Catalog :




Detail Article

Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan

ISSN 2301-7104

Vol. 2 / No. 3 / Published : 2013-12

TOC : 3, and page :170 - 183

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

The effect of training “understanding and assisting in learning” increased understanding of the classroom teachers in inclusive schools on children with special need

Author :

  1. Anna Wahidah*1
  1. Mahasiswa Fakultas Psikologi

Abstract :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pemberian pelatihan “Memahami & Membantu ABK dalam Belajar” terhadap peningkatan pemahaman guru kelas di sekolah inklusif mengenai Anak Berkebutuhan Khusus. Pemahaman guru diartikan keadaan dimana guru mempunyai pengetahuan yang memadai mengenai Anak Berkebutuhan Khusus.Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain eksperimen yang dipakai dalam penelitian ini adalah Treatment by Subject Design. Pada rancangan ini pengeruh efek atau perlakuan diputuskan berdasarkan perbedaan antara pre test dengan post ttes, tanpa ada pembanding dengan kelompok kontrol. Penelitian ekperimen ini menggunakan teknik pengambilan sampel bertujuan (purposive sample/ judgmental sampling). Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru kelas SDN Medalem II Tuban yang berjumlah 9 orang. Penggunaan sampel bertujuan dalam penelitian ini sengaja dipilih berdasarkan tujuan dan pertimbangan yaitu seluruh guru kelas hanya pernah satu kali mengikuti penataran terkait dengan pendidikan inklusif dan memiliki pemahaman yang kurang tentang Anak Berkebutuhan Khusus. Alat ukur yang digunakan untuk melihat pemahaman guru adalah berupa instrument tes pemahaman terhadap ABK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari pemberian pelatihan “Memahami & Membantu ABK dalam Belajar” terhadap peningkatan pemahaman guru kelas di sekolah inklusif tentang Anak Berkebutuhan Khusus. Pengukuran effect size menunjukkan pengaruh itu kecil.

Keyword :

Pemahaman, pelatihan, sekolah inklusif, anak berkebutuhan khusus,


References :

  1. Astuti, I, (2011). Kepemimpinan Pembelajaran Sekolah Inklusi. Malang : Banyumedia Publishing


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 2 / No. : 3 / Pub. : 2013-12
  1. Kualitas perempuan lanjut usia yang melajang
  2. Against loneliness influence elections in adult life couple still single beginnings
  3. The effect of training “understanding and assisting in learning” increased understanding of the classroom teachers in inclusive schools on children with special need
  4. The meaning of life of middle age adult face empty nest filling
  5. Pengaruh dukungan keluarga terhadap psychological well-being pada masa pensiun
  6. Perbedaan tingkat self control pada remaja laki-laki dan remaja perempuan yang kecanduan internet
  7. Relationship between student perception of teacher social support with mathematics self-efficacy on student of sma negeri 14 surabaya
  8. The influence of playing playdough toward 5-6 years old child creativity viewed from individually and grouply playing
  9. Pengaruh perfeksionisme terhadap prokrastinasi akademik pada siswa program akselerasi