UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Kebijakan dan Manajemen Publik

ISSN 2303 - 3411

Vol. 1 / No. 1 / Published : 2013-01

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Kualitas pelayanan kesehatan penerima jamkesmas di rsud ibnu sina gresik

Author :

  1. Merry Martha Mahayu Prana*1
  1. Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara FISIP UNAIR Surabaya

Abstract :

One of the Government’s main task is to provide services. Public service is the fulfillment of the public (society) and to improve the welfare of the community. These services are including health community services. Every citizen has the right to good health care. As one of the efforts to reduce poverty, the government through the Ministry of Health since 2005, making health insurance program for the poor community. This research meants to find the costumers quality of health services for a health card recipients at RSUD Ibnu Sina kabupaten Gresik. Tofind the quality of  the health services, this research is used quality dimension of services which is include ten indicator, tangible, reliability, responsiveness, competence, courtesy, credibility, security, access, communication, understanding. The method used in this research is a qualitative research method with descriptive type. Data collection was done by using in-depth interviews, observation and documentation. Research informants technique, using key informants further expanding snowball technique. The process of data analysis was done by grouping the data obtained, and also get a series of corresponding relationships between the data. While the validity of the data was tested through triangulation of data sources so that the data presented is valid data. Based on the results of this study concluded that the quality of the health care in RSUD Ibnu Sina Kabupaten Gresik, especially for Jamkesmas patient had been good enough. However, still need more improvements to make it better. Rooms for the 3rd classes patient are still needed..

Keyword :

Public Service, Service Quality, Health Services, , Jamkesmas,


References :

  1. Ibrahim, DR. H. Amin, (2008). Teori dan Konsep Pelayanan Publik Serta Implementasinya. Bandung : Mandar Maju
  2. Sedarmayanti, (2009). Reformasi Administrasi Publik, Reformasi Birokrasi, dan Kepemimpinan Masa Depan. Bandung : Refika Aditama




Archive Article

Cover Media Content

Volume : 1 / No. : 1 / Pub. : 2013-01
  1. Responsivitas pdam kabupaten lamongan dalam menangani keluhan pelanggan
  2. Kinerja organisasi uptd pengujian kendaraan bermotor wiyung kota surabaya
  3. Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pemberdayaan perempuan desa joho di lereng gunung wilis
  4. Pengaruh simplifikasi prosedur pelayanan pelanggan terhadap tingkat kepuasan pelanggan pelayanan perpanjangan surat ijin mengemudi (sim) di sim corner kota surabaya
  5. Faktor-faktor determinan yang mempengaruhi implementasi program jaminan kesehatan bali mandara di rsud wangaya denpasar
  6. Sikap dan peran pemerintah kota surabaya terhadap perbaikan daerah kumuh di kelurahan tanah kalikedinding kota surabaya
  7. Akuntabilitas pemerintah provinsi jawa timur dalam pengelolaan aset
  8. Intensifikasi pemunggutan pajak hotel ditinjau dari potensi kota batu untuk meningkatkan pendapatan asli daerah
  9. Implementasi kebijakan restrukturisasi pengelolaan pelabuhan (studi kasus di pt. (persero) pelabuhan indonesia iii cabang tanjung perak surabaya)
  10. Inovasi pelayanan publik uptd terminal purabaya-bungurasih
  11. Inovasi pelayanan kesehatan dalam meningkatkan kualitas pelayanan di puskesmas jagir kota surabaya
  12. Hubungan dialogis tim pembina pedagang kaki lima dalam kebijakan relokasi pedagang kaki lima alun-alun sidoarjo
  13. Peran dinas tenaga kerja pemerintah kota surabaya dalam menangani masalah yang ditimbulkan oleh outsourcing
  14. Studi deskriptif tentang “learning transfer” bagi alumni peserta pendidikan dan pelatihan pelayanan publik oleh badan pendidikan dan pelatihan jawa timur di badan koordinasi wilayah malang
  15. Studi tentang implementasi program sanitasi total dan pemasaran sanitasi (stops) dalam perspektif deliberatif di desa ngampungan kecamatan bareng kabupaten jombang
  16. Efektivitas pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah (umkm) krupuk ikan dalam program pengembangan labsite pemberdayaan masyarakat desa kedung rejo kecamatan jabon kabupaten sidoarjo
  17. Kapabilitas inovasi dinas pertanian kabupaten jombang dalam program pertanian terpadu guna mewujudkan ketahanan pangan
  18. Evaluasi kebijakan sidoarjo kota ramah anak di kecamatan krembung, kabupaten sidoarjo
  19. Implementasi corporate social responsibility di pt. pembangkit jawa bali unit pembangkit gresik
  20. Keefektifan pelaksanaan mekanisme komplain dalam pelayanan kesehatan di rumah sakit umum haji surabaya
  21. Kualitas pelayanan kesehatan penerima jamkesmas di rsud ibnu sina gresik
  22. Evaluasi kebijakan perpolisian masyarakat (polmas) (studi deskriptif: diseminasi kebijakan polmas terhadap petugas pelaksana polmas di kepolisian sektor jajaran kepolisian resort kota besar surabaya)
  23. Studi eksplanatif tentang pengaruh pengembangan kapasitas usaha terhadap tingkat kesejahteraan ekonomi pengusaha di sentra industri kecil alas kaki wedoro kecamatan waru kabupaten sidoarjo
  24. Transparansi, partisipasi, dan akuntabilitas pengelolaan anggaran dana bos dalam program rkas di sdn pacarkeling viii surabaya
  25. Hubungan antara pengendalian internal dengan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah dinas pendapatan provinsi jawa timur
  26. Inovasi pelayanan publik: studi deskriptif tentang nilai tambah (value added) inovasi pelayanan perizinan bagi masyarakat di kota kediri