Catalog :




Detail Article

Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental

ISSN 2301-7082

Vol. 3 / No. 1 / Published : 2014-04

TOC : 6, and page :40 - 47

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Pengaruh penggunaan film sebagai media belajar terhadap pencapaian higher order thinking skill pada mahasiswa fakultas psikologi unair

Author :

  1. Rico Anthony Firmansyah*1
  2. Aryani Tri Wrastari*2
  1. Mahasiswa Fakultas Psikologi
  2. Dosen Fakultas Psikologi

Abstract :

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pemberian film sebagai media belajar terhadap pencapaian Higher Order Thinking Skill pada Mahasiswa Psikologi Universitas Airlangga. Film yang digunakan adalah jenis problematic film yaitu film yang berisi tentang isu-isu atau masalah-masalah sosial, budaya dan sebagainya yang digunakan untuk merangsang kemampuan berpikir kritis siswa. Higher Order Thinking Skill adalah kumpulan ketrampilan berpikir yang terdiri kemampuan analisis, evaluasi dan mencipta. Manipulasi atau perlakukan eksperimen diberikan kepada mahasiswa kelas Andragogi Fakultas Psikologi Universitas Airlangga dengan total subjek adalah 11. Perlakukan diberikan pada dua pokok bahasan, yaitu Experiential Learning dan Reflective Learning. Alat pengumpul data dalam penelitian ini berupa tes essay yang berisi pertanyaan reflective yang mengacu pada taksonomi Bloom level HOT. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik statistik Independent Sample T-Test dengan bantuan program IBM SPSS Statistics 20. Uji Independent Sample T-test menghasilkan nilai t sebesar -0,127 dengan p sebesar 0,08 pada Eksperimen 1 pokok bahasan Experiential Learning, dan nilai t sebesar -1,97 dengan p sebesar 0,90 pada Eksperimen 2 pokok bahasan Reflective Learning. Ini berarti tidak ada pengaruh pemberian film sebagai media pembelajaran pada pencapaian Higher Order Thinking Skill di kedua pokok bahasan yang diteliti. Hasil tersebut bertolak belakang pada penelitian-penelitian sebelumnya, ada beberapa analisa menurut peneliti yaitu,(1) metode baru selalu membutuhkan waktu untuk dikembangkan dan digunakan untuk lebih maksimal dan (2) kurang menariknya film yang digunakan selama proses belajar.

Keyword :

Higher Order Thinking Skill, Film sebagai media pendidikan,


References :

  1. Aditomo ,A., Ayuningtyas, A, (2008). Apakah hubungan antara orientasi belajar dan prestasi akademik tergantung pada konteks. Vol 24, hal 56-68 : Indonesian Psychological Journal


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 3 / No. : 1 / Pub. : 2014-04
  1. Hubungan antara konsep diri dengan kecenderungan body dysmorphic disorder pada remaja perempuan
  2. Strategi koping pasien dewasa muda periodontal yang mengalami dental anxiety
  3. Hubungan antara persepsi pola asuh orangtua dan kontrol diri remaja terhadap perilaku merokok di pondok pesantren
  4. Hubungan antara persepsi penyakit dengan manajemen diri pada penderita diabetes yang memiliki riwayat keturunan
  5. Pengaruh kepribadian terhadap kepuasan perkawinan wanita dewasa awal pada fase awal perkawinan ditinjau dari teori trait kepribadian big five
  6. Pengaruh penggunaan film sebagai media belajar terhadap pencapaian higher order thinking skill pada mahasiswa fakultas psikologi unair
  7. Hubungan antara konsep diri fisik dan kecenderungan kecemasan sosial pada remaja awal
  8. Health belief model pada pasien pengobatan alternatif supranatural dengan bantuan dukun