Japanology
ISSN 2302-2876
Vol. 2 / No. 1 / Published : 2013-09
Order : 3, and page :16 - 28
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Representasi peran guru dalam menghadapi ijime pada manga “life” karya suenobu keiko
Author :
- Desi Asriningpuri*1
- Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya
Abstract :
Ijime merupakan sebuah fenomena yang umum diantara anak-anak sekolah di Jepang. Sejak pertengahan tahun 1980-an, Ijime di sekolah telah menjadi perhatian sebagai masalah sosial yang muncul di dalam kehidupan sosial Jepang. Kejadian ijime banyak direpresentasikan dalam manga, salah satunya adalah manga “Life”. Penelitian ini dilakukan untuk mengamati bagaimana representasi peran guru dalam menghadapi ijime yang tergambar dalam manga “Life” tersebut. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka atau studi dokumen dalam pengumpulan data. Dokumen berupa gambar dari manga yang merepresentasikan peran guru dalam menghadapi ijime yang kemudian dikaji bagaimana peranannya dari gambar-gambar tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah pihak sekolah dan kebanyakan dari para guru dalam manga tersebut tidak konsisten dalam menangani ijime dan cenderung menutupi kasus ijime yang terjadi pada siswa mereka untuk menjaga reputasi baik sekolah. Ketidak-konsistenan sekolah memancing amarah para siswa di sekolah tersebut dan membuat mereka menghakimi sendiri siswa yang menjadi dalang dari tindakan ijime.
Keyword :
ijime, penindasan, peran, guru, manga,
References :
Shinmura, Isuzu,(1998) Koujien Japan : Iwanami Shoten
Yamawaki, Yukiko,(2006) Kyoshitsu no Akuma Tokyo : Popurasha
Davies, Roger J dan Osamu Ikeno,(2002) The Japanese Mind Boston : Tutle Publishing
Hall, Stuart,(1997) Representation: Cultural Representation and Signifying Practises London : Sage Publication
Ida, Rachmah,(2011) Metode Penelitian Kajian Media dan Budaya Surabaya : Airlangga University Press
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
Volume : 2 / No. : 1 / Pub. : 2013-09 |
|