UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Kebijakan dan Manajemen Publik

ISSN 2303 - 3411

Vol. 1 / No. 1 / Published : 2013-01

Order : 25, and page :209 - 217

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Hubungan antara pengendalian internal dengan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah dinas pendapatan provinsi jawa timur

Author :

  1. Hannum Tiasari*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Administrative reforms to realize the spirit of the State is capable of supporting integration duties and functions as the State administration paradigm of good governance can be done by developing and implementing systems of accountability are clear, precise and real. This can be done through appropriate internal controls in Government Regulation No. 60 Year 2008 concerning the Government Internal Control System defines Internal Control System (SPI) which aims to provide reasonable assurance for achieving organizational goals through effective and efficient, the reliability of financial reporting, safeguarding of assets state, and compliance with laws and regulations.This study aims to answer the problem of how the relationship betweeninternal control with accountability of the performance of government agencies conducted by the East Java Provincial Revenue Officeusing qualitative research methods and types of descriptive research where data collection is done through in-depth interview, observation and documentation.Final conclusion obtained in this study is the internal control has a relationship with performance accountability of government agencies. More effective internal controls performed, the better the performance of the agenciesalso increase government accountability

Keyword :

Employee Performancee, Accountability,


References :

  1. Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. 2010 : Alfabeta Bandung




Archive Article

Cover Media Content

Volume : 1 / No. : 1 / Pub. : 2013-01
  1. Responsivitas pdam kabupaten lamongan dalam menangani keluhan pelanggan
  2. Kinerja organisasi uptd pengujian kendaraan bermotor wiyung kota surabaya
  3. Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pemberdayaan perempuan desa joho di lereng gunung wilis
  4. Pengaruh simplifikasi prosedur pelayanan pelanggan terhadap tingkat kepuasan pelanggan pelayanan perpanjangan surat ijin mengemudi (sim) di sim corner kota surabaya
  5. Faktor-faktor determinan yang mempengaruhi implementasi program jaminan kesehatan bali mandara di rsud wangaya denpasar
  6. Sikap dan peran pemerintah kota surabaya terhadap perbaikan daerah kumuh di kelurahan tanah kalikedinding kota surabaya
  7. Akuntabilitas pemerintah provinsi jawa timur dalam pengelolaan aset
  8. Intensifikasi pemunggutan pajak hotel ditinjau dari potensi kota batu untuk meningkatkan pendapatan asli daerah
  9. Implementasi kebijakan restrukturisasi pengelolaan pelabuhan (studi kasus di pt. (persero) pelabuhan indonesia iii cabang tanjung perak surabaya)
  10. Inovasi pelayanan publik uptd terminal purabaya-bungurasih
  11. Inovasi pelayanan kesehatan dalam meningkatkan kualitas pelayanan di puskesmas jagir kota surabaya
  12. Hubungan dialogis tim pembina pedagang kaki lima dalam kebijakan relokasi pedagang kaki lima alun-alun sidoarjo
  13. Peran dinas tenaga kerja pemerintah kota surabaya dalam menangani masalah yang ditimbulkan oleh outsourcing
  14. Studi deskriptif tentang “learning transfer” bagi alumni peserta pendidikan dan pelatihan pelayanan publik oleh badan pendidikan dan pelatihan jawa timur di badan koordinasi wilayah malang
  15. Studi tentang implementasi program sanitasi total dan pemasaran sanitasi (stops) dalam perspektif deliberatif di desa ngampungan kecamatan bareng kabupaten jombang
  16. Efektivitas pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah (umkm) krupuk ikan dalam program pengembangan labsite pemberdayaan masyarakat desa kedung rejo kecamatan jabon kabupaten sidoarjo
  17. Kapabilitas inovasi dinas pertanian kabupaten jombang dalam program pertanian terpadu guna mewujudkan ketahanan pangan
  18. Evaluasi kebijakan sidoarjo kota ramah anak di kecamatan krembung, kabupaten sidoarjo
  19. Implementasi corporate social responsibility di pt. pembangkit jawa bali unit pembangkit gresik
  20. Keefektifan pelaksanaan mekanisme komplain dalam pelayanan kesehatan di rumah sakit umum haji surabaya
  21. Kualitas pelayanan kesehatan penerima jamkesmas di rsud ibnu sina gresik
  22. Evaluasi kebijakan perpolisian masyarakat (polmas) (studi deskriptif: diseminasi kebijakan polmas terhadap petugas pelaksana polmas di kepolisian sektor jajaran kepolisian resort kota besar surabaya)
  23. Studi eksplanatif tentang pengaruh pengembangan kapasitas usaha terhadap tingkat kesejahteraan ekonomi pengusaha di sentra industri kecil alas kaki wedoro kecamatan waru kabupaten sidoarjo
  24. Transparansi, partisipasi, dan akuntabilitas pengelolaan anggaran dana bos dalam program rkas di sdn pacarkeling viii surabaya
  25. Hubungan antara pengendalian internal dengan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah dinas pendapatan provinsi jawa timur
  26. Inovasi pelayanan publik: studi deskriptif tentang nilai tambah (value added) inovasi pelayanan perizinan bagi masyarakat di kota kediri