hasil yang diharapkan dari adanya kemitraan.Fokus penelitiannya tersebut akan tersaji dalam enam tipe keterlibatan menurut Epstein, yakni Parenting, Communicating, Volunteering, Learning at Home, Decision Making dan Collaborating with Community. Penelitian ini melibatkan 6 orang partisipan dari 3 SDN Inklusif yang berbeda. Masing-masing SDN Inklusif yang diteliti terdiri dari 2 orang partisipan yang memiliki peran sebagai guru kelas (guru pendamping khusus) dan koordinator inklusif. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis tematik dengan menggunakan pendekatan deduktif (theory-driven). Memakai varian dari analisis tematik, yakni template analysis technique dimana peneliti menggunakan kode yang sudah ada dalam teori.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perspektif tiap partisipan berbeda dalam melihat aktivitas kemitraan yang dilakukan, tantangan kemitraan yang dihadapi serta hasil yang diharapkan dari adanya kemitraan. Ada 4 tipe keterlibatan yang sudah familiar dilakukan oleh semua partisipan, yakni Parenting, Communicating, Learning at Home dan Collaborating with Community. Sedangkan 2 tipe keterlibatan lainnya, yakni Volunteering dan Decision Making masih belum familiar dilakukan.

Keyword :

Perspektif guru, Kemitraan, Keterlibatan, Sekolah inklusif,


References :

  1. Xu, Y. & Filler, J. , (2008). Facilitating Family Involvement and Support for Inclusive Education. Vol. 18 No.2. : he School Community Journal


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 3 / No. : 3 / Pub. : 2014-12
  1. Hubungan antara self-efficacy dan motivasi berprestasi dengan kecemasan akademik pada siswa program sekolah rsbi di surabaya
  2. Peran dukungan sosial terhadap pembentukan self esteem yang tinggi pada remaja tunanetra di sekolah khusus
  3. Hubungan antara kemandirian dalam melakukan aktivitas sehari-hari dengan kepuasan hidup pada lanjut usia yang mengalami stroke
  4. Hubungan antara self efficacy dengan subjective well-being pada mahasiswa baru politeknik elektronika negeri surabaya (pens) yang kos
  5. Perbedaan cinta (intimacy, passion, commitment) ditinjau dari lamanya usia perkawinan pada istri yang bekerja
  6. Hubungan antara perceived organizational support dengan work-family conflict pada wanita karier di industri perbankan surabaya
  7. Perspektif guru terhadap kemitraan antara sekolah, guru dan masyarakat di sdn inklusif di surabaya
  8. Hubungan antara job insecurity dengan employee engagement pada karyawan tetap di lbb ssc surabaya