Catalog :




Detail Article

Jurnal Politik Muda

ISSN 2302-8068

Vol. 2 / No. 2 / Published : 2013-07

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Motivasi dan strategi kandidat dalam pilkades (studi deskriptif kemenangan wasidi dalam pilkades 2012 di desa wates kecamatan campurdarat kabupaten tulungagung)

Author :

  1. NUR SATRYA WAHYU BRAMMANTYA*1
  1. Alumni Program Sarjana S-1 Departemen Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga

Abstract :

Penelitian ini berjudul “Motivasi dan Strategi Kandidat dalam PILKADES (Studi Deskriptif Kemenangan Wasidi dalam PILKADES 2012 di Desa Wates Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung). Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui bagaimana motivasi seorang kandidat dan juga strategi politiknya dalam maju pemilihan kepala desa. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif. Teknik penentuan informan pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teori yang digunakan adalah teori motivasi dan kekuasaan. Hasil dari penelitian yaitu adanya heterogenitas motivasi dari seorang kandidat yang munculnya motivasi karena adanya kepentingan pribadi kandidat tersebut. Motivasi tersebut adalah motivasi ekonomi dan motivasi politik. Dengan motivasi yang sudah ada, maka akan muncul suatu strategi untuk mewujudkan tujuan yang diinginkan, dengan melihat terlebih dahulu latar belakang kehidupan masyarakatnya agar strategi yang digunakan tersebut bisa tepat mengenai subyek pemilih yang dituju. Strategi yang digunakan memanfaatkan jaringan kekerabatan dan hubungan kelompok-kelompok strategis. Selain itu, pada saat berkampanye kandidat membacakan program-program yang dilakukan jika nantinya terpilih. Diharapkan dengan membaca program tersebut membuat masyarakat tertarik dan mau memberikan suaranya. Selain itu money politic juga turut serta dalam pemilihan kepala desa ini.

Keyword :

Kekusaan, , Motivasi Politik, , Pilkades, , Strategi Politik,


References :

  1. Antar, Venus. , (2004). Manajemen Kampanye. . Bandung. : Simbiosa Rekatama Media.
  2. Budiardjo, Miriam. , (2005). Dasar-Dasar Ilmu Politik. . Jakarta. : Gramedia Pustaka Utama.
  3. James A. F. Stoner, R. Edward Freeman, dan Daniel R. Gilbert Jr. , (1995). Management, sixth edition. . New Jersey : Prentice-Hall.


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 2 / No. : 2 / Pub. : 2013-07
  1. Rekayasa politik trayek angkutan umum penumpang dan keberadaan terminal bayangan di kabupaten trenggalek
  2. Peran stakeholder dalam implementasi kebijakan pengendalian pencemaran air sungai di kota surabaya
  3. Motivasi dan strategi kandidat dalam pilkades (studi deskriptif kemenangan wasidi dalam pilkades 2012 di desa wates kecamatan campurdarat kabupaten tulungagung)
  4. Gerakan sosial politik: studi kasus gerakan indonesia tanpa jaringan islam liberal
  5. Kontoversi pembangunan supermall di purwokerto
  6. Konstruksi kekerasan politik mahasiswa makassar
  7. Pemaknaan politik anggaran propoor dalam bidang pendidikan dan kesehatan di provinsi jawa timur