Catalog :




Detail Article

Komunitas

ISSN 2303-1166

Vol. 4 / No. 2 / Published : 2015-02

TOC : 15, and page :1 - 10

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Konflik redistribusi wewenang buruh pabrik dalam tubuh serikat buruh/pekerja di pt kerja rajasa raya

Author :

  1. M Hisyam Rohman*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

ABSTRAKKonflik redistribusi wewenang buruh pabrik dalam tubuh serikat buruh/pekerja di PT Kerta Rajasa Raya, merupakan pertentangan/konflik internal yang terjadi tentang perebutan wewenang di dalam serikat buruh SPN . Aktor konfliknya adalah para buruh yang tergabung dalam serikat. Dalam studi konflik internal buruh pabrik dalam tubuh serikat buruh/pekerja di PT Kerta Rajasa Raya, memfokuskan pada kajian faktor apa saja yang melatarbelakangi terjadinya konflik internal dan dampak yang ditimbulkan akibat terjadinya konflik internal serikat buruh di perusahaan.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Sampel sebanyak 50 orang responden dengan teknik pengambilan sampel yakni sistematic random sampling. Teori yang digunakan dalam konflik internal serikat buruh menggunakan pemikiran dari Ralf Dahrendorf tentang teori konflik. Yang mengkaji tentang otoritas sebagai sumberdaya yang langka dan diperebutkan.Hasil penelitian dari konflik redistribusi wewenang buruh pabrik dalam tubuh serikat buruh/pekerja di PT Kerta Rajasa Raya, kondisi sosial yang melatarbelakangi terjadinya konflik internal adalah munculnya kepentingan laten dan berubah menjadi kepentingan manifest yakni keinginan akan mendirikan serikat baru di perusahaan. Kondisi tersebut diperkuat juga oleh kebijakan politik mengenai UU No 20 Tahun 2000 . Dampak yang ditimbulkan cenderung bersifat normatif dan tidak sesuai dengan apa yang digambarkan Dahrendorf yakni redistribusi otoritas dan perubahan struktur. Kondisi yang menjadi penghambat laju perkembangan konflik dari kelompok yang bertentangan, merupakan faktor yang menyebabkan dampak tidak sesuai yang diharapkan.

Keyword :

Konflik internal, Otoritas, Kepentingan laten dan manifest, Redistribusi otoritas,


References :

  1. Bungin, Burhan, (2005). Metodelogi Penelitian Kuantititatif. 1 : Jakarta. Prenada Media
  2. Dahrendorf, Ralf, (1986). Konflik dan Konflik Dalam Masyarakat Industri. 1 : Jakarta. CV Rajawali.


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 4 / No. : 2 / Pub. : 2015-02
  1. Gerakan sosial masyarakat pegunungan kendeng utara melawan pembangunan pabrik semen di kabupaten rembang
  2. Relasi kekuasaan di kalangan calon anggota legislatif dalam pemilihan umum legislatif dprd kota surabaya periode 2014-2019
  3. Pelembagaan perilaku mengemis di “kampung pengemis” (studi deskriptif pengemis di desa pragaan daya kecamatan pragaan kabupaten sumenep)
  4. Hegemoni status kesarjanaan pada mahasiswa dan lulusan program sarjana (studi deskriptif pada universitas airlangga)
  5. Gaya hidup brand-minded pada mahasiswa kelas menengah-bawah (studi deskriptif tentang makna di balik tindakan sosial mahasiswa universitas airlangga kelas menengah-bawah pelaku gaya hidup brand-minded)
  6. Mekanisme adaptasi (mekanisme adaptasi pelajar tidak mampu dalam mengkonsumsi kebutuhan fisik di “sma trimurti” surabaya)
  7. Reproduksi kesenjangan sosial pada mahasiswa (studi pada mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi di universitas airlangga)
  8. Hubungan pendidikan vokasional dengan kemandirian anak yatim pasca terminasi pelayanan panti asuhan di kabupaten gresik
  9. Stigmatisasi ibu rumah tangga perokok (studi kualitatif tentang bentuk stigma dan respon ibu rumah tangga yang merokok di surabaya)
  10. Konstruksi sosial orang tua mengenai konsumsi junk food untuk anak di perkotaan (studi deskriptif pada ibu yang memberikan konsumsi junk food pada anak di perumahan manyar kota surabaya)
  11. Konstruksi sosial ibu rumah tangga alkoholik (studi mengenaikonstruksi sosial ibu rumah tangga pecandu minuman beralkohol di kawasan kota surabaya)
  12. Pernikahan campuran dalam komunitas arab (studi tentang penerimaan keluarga perempuan arab terhadap pernikahan campuran di sepanjang)
  13. Dinamika konflik horisontal dalam kasus lumpur lapindo (studi deskriptif mengenai proses terjadinya konflik antar warga dalam penentuan ganti rugi di kasus lumpur lapindo)
  14. Komodifikasi kebahagiaan semu dalam game online (studi tentang konstruksi dan komodifikasi kebahagiaan dalam bermain game online pada gamer dewasa yang telah berkeluarga)
  15. Konflik redistribusi wewenang buruh pabrik dalam tubuh serikat buruh/pekerja di pt kerja rajasa raya
  16. Pergeseran nilai dan dukungan sosial keluarga pada orang tua lanjut usia (studi kasus pada lansia miskin di kabupaten blitar)
  17. Perjokian skripsi dikalangan mahasiswa di pacitan
  18. Pemberian imbalan dalam aktifitas dakwah agama islam (studi pemaknaan ustadz atau ustadzah terhadap pemberian imbalan dalam aktifitas dakwah islam di surabaya)
  19. Akomodasi perkawinan beda agama pada lansia di surabaya (studi tentang strategi mengakomodasi konflik spiritual)
  20. Dramaturgi model wanita
  21. Gerakan mahasiswa pasca reformasi dinamika gerakan mahasiswa fisip unair airlangga menurut aktivis mahasiswa dalam perspektif konstruksi sosial
  22. Penerimaan gay dalam keluarga (studi tentang penerimaan keluarga terhadap anggota keluarga yang gay)
  23. Perempuan, keluarga, dan hiv (studi konstruksi sosial hidup berkeluarga bagi perempuan penderita hiv/aids di kota surabaya)