UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Japanology

ISSN 2302-2876

Vol. 2 / No. 1 / Published : 2013-09

Order : 8, and page :67 - 77

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Analisis tanda verbal iklan smartphone ntt docomo di media televisi jepang : kajian semiotik

Author :

  1. Gisca Gaprita Sari*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya

Abstract :

Iklan seringkali memiliki pesan tersembunyi dalam tanda verbal yang digunakannya. Iklan smartphone NTT docomo adalah salah satu iklan yang memiliki pesan tersembunyi yang digunakan untuk mempersuasi konsumen. Iklan ini mewujudkan produk smartphone yang terdapat dalam iklan sebagai manusia yang bisa berkomunikasi dengan pemiliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tanda verbal dan makna yang dimilikinya pada iklan smartphone NTT docomo. Teori semiotik menurut Peirce digunakan untuk menganalisis iklan ini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan metode ini, pertama-tama tanda verbal diklasifikasikan menjadi ikon, indeks, dan simbol sesuai dengan teori semiotik menurut Peirce. Kemudian, analisis makna dilakukan dengan menggunakan proses semiosis. Melalui analisis tanda verbal pada iklan smartphone NTT docomo, diketahui bahwa iklan ini memiliki karakteristik dimana muncul interpretasi berupa rasa khawatiryang dirasakan oleh anggota keluarga pemilik smartphone, yang diikuti dengan interpretasi bahwa smartphone NTT docomo berkualitas, praktis, dan bisa menjaga pemiliknya dalam kesusahan. Perwujudan smartphone NTT docomo sebagai manusia pada iklan ini digunakan untuk membangun rasa kepercayaan serta menjalin hubungan dekat antara smartphone NTT docomo dengan pemiliknya.  

Keyword :

semiotik, peirce, tanda verbal, iklan, smartphone NTT docomo,


References :

Arikunto, Suharsimi,(1998) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Jakarta : PT. Rineka Cipta

Bogdan, Peter dan Steven, J. Taylor,(1992) Introduction to Qualitative Researh Methods: A Phenomenological Approach in The Social Science. Arif Furchan, penerjemah Surabaya : Usaha Nasional

Budiman, Kris,(2011) Semiotika Visual: Konsep, Isu, dan Problem Ikonitas Yogyakarta : Jalasutra

Fiske, John,(2010) Cultural and Comunication Studies: Sebuah Pengantar Paling Komprehensif. Yogyakarta : Jalasutra

Noth, Winfried,(2006) Semiotik. Abdul Syukur Ibrahim, penerjemah. Terjemahan dari Handbook of Semiotics Surabaya : Airlangga University Press





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 2 / No. : 1 / Pub. : 2013-09
  1. Daya Ilokusi Tuturan Interogatif Dalam Dialog Film Ima, Ai Ni Yukimasu
  2. Pernikahan Dilihat Dari Sudut Pandang Enam Pria Single Jepang Di Jakarta
  3. Representasi Peran Guru Dalam Menghadapi Ijime Pada Manga “life” Karya Suenobu Keiko
  4. Analisis Motifeme Pola Cerita Irui-kon Dalam Cerita Rakyat Jepang
  5. Pemakaian Gaya Bahasa Pada Lirik Lagu “l’arc~en~ciel”
  6. Peran Nakata Dalam Novel “umibe No Kafka” Karya Murakami Haruki
  7. Perlokusi Dari Pelanggaran Prinsip Sopan Santun Dalam Dorama “kimi Wa Petto” Episode I Karya Yayoi Ogawa
  8. Analisis Tanda Verbal Iklan Smartphone Ntt Docomo Di Media Televisi Jepang : Kajian Semiotik
  9. Kecenderungan Penggunaan Ragam Bahasa Dalam Segmen Freetalk Acara “ Downtown No Gaki No Tsukai Ya Arahende!!”
  10. Analisis Framing Perbedaan Pemberitaan “gempa Besar Jepang Timur 11 Maret 2011” Pada Yomiuri Shinbun Dan Kahoku Shinpo
  11. Faktor Sosial Budaya Pendorong Tindakan Aborsi Pada Pemuda Di Jepang