Catalog :




Detail Article

Jurnal Psikologi Kepribadian dan Sosial

ISSN 2301-7074

Vol. 2 / No. 2 / Published : 2013-08

TOC : 4, and page :79 - 89

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Hubungan antara kompetensi sosial dengan perilaku cyberbullying yang dilakukan oleh remaja usia 15-17 tahun

Author :

  1. Emilia*1
  2. Tino Leonardi*2
  1. Mahasiswa Fakultas Psikologi
  2. Dosen Fakultas Psikologi

Abstract :

Penelitian ini bermaksud untuk meneliti apakah terdapat hubungan antara kompetensi sosial dengan perilaku cyberbullying. Kompetensi sosial yang dimaksud adalah kemampuan yang dimiliki oleh individu untuk berinteraksi dengan orang lain secara efektif dan dapat diterima secara sosial. Kompetensi sosial terdiri dari perilaku assertion, kerja sama, empati, tanggung jawab, dan kontrol diri. Cyberbullying adalah perilaku yang dilakukan dengan sengaja dan berulang kali oleh secara individu atau berkelompok yang dengan tujuan menyakiti orang lain melalui alat teknologi komunikasi dan informasi.Penelitian ini dilakukan pada 225 remaja usia 15-17 tahun yang terdiri dari 70 laki-laki dan 155 perempuan. Teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling. Alat pengumpulan data berupa skala psikologis yang disusun sendiri oleh penulis, yaitu skala kompetensi sosial berdasarkan dimensi Gresham & Elliot dan skala perilaku cyberbullying berdasarkan tiga faktor perilaku yang dikembangkan oleh Cetin, dkk.. Reliabilitas skala kompetensi sosial adalah 0.883 dan reliabilitas skala perilaku cyberbullying adalah 0.937. Analisis data yang digunakan adalah statistik nonparametrik dengan teknik korelasi Spearman’s Rho dengan bantuan program SPSS 16.00 for Windows.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi sosial berkorelasi dengan perilaku cyberbullying. Besarnya koefisien korelasi antara kedua variabel adalah -0.336 dengan taraf signifikansi 0.000. Nilai signifikansi 0.000 menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi sosial dengan perilaku cyberbullying yang dilakukan oleh remaja usia 15-17 tahun.

Keyword :

Kompetensi sosial, Cyberbullying, Remaja usia 15-17 tahun.,


References :

  1. Raskauskas, J. and A.D. Stoltz., (2007). Involvement in Traditional and Electronic Bullying among Adolescents. 43(3), 564–75 : Journal of Developmental Psychology


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 2 / No. : 2 / Pub. : 2013-08
  1. Hubungan religiusitas dengan psychological well-being pada narapidana
  2. Kecemasan dan strategi coping pada anak yang mengalami tindak kekerasan fisik dalam keluarga
  3. Hubungan pola asuh permissive-indulgent dengan kecerdasan emosional pada remaja awal
  4. Hubungan antara kompetensi sosial dengan perilaku cyberbullying yang dilakukan oleh remaja usia 15-17 tahun
  5. Pemaknaan bullying pada remaja penindas (the bully)
  6. Intensi untuk menikah pada wanita lajang