Catalog :




Detail Article

Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi

ISSN 2301-7090

Vol. 2 / No. 3 / Published : 2013-12

TOC : 6, and page :169 - 176

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Relationship between customer satisfaction with word of mouth for customer on beauty clinic london beauty centre

Author :

  1. Nindhira Rossellini Putri*1
  2. Prof. Dr. Fendy Suhariadi, MT.,Psi*2
  1. -
  2. -

Abstract :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kepuasan pelanggan dengan word of mouth pada pelanggan Klinik Kecantikan London Beauty Centre. Kepuasan pelanggan merupakan keseluruhan sikap mengenai barang atau jasa setelah memperoleh dan menggunakannya (Mowen, 1995). Word of mouth merupakan komunikasi informal, antara seseorang komunikator non-komersial (bukan bagian dari perusahaan) dengan orang lain sebagai penerima mengenai merk, produk, organisasi, atau jasa yang telah dirasakan (Harrison-Walker, 2001). Penelitian ini dilakukan pada pelanggan wanita Klinik Kecantikan London Beauty Centre sejumlah 100 orang. Alat pengumpulan data berupa kuesioner kepuasan pelanggan yang terdiri dari 19 butir dan alat ukur word of mouth yang disusun oleh L. Jean Harrison-Walker (2001) yang terdiri dari 13 butir. Reliabilitas skala kepuasan pelanggan (r) adalah 0,858, sedangkan reliabilitas skala word of mouth (r) adalah 0,867. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik korelasi product moment dari Pearson, dengan bantuan program statistik SPSS 16.0 for Windows. Dari hasil analisis data penelitian diperoleh nilai korelasi antara kepuasan pelanggan dengan word of mouth sebesar 0,380 dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara kepuasan pelanggan dengan word of mouth pada pelanggan Klinik Kecantikan London Beauty Centre.

Keyword :

kepuasan pelanggan, word of mouth,


References :

  1. Anshori, M., & Iswati, S, (2009). Metodologi penelitian kuantitatif. Surabaya : Airlangga University press


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 2 / No. : 3 / Pub. : 2013-12
  1. The effect of shopping orientation toward online purchase intention of apparel product in online shopper
  2. Perbedaan penilaian tingkat kepentingan dimensi kualitas layanan ditinjau dari persepsi resiko (perceived risk) dan loyalitas pelanggan online shop di facebook
  3. The relation between organizational support and trait anxiety with performance pump it up speeder player in surabaya
  4. Makna kerja (meaning of work) suatu studi etnografi abdi dalem keraton ngayogyakarta hadiningrat daerah istimewa yogyakarta
  5. Kepercayaan organisasi pada karyawan kebun binatang surabaya
  6. Relationship between customer satisfaction with word of mouth for customer on beauty clinic london beauty centre
  7. The relationship between work engagement and work-family conflict on working women
  8. Hubungan antara keadilan distributif dengan perilaku kerja kontraproduktif pada sales pt. united indo surabaya dengan mengontrol leader member exchange (lmx)