Catalog :




Detail Article

Komunitas

ISSN 2303-1166

Vol. 5 / No. 1 / Published : 2016-03

TOC : 16, and page :1 - 15

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Analisis interaksionisme simbolik pada praktik branding rumah sakit universitas airlangga (rsua)

Author :

  1. Kisna Anggraini*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) adalah rumah sakit yang berada di bawah naungan sebuah universitas terkemuka di Indonesia. RSUA sebagai bagian dari Universitas Airlangga memiliki tantangan tersendiri untuk membangun makna sebagai rumah sakit pendidikan yang juga memiliki profesionalitas untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat. Dalam hal ini, branding menjadi proses yang  penting dalam kepentingan membangun makna tersebut. Teori yang  digunakan untuk menganalisa permasalahan penelitian ini adalah teori Interaksionisme Simbolik dari George H. Mead. Konsep ‘Me’ dalam teori interaksionisme simbolik digunakan untuk menganalisis simbol yang dibangun RSUA dalam membangun makna. Informan dalam penelitian ini adalah dua pimpinan RSUA dan empat tenaga kerja RSUA meliputidokter, perawat, administrasi dan enam pasien. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam dan partisipasi langsung di lapangan. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini antara lain: (1) RSUA ingin membangun makna menjadi rumah sakit yang intelek dan berkelas menengah keatas (2) Terdapat fragmentasi makna dalam  interaksi simbolik yang dilakukan sebagai praktik branding RSUA yang disebabkan adanya perbedaan makna tentang “pendidikan” dan “Universitas Airlangga” pada masyarakat tergantung pada kepemilikan pengalaman aktivitas pendidikan di Universitas Airlangga.

Keyword :

branding RSUA, interaksionisme simbolik, fragmentasi makna,


References :

  1. Knapp, Duanne, (2002). The Brand Mindset. 1 : Yogyakarta: Andi Yogyakarta
  2. Spradley, James P, (2007). Metode Etnografi. 1 : Yogyakarta: Tiara Wacana
  3. Susan, Novri, (2014). Mengelola Unsur Simbol Branding. 1 : http://novrisusan.com/2014/09/21/mengelola-unsur-simbol-pada-branding/#more- 147


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 5 / No. : 1 / Pub. : 2016-03
  1. Konstruksi sosial masyarakat miskin tentang pelayanan bpjs kesehatan
  2. Konflik atas pelanggaran pedoman berbagi hasil hutan kayu antara perhutani kph probolinggo dengan petani di desa papringan, kecamatan klakah, kabupaten lumajang
  3. Respon masyarakat terhadap pesan dan keberadaan mural
  4. Makna kemiskinan (studi fenomenologi pada mahasiswa penerima beasiswa bidik misi universitas airlangga)
  5. Pemaknaan keturunan langsung pemain ludruk pada kesenian ludruk (analisa perspektif interaksionisme simbolik pada keturunan langsung pemain ludruk)
  6. Konstruksi sosial tentang pacaran pada mahasiswi berhijab di universitas islam surabaya
  7. Pengambilan keputusan dalam menentukan pendidikan anak (studi deskriptif pada keluarga yang suaminya tidak bekerja)
  8. Makna kohabitasi bagi pasangan setelah peminangan (studi di desa bandung rejo kecamatan ngasem kabupaten bojonegoro)
  9. Konstruksi sosial obesitas pada kalangan remaja di surabaya (studi deskriptif tentang makna obesitas pada remaja obesitas di surabaya)
  10. Fenomena penggunaan behel gigi sebagai simbol dalam proses interaksi sosial pada kalangan remaja di perkotaan
  11. Membolos dan cabut kelas (studi kualitatif tentang makna membolos dan cabut kelas pada siswa sma negeri 9 surabaya)
  12. Pencitraan diri dalam media sosial path (studi deskriptif pada pelajar sma negeri 2 surabaya)
  13. Dampak sosial ekonomi perubahan tata kelola sumur tua dan strategi adaptasi penambang tradisional di desa wonocolo, kecamatan kedewan, kabupaten bojonegoro
  14. Dampak sosial pembangunan jalur lintas selatan (jls) terhadap kesejahteraan masyarakat desa hutan (studi di desa karanggandu kecamatan watulimo kabupaten trenggalek)
  15. Problematika masyarakat paska program corporate social responsibility (studi paska pelaksanaan program csr oleh pt. pembangkitan jawa bali pada tahun 2010-2012 di kelurahan jambangan dan kelurahan gayungan, surabaya)
  16. Analisis interaksionisme simbolik pada praktik branding rumah sakit universitas airlangga (rsua)
  17. Perempuan dalam konflik berbasis agama (studi konstruksi sosial dan peran perempuan syiah dalam konflik sunni syiah sampang madura)
  18. Dugem remaja putri (studi tentang gaya hidup remaja putri di kota surabaya)
  19. Sales promotion girl (studi tentang stigmatisasi dan makna terhadap pekerjaan sales promotion girl rokok di surabaya)
  20. Relasi kekuasaan dalam interaksi dokter dan pasien pada pemberian layanan kesehatan (studi kualitatif pada dokter dan pasien yang melakukan pengobatan di rumah sakit umum, dr. soetomo, surabaya)
  21. Konstruksi sosial tentang aborsi (deskriptif kualitatif tentang makna aborsi dan reaksi di kalangan mahasiswi surabaya)
  22. Marjinalisasi identitas lesbian di ruang publik (studi kritis ruang publik di kota surabaya)
  23. Perubahan peruntukan lahan pertanian dan pergeseran implementasi konsep tri hita karana (studi kasus pada petani kelurahan ubud, kecamatan ubud, kabupaten gianyar, provinsi bali)
  24. Pemaknaan pengemudi bus harapan jaya atas disiplin berlalu lintas dijalan raya (studi deskriptif mengenai bagaimana pengemudi bus harapan jaya memaknai disiplin berlalu lintas dijalan raya)
  25. Kehidupan buruh petani garam di kecamatan pakal kota surabaya pada tahun 2015
  26. Konstruksi sosial tentang perkawinan bagi kaum gay studi pada pasangan gay yang tinggal di surabaya
  27. Stigma masyarakat ponorogo pada penduduk kampung idiot
  28. Media sosial instagram aktualisasi diri bagi komunitas instameet surabaya
  29. Konstruksi sosial tentang kekerasan pada santriwati yang ada di pondok pesantren salafi (mq) di blitar