UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Media Gizi Kesmas

ISSN 2301-7392

Vol. 1 / No. 1 / Published : 2019-06

Order : 3, and page :13 - 20

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Hubungan kepuasan pelayanan makanan dengan jenis diet pada pasien di rsu haji surabaya

Author :

  1. Indy Armareza Lora Pratama*1
  1. Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat

Abstract :

ABSTRAK Latar Belakang: Pelayanan gizi merupakan salah satu upaya penting untuk mendukung preventif, promotif dan rehabilitatif. Pelayanan gizi di rumah sakit dapat mendukung dan mempercepat proses penyembuhan pasien dengan pemberian diet yang sesuai kebutuhan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kepuasan pelayanan makanan dengan jenis diet pada pasien di RSU Haji Surabaya. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan desain cross sectional. Populasi penelitian terdiri dari 79 pasien rawat Rumah Sakit Umum Haji Surabaya dengan besar sampel 48 pasien. Sampel diambil menggunakan simple random sampling. Penelitian dilakukan dengan wawancara menggunakan kuesioner kepuasan pelayanan makanan. Analisa data menggunakan uji chi-square dengan CI sebesar 95% (α=0,05). Hasil: Tingkat kepuasan pelayanan makanan menunjukkan 22 puas (45,8%) dan 26 tidak puas (54,2%). Kepuasan pelayanan makanan berhubungan signifikan dengan jenis diet (p=0,002). Kesimpulan: Kepuasan pelayanan makan pada pasien memiliki hubungan signifikan dengan jenis diet. Rumah sakit harus memperhatikan kepuasan makan pasien dan meningkatkan konseling kepada pasien.   ABSTRACT   Background: Nutrition service is influential to support preventive, promotive and rehabilitative efforts to patients in hospital. Nutrition service could support the recovery of patients more quickly. Objectives: This study aims to analyze correlation of food service satisfaction and type of diet in patients at RSU Haji Surabaya. Methods: This study is an analytical study with a cross sectional design. The study population consisted of 79 patients hospitalized in RSU Haji Surabaya with sample size of 48 patients. The sample was taken using simple random sampling. The study was conducted by interview using a food service satisfaction questionnaire. Data analysis using chi-square test with CI of 95% (α = 0.05). Results: Satisfaction of food service in patients was significant relationship with the type of diet. Hospitals must pay attention to patient satisfaction and improve counseling to patients. Conclusions: Patient satisfaction of food was significant associate with texture of foods but not significant with gender, age, and occupation. Hospitals must to pay attention to patient satisfaction, especially in soft foods.

Keyword :

patient satisfaction, soft food, regular food,


References :

1.   Mas’ud, H., Nur Rochimiwati, S. & Sahariah Rowa, S. Studi Evaluasi Sisa Makanan Pasien dan Biaya Makanan Pasien Di RSK Dr Tadjuddin Chalid dan RSUD Kota Makassar. Media Gizi Pangan XIX, 91–95 (2015).

2.   Kementerian Kesehatan RI. Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit. (2013).

3.   Umihani, A. & Pramono, A. Hubungan Bentuk Makanan dengan Kepuasan Pelayanan Makan. J. Nutr. Coll. 4, 18–23 (2015).

4.   Daniella Geertruida Maria Rumokoy*, Nova H. Kapantow*, G. D. K. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Sisa Makanan Pada Pasien Di Kelas Iii Penyakit Dalam Rsup Prof. Dr. R.D. Kandou Kota Manado. 87–102 (2016).

5.   Almatsier, S. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. (EGC, 2005).

6.   Marhaeni, D., Herawati, D., Rafisa, A. & Yani, A. Analisis Pelayanan Gizi Rumah Sakit dengan Pendekatan Health Technology Assessement (HTA) Health Technology Assessment Approach. 1, 97–105 (2014).

7.   Anwar, I., Herianandita, E. & Ruslita, I. Evaluasi Sistem Penyelenggaraan Makanan Lunak dan Analisis Sisa Makanan Lunak di Beberapa Rumah Sakit di DKI Jakarta. Gizi Indones. 35, 97–108 (2012).

8.   Herlina, F. F. Hubungan Faktor Eksternal dan Daya Terima Makanan Lunak pada Pasien Dewasa di Rumah Sakit TNI AU dr. M Salamun Bandung 2015. (Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung, 2015).

9.   Hartwell, H. J., Edwards, J. S. A., Symonds, C. & Hartwell, H. Foodservice in hospital : development of a theoretical model for patient experience and satisfaction using one hospital in the UK National Health Service as a case study *. J. Foodserv. XVII, 226–238 (2006).

10.  Hospitality, N. Managing food waste in the NHS. (2005).

11.  Habiba, R. A. & Adriani, M. Hubungan Depresi , Asupan , dan Penampilan Makanan dengan Sisa Makan Pagi Pasien Rawat Inap ( Studi di Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya ) Association between Depression , Intake , and Appearance of Food with the Morning Food Waste among Inpatients ( Study at the Islam Hospital Jemursari Surabaya ). 198–208 (2017). doi:10.20473/amnt.v1.i3.2017.198-208

12.  Oktaria. Hubungan Kepuasan Pelayanan Gizi dengan Sisa Makanan Pasien di Rumah Sakit Bhayangkara Kediri. Skripsi yang tidak terpublikasi (Universitas Brawijaya, Malang, 2014).

