UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan

ISSN 2301-7104

Vol. 4 / No. 1 / Published : 2015-04

Order : 1, and page :1 - 8

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Studi deskriptif sikap guru terhadap pendidikan inklusi di smp negeri inklusi se-surabaya

Author :

  1. Anita Huroiyati*1
  2. Pramesti Pradna Paramitha*2
  1. Mahasiswa Fakultas Psikologi
  2. Dosen Fakultas Psikologi

Abstract :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran sikap guru terhadap pendidikan inklusi pada guru di SMP Negeri penyelenggara pendidikan inklusi di Surabaya. Penelitian dilakukan di 6 SMP Negeri penyelenggara pendidikan inklusi dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 141 orang. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan alat pengumpul data berupa kuesioner sikap guru terhadap pendidikan inklusi yang diadaptasi dari skala sikap terhadap pendidikan inklusi oleh Avramidis (2002), terdiri dari tiga sub skala komponen sikap, yaitu komponen kognitif, komponen afektif, dan komponen konatif. Validitas isi alat ukur didapatkan dari penilaian profesional dan dosen Fakultas Psikologi Universitas Airlangga Surabaya, serta melalui uji seleksi aitem. Reliabilitas alat ukur skala sikap terhadap pendidikan inklusi komponen kognitif sebesar 0.792, 0.967 untuk skala komponen afektif bagian pertama, 0.982 untuk skala komponen afektif bagian dua; skala komponen konatif reabilitasnya adalah 0.950. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis statistik deskriptif dengan bantuan program statistik SPSS versi 16.0. Berdasarkan analisa penelitan yang sudah dilakukan, diperoleh hasil bahwa sikap guru terhadap pendidikan inkusi berada pada kategori positif. Hal ini menunjukkan bahwa guru cenderung memiliki sikap yang positif dan mendukung ide pelaksanaan program pendidikan inklusi di sekolah mereka.

Keyword :

pendidikan inklusi, sikap guru, sekolah inklusi,


References :

Azwar, S,(1995) Sikap manusia teori dan pengukurannya Yokyakarta : Pustaka Pelajar





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 4 / No. : 1 / Pub. : 2015-04
  1. Studi Deskriptif Sikap Guru Terhadap Pendidikan Inklusi Di Smp Negeri Inklusi Se-surabaya
  2. Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Di Tk Anak Ceria
  3. Perbedaan Tingkat Ketergantungan Bermain Game Online Ditinjau Dari Persepsi Remaja Terhadap Pola Asuh Orangtua
  4. Hubungan Antara Keyakinan Motivasional Orang Tua Dengan Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Di Taman Kanak-kanak Pkk Kalijudan Surabaya
  5. Pengaruh Kepercayaan Epistemologis Terhadap Kecenderungan Untuk Lifelong Learning Pada Calon Guru
  6. Hubungan Sibling Rivalry Dengan Motivasi Beerprestasi Pada Remaja
  7. Regulasi Emosi Pada Wanita Dewasa Awal Yang Ditolak Cintanya (studi Kasus Pada Cinta Tak Terbalas)
  8. Perbedaan Communication Privacy Management Di Media Sosial Twitter Pada Remaja Dengan Tipe Kepribadian Extravert Dan Introvert
  9. Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Gaya Manajemen Konflik Pada Wanita Dewasa Awal Yang Telah Menikah