Catalog :




Detail Article

Komunitas

ISSN 2303-1166

Vol. 5 / No. 3 / Published : 2016-09

TOC : 8, and page :1 - 15

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Dinamika interaksi dan budaya inklusif di smpn 29 surabaya

Author :

  1. Marhaeni Mega Wijayanti*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

           Sekolah idealnya menjadi tempat yang nyaman bagi seluruh warga sekolah. Tidak terkecuali dengan sekolah inklusif yang terdapat keberagaman didalamnya. Oleh karena sekolah sebagai tempat berinteraksi antarwarga sekolah, diharapkan iklim sekolah yang ada mampu menciptakan budaya inklusif. Namun kenyataannya, tidak semua interaksi yang terjadi belum mencerminkan budaya inklusif. Studi ini dilakukan untuk mengetahui proses dinamika interaksi antarwarga sekolah yang terjadi kemudian apakah dinamika interaksi tersebut sudah mencerminkan budaya inklusif.             Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan berperspektif konstruktivisme. Metode penentuan subyek adalah metode snowball dengan jumlah subyek sebanyak enam belas. Sedangkan SMPN 29 Surabaya menjadi setting penelitian dalam penelitian ini.             Pada penelitian ini, dinamika interaksi antarwarga sekolah melelaui beberapa tahap untuk dapat mencapai budaya inklusif. Namun Disisi lain, warga sekolah menyatakan masih banyak bentuk interaksi yang belum mencerminkan budaya inklusif melalui simbol-simbol seperti reproduksi bahasa, gesture, serta tindakan seperti cemoohan dan sindiran yang diberikan kepada berkebutuhan khusus baik dari teman sebaya maupun dari guru, Interaksi guru pendamping khusus dengan guru sekolah reguler yang belum mencerminkan budaya inklusif.

Keyword :

Dinamika Interaksi, Interaksi Sosial, Budaya Inklusif, Iklim Sekolah,


References :

  1. Damsar, (2015). Pengantar Sosiologi Pendidikan. 1 : Jakarta: Kencana
  2. Junaidi, A.R, (2015). Mengembangkan Budaya Inklusif di Sekolah. 1 : Sebuah presentasi makalah di SMPN 29 Surabaya.
  3. Stubbs, Sue, (2002). Inclusive Education Where There Are Few Resources. 1 : The Atlas Aliance


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 5 / No. : 3 / Pub. : 2016-09
  1. Partisipasi melaksanakan program keluarga berencana pada masyarakat pemukiman kumuh (slum area) di kelurahan sidotopo wetan, kecamatan kenjeran, surabaya
  2. Pekerja seks komersial pasca ditutupnya lokalisasi kremil (studi deskriptif mekanisme survival pekerja seks komersial lokalisasi kremil tambak asri surabaya)
  3. Identitas sosial jersey sepak bola dalam surabaya jersey community
  4. Eksploitasi dan strategi bertahan hidup anak yang menjadi pengamen jalanan (studi deskriptif pada pengamen anak di kabupaten sidoarjo)
  5. Perlawanan pedagang pasar tradisional terhadap revitalisasi pasar ( studi deskriptif pasar babat, kecamatan babat, kabupaten lamongan, jawa timur )
  6. Pemilihan jodoh di kalangan penyandang disabilitas (studi tentang pemilihan jodoh antara pria non disabilitas dengan wanita disabilitas anggota himpunan wanita disabilitas indonesia cabang surabaya)
  7. Makna pluralisme agama pada komunitas kembang jepun surabaya (studi pada masyarakat kembang jepun kota surabaya)
  8. Dinamika interaksi dan budaya inklusif di smpn 29 surabaya
  9. Konsep diri pria metroseksual kota surabaya (studi deskriptif tentang konsep diri & stigma masyarakat terhadap pria metroseksual di kota surabaya)
  10. Perlawanan masyarakat desa kalidawir terhadap well test pt lapindo brantas inc. di sumur ta 5, kecamatan tanggulangin, kabupaten sidoarjo
  11. Konstruksi sosial ziarah kubur di makam gus dur (studi di makam pondok pesantren tebuireng kabupaten jombang)
  12. Konstruksi sosial suami pada pekerjaan istri sebagai tenaga kerja wanita (tkw) di luar negeri (studi deskriptif di desa sukorejo, kecamatan sukorejo kabupaten ponorogo)
  13. Tindakan sosial masyarakat dalam kegiatan penertiban pendakian gunung penanggungan
  14. Solilokui waktu luang (sebuah praktik “anggota” budaya populer dan diskursus konsumtivisme)
  15. Tindakan sosial pasien pada pengobatan akupuntur (studi deskriptif orientasi kesehatan pada pasien dalam memilih pengobatan akupuntur di surabaya)
  16. Makna brand vans bagi kolektor vans surabaya (studideskriptifkualitatifmakna brand vans bagikolektor vans di surabaya )
  17. Pengaruh tingkat kontrol sosial sekolah dan intensitas interaksi antar teman sebaya terhadap intensitas pelanggaran lalu lintas siswa sma di kota madiun (sebuah studi korelasional)
  18. Konstruksi sosial perempuan pengguna “jilboobs” (studi tentang mahasiswi yang memaknai penggunaan jilboobsnya )
  19. Mekanisme survival pembantu rumah tangga “pocokan” (studi tentang pembantu rumah tangga “pocokan” di kompleks perumahan wisma tropodo sidoarjo)
  20. Budaya dan iklim sekolah dalam penerapan kurikulum 2013 di sma (studi kasus di sma negeri 3 dan sma muhammadiyah 2 surabaya)
  21. Resistensi siswa difabel terhadap perilaku bullying
  22. Tindakan sosial pasangan suami istri nikah dibawah umur dalam pemenuhan kebutuhan keluarga (studi kualitatif di kecamatan kenjeran kota surabaya)
  23. Kenakalan remaja di perkotaan (studi tentang hubungan antara interaksi sosial antarteman sebaya dan kontrol sosial sekolah di smpn terbuka surabaya)
  24. Konstruksi sosial siswa terhadap prestasi non akademik (studi pada siswa berprestasi di sma negeri 5 surabaya)
  25. Perilaku kesehatan di kalangan transgender (studi deskriptif kualitatif tentang perilaku detection dan prevention dalam teori tindakan sosial di kota surabaya)
  26. Pemanfaatan dana pensiun dini untuk bertahan hidup di kalangan buruh pt. gudang garam kediri
  27. Eksploitasi orang tua terhadap anak dengan menjadikan anak sebagai pengamen di alun-alun lamongan
  28. “koncil” (kontruksi sosial remaja koncil tentang perilaku seks pranikah di lingkungan kota magelang)
  29. Dinamika pengusaha toko kelontong dalam menghadapi eksistensi minimarket modern di kota surabaya