UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Japanology

ISSN 2302-2876

Vol. 5 / No. 2 / Published : 2017-01

Order : 10, and page :266 - 279

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Perilaku konsumtif dan pemujaan terhadap idol group jkt 48 : studi kasus 6 anggota fanbase wani surabaya

Author :

  1. Yosephine Setiawan*1
  2. Tia Saraswati*2
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya
  2. Dosen Fakultas Ilmu Budaya

Abstract :

Kemunculan JKT48 sejak tahun 2011 sudah menjadi fenomena tersendiri di belantika musik Indonesia. JKT48 merupakan sister grup dari AKB48 yang merupakan grup idola Jepang. Mengadopsi konsep yang sama dengan AKB48, JKT48 juga memiliki tagline “idol you can meet everyday” yang berarti penggemar dapat memantau perkembangan idola setiap hari. Konsep tersebut merupakan karakteristik yang membedakan grup idola ini dengan idola lainnya dan akhirnya mempengaruhi banyak pihak untuk mulai mengidolakan JKT48 dan membentuk banyak fanbase, contohnya adalah fanbase WANI di Surabaya. Para penggemar dalam fanbase tersebut juga melakukan aktivitas konsumsi terhadap idola JKT48 secara rutin dan berulang. Penelitian ini akan membahas perilaku konsumtif yang dilakukan oleh penggemar fanbase WANI dengan metode wawancara dan alasan mereka melakukan perilaku konsumtif tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan teori compulsive buying dan konsep tentang pemujaan terhadap selebriti sebagai dasar yang dapat memicu teori compulsive buying. Hasil dari penelitian ini adalah perilaku konsumtif yang dilakukan penggemar meliputi mengikuti kegiatan yang melibatkan grup idola JKT48 seperti menonton teater, konser, mengikuti direct selling, handshake event dan mengumpulkan merchandise idola. 

Keyword :

idol, grup idola, fanbase, compulsive buying, pemujaan terhadap selebriti,


References :

Darfiyani, Dita and M. ,G. Bagus Ani Putra,(2012) Pemujaan Terhadap Idola Pop Sebagai Dasar Intimate Relationship Pada Dewasa Awal 1 : Jurnal: Psikologi Universitas Airlangga, Hal 54-55

Devi, Fitra Kharisma Chandra,(2015) Hubungan Antara Celebrity Worship Dan Compulsive Buying Dalam Membeli Merchandise Idola Pada Dewasa Awal Fans JKT48 di Jakarta 1 : Skripsi: S1 Psikologi Universitas Bina Nusantara

Arikel,(2014) Apa itu JKT48”.2014 1 : http://jkt48.com/apa-itu-jkt48





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 5 / No. : 2 / Pub. : 2017-03
  1. Analisis Makna Kotowaza Yang Terbentuk Dari Kata Anjing (犬) Serta Padanannya Dalam Peribahasa Bahasa Indonesia
  2. Pelanggaran Maksim Pada Aktifitas Humor Dalam Acara Shimura Ken No Baka Tono Sama
  3. Harai: Telaah Konsep Religi Koentjaraningrat
  4. Analisis Amae Dalam Permasalahan Hubungan Keluarga Pada Film Tokyo Sonata
  5. Makna Hubungan Antartokoh Dalam Proses Pembentukan Kepribadian Ganda Tokoh Suguro Pada Novel Sukyandaru Karya Endo Shusaku
  6. Struktur Dan Makna Cerpen Si Rubah Gong Karya Niimi Nankichi
  7. Makna Cinta Dalam Kumpulan Puisi Wakanashu Karya Shimazaki Toson Berdasarkan Teori Struktural-semiotik
  8. Verbal Ijime Pada Komik Life Karya Suenobu
  9. Manifestasi Nilai Kawaii Pada Empat Tokoh Pria Dalam Game Touken Ranbu Online
  10. Perilaku Konsumtif Dan Pemujaan Terhadap Idol Group Jkt 48 : Studi Kasus 6 Anggota Fanbase Wani Surabaya
  11. 8 Pemain Otome Game Di Surabaya : Romantisme, Rileksasi Dan Betsu Kare