Japanology
ISSN 2302-2876
Vol. 2 / No. 1 / Published : 2013-09
Order : 8, and page :67 - 77
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Analisis tanda verbal iklan smartphone ntt docomo di media televisi jepang : kajian semiotik
Author :
- Gisca Gaprita Sari*1
- Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya
Abstract :
Iklan seringkali memiliki pesan tersembunyi dalam tanda verbal yang digunakannya. Iklan smartphone NTT docomo adalah salah satu iklan yang memiliki pesan tersembunyi yang digunakan untuk mempersuasi konsumen. Iklan ini mewujudkan produk smartphone yang terdapat dalam iklan sebagai manusia yang bisa berkomunikasi dengan pemiliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tanda verbal dan makna yang dimilikinya pada iklan smartphone NTT docomo. Teori semiotik menurut Peirce digunakan untuk menganalisis iklan ini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan metode ini, pertama-tama tanda verbal diklasifikasikan menjadi ikon, indeks, dan simbol sesuai dengan teori semiotik menurut Peirce. Kemudian, analisis makna dilakukan dengan menggunakan proses semiosis. Melalui analisis tanda verbal pada iklan smartphone NTT docomo, diketahui bahwa iklan ini memiliki karakteristik dimana muncul interpretasi berupa rasa khawatiryang dirasakan oleh anggota keluarga pemilik smartphone, yang diikuti dengan interpretasi bahwa smartphone NTT docomo berkualitas, praktis, dan bisa menjaga pemiliknya dalam kesusahan. Perwujudan smartphone NTT docomo sebagai manusia pada iklan ini digunakan untuk membangun rasa kepercayaan serta menjalin hubungan dekat antara smartphone NTT docomo dengan pemiliknya.
Keyword :
semiotik, peirce, tanda verbal, iklan, smartphone NTT docomo,
References :
Arikunto, Suharsimi,(1998) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Jakarta : PT. Rineka Cipta
Bogdan, Peter dan Steven, J. Taylor,(1992) Introduction to Qualitative Researh Methods: A Phenomenological Approach in The Social Science. Arif Furchan, penerjemah Surabaya : Usaha Nasional
Budiman, Kris,(2011) Semiotika Visual: Konsep, Isu, dan Problem Ikonitas Yogyakarta : Jalasutra
Fiske, John,(2010) Cultural and Comunication Studies: Sebuah Pengantar Paling Komprehensif. Yogyakarta : Jalasutra
Noth, Winfried,(2006) Semiotik. Abdul Syukur Ibrahim, penerjemah. Terjemahan dari Handbook of Semiotics Surabaya : Airlangga University Press
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 2 / No. : 1 / Pub. : 2013-09 |
|