13.  Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. (Alfabeta, 2009).

14.  Utami, Y. T. Pengaruh Karakteristik Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Jalan di UPTD Puskesmas Penumping Surakarta. 8, 57–65 (2018).

15.  Pusat Data dan Informasi Kemenkes RI. Gambaran Kesehatan Lanjut Usia di Indonesia. Kementerian Kesehatan RI (2013).

16.  Pemerintah Kota Surabaya. Statistik Sektoral Kota Surabaya tahun 2017 : Penduduk dan Tenaga Kerja. (2017).

17.  Anita, Y. A. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Daya Terima Makanan Lunak Pasien Rawat Inap Penyakit Dalam RSUD Pasaman Barat Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2016. (Universitas Andalas, 2016).

18.  Nuraini, N., Bintanah, S. & Nugraheni, K. Suhu Makanan dan Sisa Makanan Pasien Dewasa Diet Lunak di Rawat Inap Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum Daerah Kota Semarang. 41–49 (2011).

19.  Mulyani, R. Hubungan Karakteristik Pasien dengan Kepuasan Pelayanan Gizi di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit. X, 231–240 (2014).

20.  Iftitah, F., Sari, T. & Waryana. Hubungan Kondisi Psikologis dan Penampilan Makanan dengan Sisa Makanan Pasien Rawat Inap di RSUD Panembahan Senopati Bantul. (Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta, 2017).

21.  Yuliani, D. Penilaian mutu makanan pada sistem penyelenggaraan makanan yang berbeda di Rumah Sakit Umum Dr. Zainoel Abidin dan di Rumah Sakit Kesdam Banda Aceh. (Universitas Gajah Mada, 2007).

22.  Aliffianti, R. Tingkat Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Makanan Di Rumah Sakit ‘Aisyiyah Purworejo. (Universitas Negeri Yogyakarta, 2016).

23.  Damayanti, S. Hubungan Variasi Menu, Besar Porsi, Sisa Makanan Dan Tingkat Kepuasan Pasien Pada Makanan Lunak Di Rumah Sakit Umum Daerah Cengkareng. (Universitas Esa Unggul, 2016).

24.  Moehji, S. Penyelenggaraan Makanan Institusi dan Jasa Boga. (Gramedia Pustaka Utama, 1992).

25.  Jessri M, Mirmiran P, Jessri M, Johns N, Rashidkhani B, Amiri P, Barfmal N, A. F. A qualitative difference. Patients’ views of hospital food service in Iran. NCBI 57, (2011).

26.  Rusdiana Dewi, S. & Adriani, M. Perbedaan Kepuasaan Pasien Terhadap Makanan Dengan Sistem Penyelenggaraan Outsourcing Dan Swakelola Di RS Islam Jemursari Surabaya Difference Patient Satisfaction of Food by Outsourcing and Self Operated Foodservice System in RS Islam Jemursari Surabaya. 209–219 (2017). doi:10.20473/amnt.v1.i3.2017.209-219

27.  Ariyanti, V., Widyaningsih, E. N. & Rauf, R. Hubungan Antara Karakteristik Sensorik Makanan Dengan Sisa Makanan Biasa Pada Pasien Rawat Inap Rsud Dr. Soeratno, Gemolong, Kabupaten Sragen. J. Kesehat. 10, 17–25 (2017).

28.  Sunariani, J. Perubahan Konsentrasi Il-1 Dan Gustducin Terhadap Rasa Pengecap Pahit Pada Demam. J. Penelit. Med. Eksakta 8, 159–167 (2009).

29.        Farida. Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Makanan Dan Tingkat Kepuasan Dengan Sisa Makanan Pasien Diabetes Mellitus Tipe Ii Rawat Inap Di Rsi Nu Demak. (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2018).





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 1 / No. : 1 / Pub. : 2019-06
  1. Hubungan Antara Pemberian Asi Dan Pemberian Makanan Selain Asi Dengan Kejadian Underweight Pada Bayi Di Jawa Timur Tahun 2018
  2. Pengaruh Substitusi Biskuit Mp-asi Kemenkes Dan Isolat Protein Terhadap Daya Terima Snack Bar Untuk Batita Usia 12-36 Bulan
  3. Hubungan Kepuasan Pelayanan Makanan Dengan Jenis Diet Pada Pasien Di Rsu Haji Surabaya
  4. Analisa Program Tablet Tambah Darah Untuk Ibu Hamil Di Kota Bogor
  5. Perbedaan Asupan Zat Energi Dan Aktivitas Fisik Pada Status Obesitas Pada Balita Di Desa Mlati Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri

Departemen Gizi KesehatanFakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga

Kampus C, Jl. MulyorejoSurabaya 60115

Telp: 031-5964808; Fax: 031-5964809

Hp: +62 857-3154-7992

Email: medgizi.airlangga@gmail.com