Catalog :




Detail Article

Kebijakan dan Manajemen Publik

ISSN 2303 - 3411

Vol. 1 / No. 1 / Published : 2013-01

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Inovasi pelayanan kesehatan dalam meningkatkan kualitas pelayanan di puskesmas jagir kota surabaya

Author :

  1. Cindy Anggraeny*1
  2. Erna Setijaningrum, S.IP, M.Si*2
  1. Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara FISIP UNAIR Surabaya
  2. Dosen Pembimbing Skripsi Ilmu Administrasi Negara FISIP UNAIR Surabaya

Abstract :

This study aimed to describe innovative services at Puskesmas Jagir. Unlike the other Puskesmas in Surbaya, based on data from Dinas Kesehatan in Surabaya city, Puskesmas Jagir always increase visitors annually. So it can be known Puskesmas Jagir innovation to improve service quality. Following the innovation increase customer satisfaction. To find innovation Puskemas Jagir in Surabaya City, the researchers used a combination of the type of innovation Damanpour and five attributes of innovation according to Rogers. Using qualitative research methods, descriptive research type, and location of research Puskesmas Jagir Surabaya. Informants were taken Puskesmas Jagir staff and patients. The technique of determining the informant using purposive sampling, data collection is done by observation, in-depth interviews, and documentation. Analysis of data using data reduction, data presentation, and conclusion. The results obtained in this study indicate that the Puskesmas Jagir innovations in two kinds of innovation that is innovative new product / service and process innovation. Innovation services performed Puskesmas Jagir has also been in accordance with the attributes of innovation from Rogers. Implementation of innovations Puskesmas Jagir run well and in accordance with the objective being to improve the quality of existing services

Keyword :

Service, Innovation, Puskesmas, -, -,


References :

  1. Agustina, Susanti, (2012). Wajah Otonomi Daerah. - : Koran Kompas
  2. Setijaningrum, Erna, (2009). Inovasi Pelayanan Publik. Surabaya : Kanisius
  3. Ancok, Djamaludin, (2012). Psikologi Kepemimpinan&Inovasi. Jakarta : Erlangga
  4. Muluk, Khairul M.R. , (2008). Knowledge Management: Kunci Sukses Inovasi Pemerintahan Daerah. Malang : Banyumedia Publishing
  5. Sudarso, (2008). Prosedur Penelitian dalam Suyanto, Bagong, Sutinah. Metode Penelitian Sosial: Berbagai Alternatif Pendekatan, . Jakarta : Kencana


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 1 / No. : 1 / Pub. : 2013-01
  1. Responsivitas pdam kabupaten lamongan dalam menangani keluhan pelanggan
  2. Kinerja organisasi uptd pengujian kendaraan bermotor wiyung kota surabaya
  3. Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pemberdayaan perempuan desa joho di lereng gunung wilis
  4. Pengaruh simplifikasi prosedur pelayanan pelanggan terhadap tingkat kepuasan pelanggan pelayanan perpanjangan surat ijin mengemudi (sim) di sim corner kota surabaya
  5. Faktor-faktor determinan yang mempengaruhi implementasi program jaminan kesehatan bali mandara di rsud wangaya denpasar
  6. Sikap dan peran pemerintah kota surabaya terhadap perbaikan daerah kumuh di kelurahan tanah kalikedinding kota surabaya
  7. Akuntabilitas pemerintah provinsi jawa timur dalam pengelolaan aset
  8. Intensifikasi pemunggutan pajak hotel ditinjau dari potensi kota batu untuk meningkatkan pendapatan asli daerah
  9. Implementasi kebijakan restrukturisasi pengelolaan pelabuhan (studi kasus di pt. (persero) pelabuhan indonesia iii cabang tanjung perak surabaya)
  10. Inovasi pelayanan publik uptd terminal purabaya-bungurasih
  11. Inovasi pelayanan kesehatan dalam meningkatkan kualitas pelayanan di puskesmas jagir kota surabaya
  12. Hubungan dialogis tim pembina pedagang kaki lima dalam kebijakan relokasi pedagang kaki lima alun-alun sidoarjo
  13. Peran dinas tenaga kerja pemerintah kota surabaya dalam menangani masalah yang ditimbulkan oleh outsourcing
  14. Studi deskriptif tentang “learning transfer” bagi alumni peserta pendidikan dan pelatihan pelayanan publik oleh badan pendidikan dan pelatihan jawa timur di badan koordinasi wilayah malang
  15. Studi tentang implementasi program sanitasi total dan pemasaran sanitasi (stops) dalam perspektif deliberatif di desa ngampungan kecamatan bareng kabupaten jombang
  16. Efektivitas pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah (umkm) krupuk ikan dalam program pengembangan labsite pemberdayaan masyarakat desa kedung rejo kecamatan jabon kabupaten sidoarjo
  17. Kapabilitas inovasi dinas pertanian kabupaten jombang dalam program pertanian terpadu guna mewujudkan ketahanan pangan
  18. Evaluasi kebijakan sidoarjo kota ramah anak di kecamatan krembung, kabupaten sidoarjo
  19. Implementasi corporate social responsibility di pt. pembangkit jawa bali unit pembangkit gresik
  20. Keefektifan pelaksanaan mekanisme komplain dalam pelayanan kesehatan di rumah sakit umum haji surabaya
  21. Kualitas pelayanan kesehatan penerima jamkesmas di rsud ibnu sina gresik
  22. Evaluasi kebijakan perpolisian masyarakat (polmas) (studi deskriptif: diseminasi kebijakan polmas terhadap petugas pelaksana polmas di kepolisian sektor jajaran kepolisian resort kota besar surabaya)
  23. Studi eksplanatif tentang pengaruh pengembangan kapasitas usaha terhadap tingkat kesejahteraan ekonomi pengusaha di sentra industri kecil alas kaki wedoro kecamatan waru kabupaten sidoarjo
  24. Transparansi, partisipasi, dan akuntabilitas pengelolaan anggaran dana bos dalam program rkas di sdn pacarkeling viii surabaya
  25. Hubungan antara pengendalian internal dengan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah dinas pendapatan provinsi jawa timur
  26. Inovasi pelayanan publik: studi deskriptif tentang nilai tambah (value added) inovasi pelayanan perizinan bagi masyarakat di kota kediri