Catalog :




Detail Article

Jurnal Politik Muda

ISSN 2302-8068

Vol. 4 / No. 3 / Published : 2015-08

TOC : 1, and page :235 - 241

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Strategi marketing politik calon legislatif partai demokrasi indonesia perjuangan (pdi-p) pada pemilu legislatif 2014 di kabupaten sidoarjo

Author :

  1. Muhammad Burhanudin*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Artikel ini mengungkap bahwa peningkatan perolehan suara dan kursi PDI-P di Kabupaten Sidoarjo sedikit banyak dipengaruhi oleh adanya isu Jokowi Effect yang berkembang luas di masyarakat. Studi ini akan mencari tahu bagaimana strategi marketing politik yang dijalankan oleh para calon legislatif PDI-P DPRD Kabupaten Sidoarjo untuk membangun elektabilitasnya. Selain itu, penelitian ini difokuskan untuk mencari tahu pola variasi strategi yang dijalankan oleh setiap caleg PDI-P di Kabupaten Sidoarjo. Untuk menjawab fokus penelitian tersebut maka metode yang digunakan adalah metode kualitatif-deskriptif dengan melakukan wawancara terhadap caleg PDI-P sehingga diketahui bagaimana strategi yang dilakukan oleh caleg. Teori marketing politik digunakan untuk menganalisa temuan data yang ada sehingga dapat diketahui bagaimana implementasi marketing politik terhadap strategi yang dilakukan. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa caleg cenderung variatif dalam melakukan strategi marketing politiknya. Antar caleg terdapat perbedaan dalam menggunakan strategi termasuk dalam memanfaatkan isu Jokowi effect sebagai startegi marketing politiknya. Strategi marketing politik yang diterapkan oleh para caleg PDI-P cenderung variatif dan adaptif terhadap pemilih. Selain itu temuan juga menunjukkan bahwa yang bekerja sebagai mesin pencalonan caleg lebih memanfaatkan jaringan politik pribadi daripada jaringan eletoral partai.

Keyword :

Marketing Politik, , Partai Politik, , Jokowi Effect, , PDI Perjuangan, , Pemilu,


References :

  1. Martin, Harrop., (1990). Political Marketing.. Vol 43, No. 3. Pp. 277-291 : Parliamentary Affairs
  2. Marshment, Jennifer Lees. , (2001). The Marriage of Politics and Marketing. . Volume 49, No. 4, pp. 692-713 : Political Studies
  3. O’ Cass A, (1996). Political marketing and the marketing concept. . vol. 30, no.10-11, pp. 45-61 : European Journal of Marketing,


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 4 / No. : 3 / Pub. : 2015-08
  1. Strategi marketing politik calon legislatif partai demokrasi indonesia perjuangan (pdi-p) pada pemilu legislatif 2014 di kabupaten sidoarjo
  2. Pola politisi pengusaha incumbent memertahankan kekuasaan di dprd kota denpasar 2014-2019
  3. Politik eksploitasi tubuh perempuan studi tarik menarik kepentingan dalam penutupan lokalisasi dolly-jarak di kota surabaya
  4. Gerakan federasi serikat pekerja metal indonesia (fspmi) dalam memperjuangkan penolakan sistem outsourcing di kota surabaya tahun 2012-2015
  5. Kontestasi politik dan politik afiliasi pada organisasi masyarakat sipil studi pada fatayat nahdlatul ulama cabang kota surabaya, jawa timur dalam pemilihan umum 2014
  6. Ekonomi politik ‘rent-seeking’ dalam jaringan kepentingan pertambangan emas di jember (studi : pertambangan emas di gunung manggar desa kesilir kecamatan wuluhan kabupaten jember - jawa timur)
  7. Sengketa pasar koblen surabaya : studi konflik rencana penutupan pasar koblen oleh pemkot surabaya
  8. Dinamika politik pemekaran kecamatan gayam di kabupaten bojonegoro
  9. Kontestasi kelompok masyarakat terhadap kebijakan pembangunan stadion bukit lengis kabupaten gresik
  10. Membangun dinasti politik melalui penguatan jejaring kekuasaan pada walikota probolinggo
  11. Perbandingan struktur dan kewenangan pemerintahan desa: studi kasus desa menganti, kecamatan glagah, kabupaten lamongan
  12. Rasionalitas pilihan veteran surabaya dalam perilaku memilih pada pemilihan presiden 2014