UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Komunitas

ISSN 2303-1166

Vol. 6 / No. 1 / Published : 2017-01

Order : 6, and page :103 - 124

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Citra polisi lalu lintas di mata masyarakat di surabaya barat

Author :

  1. Cahayu Wardani*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Penelitian ini mengkaji tentang pencitraan masyarakat terhadap polisi lalu lintas di Surabaya Barat. Citra merupakan kesan atau persepsi yang dimiliki oleh setiap individu terhadap kelompok sosial atau organisasi. Organisasi yang dimaksud adalah lembaga kepolisian. Polisi lalu lintas memiliki peranan penting dalam melaksanakan setiap tugasnya meliputi personality, reputation, value, dan corporate identity dalam proses penegakan hukum. Memiliki rasa profesionalisme dapat memberikan dampak positif bagi nama kepolisian. Ketika polisi lalu lintas tidak profesional dalam penegakan hukum akan membentuk citra yang negatif. Permasalahan mengenai citra polisi dimata masyarakat, diharapkan masyarakat dapat memberikan respon akan persepsi, penilaian, dan kepercayaan terhadap citra polisi lalu lintas di Surabaya Barat. Dalam mengkaji penelitian ini, peneliti menggunakan teori Blumer sebagai dasar tindakan polisi (konsep diri) dan teori citra oleh Shirley Harrison sebagai pendukung citra polisi. Dalam menganalisis penelitian ini, kedua teori tersebut digabungkan supaya dapat menghasilkan data berupa narasi citra polisi yang positif atau negatif. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa citra polisi di mata masyarakat adalah positif. Penilaian ini didasarkan atas perbedaannya tindakan atau perilaku polisi yang dulu dengan polisi yang sekarang. Polisi yang dulu mencerminkan sikap yang keras, galak, mudah disuap, dan tidak menegakkan hukum. Perbedaan ini karena adanya perubahan sistem birokrasi kepolisian dari militer ke pegawai negeri sipil bersenjata. Profesionalisme seorang polisi dapat menimbulkan penilaian positif bagi citra polisi lalu lintas. Dengan begitu, rasa kepercayaan masyarakat terhadap polisi lalu lintas akan terjalin dengan baik.

Keyword :

Personality, reputation, value, citra, profesionalisme,


References :

  1. Bagus, Ida Wirawan, (2012). Teori-teori Sosial dalam Tiga Paradigma (Fakta Sosial, Definisi Sosial, dan Perilaku Sosial. ke-3 : Kencana Prenamedia Group : Jakarta.
  2. Poloma, Margaret, (1994). Sosiologi Kontemporer. ke-4 : PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.
  3. Rianto, Bibit Samad, (2006). Pemikiran Menuju Polri yang Profesional, Mandiri, Berwibawa, dan Dicintai Rakyat.. ke-1 : PTIK Press & RESTU AGUNG. Jakarta




Archive Article

Cover Media Content

Volume : 6 / No. : 1 / Pub. : 2017-03
  1. Makna bekerja bagi pengerajin batik (study di desa “batik” sumurgung kabupaten tuban)
  2. Tindakan sosial pedagang angkringan dalam penerapan phbs (perilaku hidup bersih dan sehat) di surabaya
  3. Perilaku anggota komunitas punk di surabaya ( studi deskriptif pada komunitas punk di surabaya)
  4. Sosialisasi orangtua mengenai pendidikan seksual pasca pubertas pada anak penyandang tunagrahita (studi mengenai proses orang tua dalam mensosialisasikan pendidikan seksual pasca pubertas pada remaja putri dengan retradasi mental di slb-c putra mandiri kota surabaya)
  5. Makna produk indie clothing pada kalangan mahasiswa urban di kota surabaya
  6. Citra polisi lalu lintas di mata masyarakat di surabaya barat
  7. Pergeseran okupasi masyarakat sekitar eks dolly
  8. Perilaku sosial remaja pengguna minuman beralkohol (studi deskriptif tentang perilaku remaja pengguna minuman beralkohol dalam tinjauan teori dramaturgi di kota surabaya)
  9. Proses adaptasi single parent pada keluarga militer (studi pada istri dengan suami yang tersangkut kasus hukum pidana militer)
  10. Perjodohan pernikahan mubarak di hidayatullah (studi kasus di pondok pesantren hidayatullah surabaya)
  11. Strategi adaptasi anak kyai (gus) pelaku kenakalan di masyarakat (studi deskriptif tentang konsep diri dan strategi adaptasi anak kyai (gus) pelaku kenakalan terhadap stigma yang ada di masyarakat)
  12. Konstruksi sosial masyarakat tentang penggusuran lahan (studi kasus penggusuran lahan di wilayah kelurahan gunung anyar)
  13. Keputusan berwirausaha para mantan pegawai di kota surabaya
  14. Pola tidur dan kesehatan jasmani lansia (studi deskriptif pada lansia di panti werdha usia surabaya)
  15. Komodifikasi busana muslim ( studi di perusahaan busana muslim gaby surabaya)
  16. Eksistensi pedagang kaki lima di pasar maling wonokromo surabaya
  17. Pengasuhan keluarga single parent terhadap anak berkebutuhan khusus (studi deskriptif tentang pengasuhan single parent ibu terhadap anak berkebutuhan khusus )
  18. Strategi buruh migran dalam menghadapi persaingan kerja di era mea
  19. Pola pengasuhan anak terlantar (studi pemenuhan hak anak di panti sosial asuhan balita sidoarjo)