Catalog :




Detail Article

Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan

ISSN 2301-7104

Vol. 2 / No. 1 / Published : 2013-04

TOC : 3, and page :16 - 21

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Hubungan antara metakognisi dengan prestasi akademik pada mahasiswa fakultas psikologi universitas airlangga yang aktif berorganisasi di organisasi mahasiswa tingkat fakultas

Author :

  1. Rosi Kurniawati*1
  2. Tino Leonardi*2
  1. -
  2. Dosen Fakultas Psikologi

Abstract :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara metakognisi dengan prestasi akademik pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Airlangga yang aktif berorganisasi pada organisasi tingkat fakultas. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Airlangga yang aktif berorganisasi di organisasi mahasiswa tingkat Fakultas dengan jumlah sampel penelitian adalah 50 orang. Variabel metakognisi diukur dengan menggunakan kuisioner MAI (Metacognitive Awareness Inventory) yang disusun oleh Schraw & Dennison (1994).  Berdasarkan hasil analisis data penelitian diperoleh nilai sebesar -0,032 yang artinya kedua variabel berkorelasi negatif dan tidak ada hubungan antara metakognisi dengan prestasi akademik pada populasi penelitian ini.

Keyword :

Metakognisi, prestasi akademik, mahasiswa yang aktif berorganisasi, -, -,


References :

  1. Neuman, W.L., (2007). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approach (4th ed). New York : Allyn dan Bacon
  2. Ormrod, J. E. , (2008). Psikologi Pendidikan: Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Jakarta : Erlangga


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 2 / No. : 1 / Pub. : 2013-04
  1. Hubungan antara motivasi berprestasi dan persepsi terhadap pola asuh orangtua dengan prestasi belajar mahasiswa psikologi angkatan 2010 universitas airlangga surabaya
  2. Correlation between student’s perception of school climate with school engagement in smk ipiems surabaya
  3. Hubungan antara metakognisi dengan prestasi akademik pada mahasiswa fakultas psikologi universitas airlangga yang aktif berorganisasi di organisasi mahasiswa tingkat fakultas
  4. Relationship between peer attachment with emotion regulation in adolescent who become a student in boarding school sma negeri 10 samarinda
  5. Fulfillment aspects of marital satisfaction of teenage who got pre marital pregnant
  6. Relationship between emotional intelligence with self efficacy teacher who teach in elementary inclusion schools
  7. Perbedaan penyesuaian diri antara siswa tunarungu di sekolah inklusi dan di sekolah luar biasa
  8. Teachers’ attitudes towards inclusive education in terms of its constituent factors
  9. Hubungan antara attachment terhadap ibu dengan kemandirian pada remaja tunarungu