UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan

ISSN 2301-7104

Vol. 7 / No. 3 / Published : 2019-03

Order : 15, and page :1 - 15

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Analisis elemen epic pada promosi perpustakaan universitas airlangga surabaya melalui media sosial (instagram, facebook, twitter, line)

Author :

  1. Miqdah Mumtazah *1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Abstrak Dengan perkembangan teknologi internet yang sangat pesat saat ini membuat perpustakaan melakukan promosi tidak hanya melalui media massa. berbagai cara dilakukan oleh perpustakaan untuk menarik minat mahasiswa berkunjung ke perpustakaan sehingga segala bentuk layanan dan fasilitas yang disediakan oleh perpustakaan dapat digunakan oleh mahasiswa, salah satunya promosi melalui media sosial. Saat ini media sosial seperti instagram, facebook, twitter, dan line sering digunakan oleh mahasiswa, sehingga untuk mempertahankan eksistensi perpustakaan diperlukan promosi perpustakaan melalui instagram, facebook, twitter, dan line. Untuk menghasilkan promosi melalui instagram, facebook, twitter, dan line lebih menarik diperlukan elemen dalam sebuah rumus yang disebut EPIC.  Penelitian ini dilakukan kepada 100 responden yang berada di Perpustakaan Universitas Airlangga Surabaya. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini ialah promosi melalui instagram dengan menggunakan elemen EPIC pada elemen empathy/empati sebesar 3.49%, pada elemen persuation/persuasi sebesar 3.43%, pada elemen impact/dampak sebesar 3.43%, pada elemen communication/komunikasi sebesar 3.44%. Promosi melalui facebook dengan menggunakan elemen EPIC pada elemen empathy/empati sebesar 2.79%, pada elemen persuation/persuasi sebesar 2.97%, pada elemen impact/dampak sebesar 2.88%, pada elemen communication/komunikasi sebesar 3.16%. Promosi melalui twitter dengan menggunakan elemen EPIC pada elemen empathy/empati sebesar 2.7%, pada elemen persuation/persuasi sebesar 2.7%, pada elemen impact/dampak sebesar 2.88%, pada elemen communication/komunikasi sebesar 2.81%. Promosi melalui line dengan menggunakan elemen EPIC pada elemen empathy/empati sebesar 2.7%, pada elemen persuation/persuasi sebesar 1.75%, pada elemen impact/dampak sebesar 1.57%, pada elemen communication/komunikasi sebesar 1.86%.   Kata Kunci : Perpustakaan, promosi , EPIC. Abstrack With the development of internet technology is very fast at this time make library can not only be used through mass media, various methods by the library to attrack the attention of the student, libraries, and various things provided by the student can be used by the student, one of them is promotion through social media. Currently social media such as instagram, facebook, twitter, and line often used by the students, to maintain the existence of the required library promotion through instagram, facebook, twitter, and line. To generate promotions through instagram, facebook, twitter, and line are more interesting elements required in a formula called EPIC.  This study was conducted on 100 respondents who are in the Airlangga University Library, Surabaya. The result of this research is promotion through instagram by using element of EPIC on the element empathy obtained by result 3.49%, at persuation element equal to 3.43%, at impact element equal to 3.43%, at communication element equal to 3.44%. Promotion through facebook using EPIC element with result of empathy obtained result of 2.79%, at persuation element equal to 2.97%, at impact element equal to 2.88%, at communication element equal to 3.16%. Promotion through twitter using EPIC element with result of empathy obtained result of 2.7%, at persuation element equal to 2.7%, at impact element equal to 2.88%, at communication element equal to 2.81%. Promotion through line using EPIC element with result of empathy obtained result of 2.7%, at persuation element equal to 1.75%, at impact element equal to 1.57%, at communication element equal to 1.86%.  Keyword: Library, promotion, EPIC 

Keyword :

