Catalog :




Detail Article

Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan

ISSN 2301-7104

Vol. 2 / No. 1 / Published : 2013-04

TOC : 7, and page :46 - 51

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Perbedaan penyesuaian diri antara siswa tunarungu di sekolah inklusi dan di sekolah luar biasa

Author :

  1. Novan Adwiasa*1
  2. Muryantinah*2
  1. -
  2. Dosen Fakultas Psikologi

Abstract :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penyesuaian diri antara siswa tuna rungu yang di sekolah inklusi dan sekolah luar biasa. Penelitian dilakukan pada 12 Siswa Tuna Rungu di sekolah inklusi dan 12 Siswa Tuna Rungu di sekolah luar biasa di Surabaya. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling dan sampling jenuh. Alat pengumpul data berupa kuesioner penyesuaian diri 16 aitem yang disusun oleh peneliti. Analisis data dilakukan menggunakan teknik statistik independent sample t-test melalui bantuan program SPSS versi 20.0 for Mac.Berdasarkan hasil analisis data penelitian diperoleh nilai signifikansi perbedaan antara penyesuaian diri siswa tunarungu di sekolah inklusi dan sekolah luar biasa sebesar 0,001. Hasil ini menunjukkan bahwa ada perbedaan penyesuaian diri antara siswa tunarungu yang berada di sekolah inklusi dan sekolah luar biasa.

Keyword :

penyesuaian diri, siswa tunarungu, sekolah inklusi, sekolah luar biasa, -,


References :

  1. Farrel, (2008). Educating Special Children. New York : Routledge Taylor & Francis Group
  2. Madhubala, (2012). Adjustment Problem of Hearing Impaired. New Delhi : Discovery Publishing House


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 2 / No. : 1 / Pub. : 2013-04
  1. Hubungan antara motivasi berprestasi dan persepsi terhadap pola asuh orangtua dengan prestasi belajar mahasiswa psikologi angkatan 2010 universitas airlangga surabaya
  2. Correlation between student’s perception of school climate with school engagement in smk ipiems surabaya
  3. Hubungan antara metakognisi dengan prestasi akademik pada mahasiswa fakultas psikologi universitas airlangga yang aktif berorganisasi di organisasi mahasiswa tingkat fakultas
  4. Relationship between peer attachment with emotion regulation in adolescent who become a student in boarding school sma negeri 10 samarinda
  5. Fulfillment aspects of marital satisfaction of teenage who got pre marital pregnant
  6. Relationship between emotional intelligence with self efficacy teacher who teach in elementary inclusion schools
  7. Perbedaan penyesuaian diri antara siswa tunarungu di sekolah inklusi dan di sekolah luar biasa
  8. Teachers’ attitudes towards inclusive education in terms of its constituent factors
  9. Hubungan antara attachment terhadap ibu dengan kemandirian pada remaja tunarungu