UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Kebijakan dan Manajemen Publik

ISSN 2303 - 3411

Vol. 4 / No. 3 / Published : 2016-03

Order : 6, and page :42 - 48

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Studi deskriptif kualitas pelayanan kesehatan untuk pasien peserta badan penyelenggara jaminan sosial (bpjs) kesehatan di rsud ibnu sina kabupaten gresik

Author :

  1. RAHMA S. MULIASARI*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

One of the Government’s main task is to provide services. Public service is the fulfillment of the public (society) and to improve the welfare of the community. These services are including helath community services. Every citizen has the right to good health care. As one of the efforts to reduce poverty, the government through the Ministry of Health since 2005, making health insurance program for the poor community. The research meants to find the costumers quality of health services for a health card recipients at RSUD Ibnu Sina Kabupaten Gresik. Location of the study conducted in Gresik Ibnu Sina General Hospital, which is     one BPJS patient referral hospital. Researchers used a technique with purposive sampling informant election, then developed with snowball sampling technique, the researchers used an analysis "qualitative" is an emerging data intangible words and not a series of numbers. The conclusion of this study, there are six aspect of the quality of health care: (1) Tangibles (2) Responsiveness (3) Competence  (4) Credibility  (5) Access (6) Communication

Keyword :

Public Service, Service Quality, , Health Services Security,


References :

Azwar, Azrul,(1996) Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan . : Sinar Harapan

Ratminto, Atik Septi Winarsih,(2010) Manajemen Pelayanan: Pengembangan Model Konseptual, penerapan Citizen Charter dan Standart Pelayanan Minimal . : Pustaka Pelajar

Sudarso,(2008) Metode Penelitian Sosial: Berbagai Alternatif Pendekatan . : Kencana





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 4 / No. : 3 / Pub. : 2016-03
  1. Kualitas Pelayanan Sertifikat Peralihan Hak Tanah Hasil Jual-beli Di Kantor Pertanahan Kota Surabaya I
  2. Analisis Kualitas Pelayanan Maskapai Penerbangan Low Cost Carrier (studi Deskriptif Di Pt. Citilink Indonesia Cabang Surabaya)
  3. Evaluasi Implementasi Peraturan Daerah No. 7 Tahun 2010 Tentang Penyerahan Prasarana, Sarana, Dan Utilitas Pada Kawasan Industri, Perdagangan, Perumahan, Dan Permukiman Di Kota Surabaya
  4. Evaluasi Pelaksanaan Peraturan Walikota Surabaya Nomor 65 Tahun 2011 Tentang Prosedur Pengawasan Dan Pengendalian Kawasan Mangrove Di Kelurahan Wonorejo Surabaya
  5. Implementasi Kebijakan Kota Layak Anak (studi Deskriptif Tentang Kluster Perlindungan Khusus Di Kota Surabaya)
  6. Studi Deskriptif Kualitas Pelayanan Kesehatan Untuk Pasien Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (bpjs) Kesehatan Di Rsud Ibnu Sina Kabupaten Gresik
  7. Inovasi Pelayanan Publik (studi Upaya Inovasi Paket Perizinan Oleh Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Sidoarjo Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Perizinan)
  8. Kinerja Koperasi Studi Tentang Faktor-faktor Penyebab Tidak Aktifnya Koperasi Gotong Royong Kota Blitar
  9. Strategi Dinas Koperasi Dan Umkm Kabupaten Jombang Dalam Meningkatkan Daya Saing Umkm Untuk Menghadapi Asean Economic Community 2016
  10. Inovasi Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan Di Kecamatan Kota Sumenep, Kabupaten Sumenep
  11. Koordinasi Antar Lembaga Dan Stakeholder Dalam Pengembangan Taman Bacaan Masyarakat (studi Kasus: Taman Flora Dan Taman Ekspresi Di Kota Surabaya)
  12. Gaya Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Negeri Sipil (studi Deskriptif Di Biro Administrasi Kemasyarakatan Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur)
  13. Studi Perbandingan Tentang Ketimpangan Hasil Kebijakan Pengembangan Kawasan Budidaya Agropolitan (perbandingan Kawasan Budidaya Agropolitan Di Desa Ngringinrejo Dan Desa Wedi Kabupaten Bojonegoro)
  14. E-government Dalam Pelayanan Publik (studi Kasus Tentang Faktor-faktor Penghambat Inovasi Layanan E-samsat Jatim Di Kabupaten Gresik)
  15. Studi Deskriptif Tentang Proporsi Anggaran Pendidikan Dalam Struktur Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah Kota Surabaya Tahun 2012-2014
  16. Implementasi Penanggulangan Bencana (studi Deskriptif Di Satlak Pb Dalam Penanggulangan Bencana Kota Surabaya)
  17. Studi Dampak Intensitas Pengawasan Ombusdman Perwakilan Jawa Timur Pada Tingkat Akuntabilitas Pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (bpjs) Kesehatan Surabaya
  18. Dampak Implementasi Program Minapolitan Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Di Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi
  19. Kualitas Pelayanan E-kiosk (elektronik Kios Kereta Api) Di Stasiun Surabaya Gubeng
  20. Studi Deskriptif Tentang Inovasi Online Reservation Pada Pelayanan Penjualan Tiket Kereta Api
  21. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dinas Pengelolaan Bangunan Dan Tanah Terhadap Kepuasan Penyewa Rumah Susun Sederhana Sewa (rusunawa) Waru Gunung Karang Pilang Surabaya
  22. Studi Eksploratif Tentang Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pelaksanaan Program Pemberdayaan Ekonomi Kelompok Swadaya Masyarakat (ksm) Di Kelurahan Sidotopo Kecamatan Semampir Kota Surabaya
  23. Inovasi Pelayanan Publik Studi Deskriptif Tentang Penerapan Layanan E-health Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Pucangsewu Kota Surabaya
  24. Dampak Pengembangan Manajemen Usaha Gabungan Kelompok Tani (gapoktan) “sejahtera” Pada Tingkat Kinerja Petani Penerima Program Pengembangan Usaha Agrobisnis Pedesaan (puap) Di Desa Mertani Kecamatan Karanggeneng Kabupaten Lamongan
  25. Strategi Dinas Pertanian Dalam Memberdayakan Kelompok Tani Cabai Untuk Meningkatkan Daya Saing Di Kelurahan Made Kota Surabaya
  26. Model Pelayanan Kesehatan (studi Deskriptif Tentang Model Pelayanan Program Antenatal Care Di Puskesmas Peterongan Kabupaten Jombang)
  27. Pengembangan Aparatur Berbasis Kompetensi Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Perizinan Di Unit Pelaksanaan Teknis Pelayanan Perizinan Terpadu (upt P2t) Badan Penanaman Modal Provinsi Jawa Timur
  28. Partisipasi Stakeholder Dalam Pelaksanaan Program Adiwiyata Di Smp Negeri 4 Bojonegoro
  29. Studi Deskriptif Tentang Pelaksanaan Good Corporate Governance Di Pt. Petrokimia Gresik
  30. Implementasi Kebijakan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (paten) Di Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo
  31. “potret Pro-woman Policy” (studi Tentang Pengaruh Tingkat Kemiskinan Terhadap Tingkat Partisipasi Eks Wanita Tuna Susila Dalam Program Pemberdayaan Eks Lokalisasi Di Dupak Bangunsari Kota Surabaya)
  32. Evaluasi Program Usaha Mikro Rumah Tangga Miskin (pum-rtm) Di Kabupaten Jember