ANALISIS ELEMEN EPIC PADA PROMOSI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA MELALUI MEDIA SOSIAL (INSTAGRAM, FACEBOOK, TWITTER, LINE), ANALISIS ELEMEN EPIC PADA PROMOSI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA MELALUI MEDIA SOSIAL (INSTAGRAM, FACEBOOK, TWITTER, LINE), ANALISIS ELEMEN EPIC PADA PROMOSI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA MELALUI MEDIA SOSIAL (INSTAGRAM, FACEBOOK, TWITTER, LINE), ilmu informasi dan perpustakaan, fisip unair,


References :

Bungin, Burhan. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana. Chipeta, George Theodore. 2006. An Exploratory Study The Marketing Of Library and Information Comparison Of The Mzuzu University and University Of Zululand Libraries Connel, Ruth Sara. 2009. academic libraries, facebook and myspace, and student outreach: a survey opinion. Portal: Libraries and the academic 9.1  Durianto, D., Sugiarto., Widjaja,A.W., & Supratikno, H. 2003. Inovasi Pasar dengan Iklan Yang Efektif. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/07/25/inilah-universitas-terbaik-diindonesia-versi-qs-world-university-ranking  https://www.digitalinformationworld.com/2018/07/global-internet-statsinfographic.html Kevin, Yeremi. 2014. Pemberdayaan Twitter sebagai Media Promosi: Studi Kasus di Perpustakaan Universitas Indonesia. Universitas Indonesia, Jakarta.  Kotler, Philip dan Kevin. 2012. Marketing Management Ed. 14. New Jersey: Pearson Prentice Hall. M. Nisrina. 2015. Bisnis Online, Manfaat Media SOsial Dalam Meraup Uang. Yogyakarta: Kobis. Mustafa, Badollahi. 1996. Promosi Jasa Perpustakaan. Jakarta:Depdikbud. Nasrullah, Rulli. 2016. Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Remaja Rosdakarya. Pakar. 2018. Line, Aplikasi Yang Didominasi Pengguna Remaja. Diakses pada https://pakar.co.id/2018/03/02/line-aplikasi-yang-didominasi-pengguna-remaja/ tanggal 20 Januari 2019 Sahu, Srikanta. 2016. Social Media as A Tool for Marketing and Promotion of Library Information Service dan Products. Setiawati I, Mashuri AA. 2014. Peran media sosial sebagai upaya pemasaran bisnis online (studi deskriptif kualitatif). Jurnal Himsyatech  Shirky. 2008. Hubungan Intensitas Mengakses Sosial Media terhadap Perilaku Belajar Mata Pelajaran Produktif pada Siswa Kelas XI Jasa Boga di SMK N 3 Klaten. Dalam Yuzi Akbari Vindita Riyanti (2016). Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta. Siddhi BP, Putranto IA. 2013. Pengaruh keterkaitan pada tampilan iklan layanan jejaring sosial (LINE) di televisi terhadap pemanfaatan LINE di ponsel pintar pada mahasiswa ilmu komunikasi FISIP UAJY angkatan 2010. Jurnal UAJY  Situs online APJII data penggunaan media sosial 2017  Tampubulon, Mikaristi. Yuliani Rachma. Nur Atnan. 2016. strategi promosi coffe shop melalui media sosial instagram (studi deskriptif pada akun @crematology). Vol3. Website Digital Information World. 2018. Diakses pada  Zhi, dkk. 2010. Information Sharing on Social Broatcast: Evidances from Twitter.





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 7 / No. : 3 / Pub. : 2018-06
  1. Penyesuaian Sosial Siswa Slow Learner Di Smp Inklusi Pada Tahun Pertama
  2. Gambaran Gaya Hidup Brand Minded Pada Remaja Putri
  3. Hubungan Self-control (kontrol Diri) Dengan Juvenile Delinquency Pada Anak Didik Di Lpka Blitar
  4. Hubungan Antara Dimensi Sibling Relationship Dengan Psychological Well-being Pada Remaja Yang Memiliki Saudara Kandung Down Syndrome
  5. Hubungan Antara Resiliensi Dengan Orientasi Masa Depan Anak Jalanan Peserta Didik Formal Di Surabaya
  6. Pengaruh Kontrol Diri Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Perilaku Menyontek Di Sma “x” Di Surabaya
  7. Hubungan Antara Student Autonomy Dengan Problematic Internet Use Pada Mahasiswa