Catalog :




Detail Article

Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan

ISSN 2301-7104

Vol. 4 / No. 1 / Published : 2015-04

TOC : 2, and page :9 - 17

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak di tk anak ceria

Author :

  1. Mega Silvia Retnaningtya*1
  2. Pramesti Pradna Paramitha*2
  1. Mahasiswa Fakultas Psikologi
  2. Dosen Fakultas Psikologi

Abstract :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk keterlibatan orangtua, faktor yang mempengaruhi keterlibatan orangtua, dan dampak keterlibatan orangtua dalam pendidikan anak di TK Anak Ceria. Keterlibatan orangtua adalah partisipasi orangtua dalam proses dan pengalaman pendidikan pada anak (Jeynes, 2005 dalam Hornby & Witte, 2010). Menurut Hornby (2005) keterlibatan orangtua dibagi menjadi dua piramida besar, yaitu parental contribution (information, collaboration, resource, policy) dan parental needs (communication, liaison, education, support). Di sisi lain faktor faktor yang mempengaruhi keterlibatan orangtua antara lain adalah motivational beliefs, parent's perception of invitations to involvement from other, dan parent's perception of life context variables yang mengacu pada Hoover Dempsey & Sandler, dkk (2007). Akan tetapi dampak yang diberikan berbeda beda tergantung dengan fokus penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus pada lima orangtua (ayah atau ibu) yang memiliki anak usia pra sekolah di TK Anak Ceria. Penggalian data dan informasi dilakukan dengan melakukan wawancara dengan panduan umum dan observasi dengan panduan KPSP (Kuesioner Pra Skrining Perkembangan). Teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan analisis tematik dengan theory driven. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelima subjek menampakkan bentuk tingkatan (level) keterlibatan yang berbeda satu sama lain. Khusus pada tingkatan policy (kebijakan), kelima subjek sama sama tidak menunjukkan keterlibatan. Akan tetapi kelima subjek menampakkan bentuk collaboration (kolaborasi) dan liaison (kepenghubungan). Faktor parental self efficacy (keyakinan diri orangtua) dan faktor ketersediaan time and energy (waktu dan energi) adalah faktor pendorong bagi ketiga subjek untuk ikut terlibat di dalam pendidikan anak. Dampak yang ditemukan ketika orangtua terlibat di dalam pendidikan anak sangat beragam bagi tiap tiap subjek.

Keyword :

Keterlibatan Orangtua, Pendidikan Anak, Inklusif,


References :

  1. Audifax, (2008). Research: sebuah pengantar untuk "mencari-ulang" metode penelitian dalam psikologi. Yokyakarta : Jalasutra


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 4 / No. : 1 / Pub. : 2015-04
  1. Studi deskriptif sikap guru terhadap pendidikan inklusi di smp negeri inklusi se-surabaya
  2. Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak di tk anak ceria
  3. Perbedaan tingkat ketergantungan bermain game online ditinjau dari persepsi remaja terhadap pola asuh orangtua
  4. Hubungan antara keyakinan motivasional orang tua dengan keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak usia dini di taman kanak-kanak pkk kalijudan surabaya
  5. Pengaruh kepercayaan epistemologis terhadap kecenderungan untuk lifelong learning pada calon guru
  6. Hubungan sibling rivalry dengan motivasi beerprestasi pada remaja
  7. Regulasi emosi pada wanita dewasa awal yang ditolak cintanya (studi kasus pada cinta tak terbalas)
  8. Perbedaan communication privacy management di media sosial twitter pada remaja dengan tipe kepribadian extravert dan introvert
  9. Hubungan antara kecerdasan emosional dengan gaya manajemen konflik pada wanita dewasa awal yang telah menikah