ISSN 2303-1166
Vol. 4 / No. 2 / Published : 2015-02
Order : 5, and page :1 - 10
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Gaya hidup brand-minded pada mahasiswa kelas menengah-bawah (studi deskriptif tentang makna di balik tindakan sosial mahasiswa universitas airlangga kelas menengah-bawah pelaku gaya hidup brand-minded)
Author :
- Dwiyan Agusta*1
- Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract :
AbstrakKalangan muda diyakini menjadi salah satu pangsa pasar yang cukup memberikan keuntungan bagi para produsen barang-barang bermerek. Pada usia tersebut, mereka cenderung menciptakan suasana yang mendukung perkembangannya dalam proses kehidupan dengan menampilkan dan mengembangkan gaya hidup tertentu sebagai usaha untuk menemukan jati dirinya. Diantaranya adalah dengan menggunakan barang-barang yang memiliki merek dan “prestis” agar dapat dilihat dan dinilai oleh rekan-rekan atau orang di sekitarnya.Mahasiswa kelas menengah-bawah menjadi salah satu aktornya. Dimana pada saat ini sedang marak gaya hidup di kalangan mahasiswa kelas-bawah dengan memprioritaskan merek. Dari fenomena yang terjadi, maka peneliti tertarik untuk mengetahui makna dibalik tindakan sosial para mahasiswa kelas menengah-bawah sehingga dia memilih menjalani gaya hidup brand-minded.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggunakan metode kualitatif. Penentuan informan dilakukan dengan menggunakan metode snowball sampling. Setelah melakukan seleksi dengan beberapa pertimbangan, maka dalam penelitian ini peneliti memilih lima orang sebagai informan. .Lokasi penelitian yang dipilih adalah 4 fakultas yang termasuk dalam Fakultas Ilmu Sosial, yaitu : FISIP, FEB, FIB, dan FH Penelitian ini menggunakan teori tindakan sosial dari Max Weber. Dimana melalui 4 tindakan sosial tersebut mampu mengungkap makna dibalik tindakan sosial para mahasiswa kelas menengah-bawah dalam menjalani gaya hidup brand-minded.Dari hasil penelitian, didapatkan jawaban bahwa mereka memilih menjalani gaya hidup brand minded karena Ingin mendapatkan pengakuan dari lingkungan sekitarnya, mendapatkan kualitas yang bagus, merasa lebih percaya diri, dan menimbulkan rasa bangga pada dirinya.
Keyword :
Tindakan sosial, Mahasiswa Kelas Menengah-Bawah, Brand-minded,
References :
Martono, N.,(2011) Sosiologi Perubahan Sosial: Perspektif Klasik, Modern, Posmodern, dan Kolonial 1 : Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
M. Siahaan, Hotman,(1983) Pengantar ke Arah Sejarah dan Teori Sosiologi. 1 : Jakarta: Erlangga.
Archive Article
Cover Media |
Content |
Volume : 4 / No. : 2 / Pub. : 2015-02 |
- Gerakan Sosial Masyarakat Pegunungan Kendeng Utara Melawan Pembangunan Pabrik Semen Di Kabupaten Rembang
- Relasi Kekuasaan Di Kalangan Calon Anggota Legislatif Dalam Pemilihan Umum Legislatif Dprd Kota Surabaya Periode 2014-2019
- Pelembagaan Perilaku Mengemis Di “kampung Pengemis” (studi Deskriptif Pengemis Di Desa Pragaan Daya Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep)
- Hegemoni Status Kesarjanaan Pada Mahasiswa Dan Lulusan Program Sarjana (studi Deskriptif Pada Universitas Airlangga)
- Gaya Hidup Brand-minded Pada Mahasiswa Kelas Menengah-bawah (studi Deskriptif Tentang Makna Di Balik Tindakan Sosial Mahasiswa Universitas Airlangga Kelas Menengah-bawah Pelaku Gaya Hidup Brand-minded)
- Mekanisme Adaptasi (mekanisme Adaptasi Pelajar Tidak Mampu Dalam Mengkonsumsi Kebutuhan Fisik Di “sma Trimurti” Surabaya)
- Reproduksi Kesenjangan Sosial Pada Mahasiswa (studi Pada Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi Di Universitas Airlangga)
- Hubungan Pendidikan Vokasional Dengan Kemandirian Anak Yatim Pasca Terminasi Pelayanan Panti Asuhan Di Kabupaten Gresik
- Stigmatisasi Ibu Rumah Tangga Perokok (studi Kualitatif Tentang Bentuk Stigma Dan Respon Ibu Rumah Tangga Yang Merokok Di Surabaya)
- Konstruksi Sosial Orang Tua Mengenai Konsumsi Junk Food Untuk Anak Di Perkotaan (studi Deskriptif Pada Ibu Yang Memberikan Konsumsi Junk Food Pada Anak Di Perumahan Manyar Kota Surabaya)
- Konstruksi Sosial Ibu Rumah Tangga Alkoholik (studi Mengenaikonstruksi Sosial Ibu Rumah Tangga Pecandu Minuman Beralkohol Di Kawasan Kota Surabaya)
- Pernikahan Campuran Dalam Komunitas Arab (studi Tentang Penerimaan Keluarga Perempuan Arab Terhadap Pernikahan Campuran Di Sepanjang)
- Dinamika Konflik Horisontal Dalam Kasus Lumpur Lapindo (studi Deskriptif Mengenai Proses Terjadinya Konflik Antar Warga Dalam Penentuan Ganti Rugi Di Kasus Lumpur Lapindo)
- Komodifikasi Kebahagiaan Semu Dalam Game Online (studi Tentang Konstruksi Dan Komodifikasi Kebahagiaan Dalam Bermain Game Online Pada Gamer Dewasa Yang Telah Berkeluarga)
- Konflik Redistribusi Wewenang Buruh Pabrik Dalam Tubuh Serikat Buruh/pekerja Di Pt Kerja Rajasa Raya
- Pergeseran Nilai Dan Dukungan Sosial Keluarga Pada Orang Tua Lanjut Usia (studi Kasus Pada Lansia Miskin Di Kabupaten Blitar)
- Perjokian Skripsi Dikalangan Mahasiswa Di Pacitan
- Pemberian Imbalan Dalam Aktifitas Dakwah Agama Islam (studi Pemaknaan Ustadz Atau Ustadzah Terhadap Pemberian Imbalan Dalam Aktifitas Dakwah Islam Di Surabaya)
- Akomodasi Perkawinan Beda Agama Pada Lansia Di Surabaya (studi Tentang Strategi Mengakomodasi Konflik Spiritual)
- Dramaturgi Model Wanita
- Gerakan Mahasiswa Pasca Reformasi Dinamika Gerakan Mahasiswa Fisip Unair Airlangga Menurut Aktivis Mahasiswa Dalam Perspektif Konstruksi Sosial
- Penerimaan Gay Dalam Keluarga (studi Tentang Penerimaan Keluarga Terhadap Anggota Keluarga Yang Gay)
- Perempuan, Keluarga, Dan Hiv (studi Konstruksi Sosial Hidup Berkeluarga Bagi Perempuan Penderita Hiv/aids Di Kota Surabaya)
|