Catalog :




Detail Article

Jurnal Politik Muda

ISSN 2302-8068

Vol. 4 / No. 1 / Published : 2015-01

TOC : 9, and page :79 - 92

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Political marketing caleg terpilih partai nasdem pada pemilu legislatif dprd kota surabaya tahun 2014

Author :

  1. Andrea Hilmawan Apriliansyah *1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Abstrak   Keberhasilan Partai NasDem di Kota Surabaya dengan meloloskan dua Calon Legislatif dalam Pemilu Legislatif DPRD Kota Surabaya tahun 2014 merupakan sebuah prestasi yang luar biasa bagi partai yang tergolong baru bermain dalam kontestasi politik lima tahunan ini. Keberhasilan ini tidak lain buah upaya dari Vinsensius dan H. Fatchul Muid yang merupakan caleg terpilih partai NasDem dalam melakukan kampanye dan meyakinkan pemilih untuk memilih mereka. Upaya melakukan kampanye pemilu hingga berhasil meyakinkan pemilih atas pilihannya adalah sebuah proses panjang dari sebuah Political Marketing yang dilakukan caleg tersebut. Fokus dalam penelitian ini yaitu mencoba mendeskripsikan sebuah kerangka (framework) dari upaya Political Marketing yang telah dilakukan oleh kedua Caleg Terpilih Partai NasDem dalam Pemilu Legislatif DPRD Kota Surabaya tahun 2014, mulai dari pemetaan lingkungan Political Marketing hingga makna politik yang tersampaikan dalam benak konstituen. Teori yang digunakan adalah Framework Political Marketing dalam buku Political Marketing karya Adman Nursal. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif. Untuk memperoleh data yang relevan dengan penelitian maka dilakukan wawancara dan studi documenter data sekunder yang didapatkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses Political Marketing yang dilakukan kedua Caleg Terpilih Partai NasDem pada pemilu legislative tahun 2014 kemarin banyak didasarkan atas lingkungan internal yang dimiliki Caleg, terutama terhadap sentimen golongan yang dalam hal ini adalah agama. Proses kampanye juga banyak menekankan pada figuritas caleg daripada platform partai. Hal ini disebabkan karena caleg lebih dikenal masyarakat dan partai NasDem merupakan partai baru yang belum memiliki track record. Hal tersebut menyebabkan pengelolaan di lapangan ditentukan sekali oleh Caleg. Akibatnya terjadi beberapa ketidaksesuaian antara platform partai dengan positioning Caleg. Temuan lainnya adalah penggunaan social media sebagai alternative saluran komunikasi yang dilakukan kedua Caleg dalam berkomunikasi dengan pemilih.   Abstract   Success NasDem Party in Surabaya by passing two Legislative Candidates in legislative elections Surabaya City Council in 2014 is a remarkable achievement for a relatively new party play in the five-year political contestation. The success of one of them is an attempt of Vincent and H. Fatchul Muid that the elected candidate NasDem party in campaigning and convince voters to vote for them. Efforts to conduct successful election campaign to convince voters for his choice is a long process of a Political Marketing conducted the candidate. The focus of this research is trying to describe a framework (framework) of Political Marketing efforts that have been made by both chosen candidates of NasDem Party in legislative elections Surabaya City Council in 2014, ranging from environmental mapping Political Marketing to political meanings conveyed in the minds of constituents. The theory used is the Framework of Political Marketing from Political Marketing book by Adman Nursal. This study used a type of qualitative research and descriptive approach. To obtain data relevant to the study conducted interviews and documentary study of secondary data obtained. The results showed that the process of Political Marketing from the two candidates elected NasDem party in the legislative elections of 2014 yesterday much based on internal environment owned candidates, especially in lifting class sentiment which in this case is religion. Campaign process is also much emphasis on figureof candidates rather than party platform. This is because the candidates known to the public and NasDem partyis a new party that does not yet have a track record. This causes the management in the field is determined once by candidates. The result is some discrepancy between the party platform with the positioning of candidates. Another finding is the use of social media as an alternative communication channel that carried the two candidates in communicating with voters.

Keyword :

Political Marketing, Caleg Terpilih, Partai NasDem,


References :

  1. Surbakti, Ramlan, (1999). Memahami Ilmu Politik. Jakarta : Gramedia Widia Sarana Indonesia.
  2. Kotler, Philip, (2005). Manajemen Pemasaran, Jilis 1 dan 2. Jakarta : PT. Indeks Kelompok Gramedia
  3. Roudhonah, (2007). Ilmu Komunikasi. Jakarta : UIN Jakarta Press


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 4 / No. : 1 / Pub. : 2015-01
  1. Potret pandangan akademisi di jurnal ilmu sosial dan ilmu politik ugm (jsp) mengenai permasalahan demokrasi di indonesia
  2. Upaya perempuan aktivis buruh dalam memperjuangkan hak-hak normatif buruh perempuan di perusahaan dalam negeri kabupaten mojokerto
  3. Politisasi surat ijo surabaya pemanfaatan gerakan pejuang hapus surat ijo surabaya (gphsis) untuk kepentingan politik
  4. Kandidasi perempuan caleg di kota surabaya dalam pemilihan legislatif 2014
  5. Peran elit organisasi pencak silat persaudaraan setia hati terate dalam proses politik pemilihan legislatif 2014 di kabupaten nganjuk (studi persaudaraan setia hati terate dalam proses politik di kabupaten nganjuk)
  6. Perilaku memilih warga surabaya dalam pemilu legislatif 2014 (hubungan kesuaian program kandidat, kampanye, identifikasi partai dan pemberian imbalan uang dalam menentukan pilihan partai politik dalam pemilu legislatif 2014)
  7. Politik pengakuan : memperjuangan kepentingan kelompok difabel (tunanetra) kota surabaya
  8. Rezim pertumbuhan kota surabaya studi tentang pembangunan dan revitalisasi hotel di surabaya
  9. Political marketing caleg terpilih partai nasdem pada pemilu legislatif dprd kota surabaya tahun 2014
  10. Kekuasaan dan wibawa kepala desa: kajian tentang upaya kepala desa memperoleh dan mempertahankan kekuasaan di desa watudandang kecamatan prambon nganjuk
  11. Kandidat petahana dprd kota surabaya pada pemilu legislatif 2014 (studi deskriptif caleg terpilih melalui partai kebangkitan bangsa)
  12. Pelembagaan partai nasional demokrat: studi penguatan elektoral di kabupaten nganjuk
  13. Implementasi kebijakan badan usaha milik desa (bumdes) di bojonegoro (studi di desa ngringinrejo kecamatan kalitidu dan desa kedungprimpen kecamatan kanor)
  14. Resistensi pedagang terhadap implementasi kebijakan relokasi pasar waru sidoarjo
  15. Studi kasus tentang organisasi masyarakat dalam pemilihan gubernur bali 2013