Catalog :




Detail Article

Komunitas

ISSN 2303-1166

Vol. 5 / No. 1 / Published : 2016-03

TOC : 17, and page :1 - 15

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Perempuan dalam konflik berbasis agama (studi konstruksi sosial dan peran perempuan syiah dalam konflik sunni syiah sampang madura)

Author :

  1. LIFA HESTINA*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Ketika konflik komunal terjadi, pertama-tama mudah dipahami perempuan sebagai salah satu pihak yang paling rentan. Pada kasus Syiah Sampang perempuan dan anak-anak tidak hanya mengalami trauma yang mendalam tetapi berdampak pada pembatasan hak perempuan dan anak untuk hidup dengan layak. Perempuan pengungsi Syiah yang jauh dari akses informasi dan tidak terlibat dalam pengambilan keputusan. Kajian ini memfokuskan pada konstruksi sosial perempuan Syiah terhadap konflik serta peran perempuan Syiah di dalam konflik. Paradigma yang digunakan untuk menjawab permasalahan dalam kajian ini adalah paradigma interpretatif dengan pendekatan yang bersifat konstruktif serta tipe penelitian yang bersifat deskriptif. Teori yang digunakan adalah teori konstruksi sosial (Peter Burger) dan teori patriarki (Sylvia Walby). Informan dalam kajian ini adalah perempuan Syiah yang saat ini tinggal di pengungsian Rusun Puspa Agro Sidoarjo. Teknik pengambilan informan yang digunakan adalah snowball. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dan studi pustaka atau literatur. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini antara lain: (1) Pengetahuan subjektif yang dimiliki perempuan Syiah tentang awal terjadinya konflik disebabkan pertengkaran keluarga, kepentingan politik, serta kedengkian antar tokoh agama di Sampang terhadap Syiah. Akibat dari konflik perempuan mengalami kesedihan dan ketakutan tetapi perempuan Syiah tetap melanjutkan kehidupan sosialnya pasca konflik di pengungsian dengan harapan konflik akan berakhir. (2) Operasi patriaki terhadap perempuan Syiah yakni: melalui pembagian kerja berdasarkan gender dalam rumah tangga yang memaksa perempuan untuk mengambil tanggung jawab utama untuk pekerjaan rumah tangga dan pengasuhan anak, meskipun perempuan sedang dalam pekerjaan penuh-waktu di luar rumah dan patriarki sering ditopang oleh kekerasan laki-laki terhadap perempuan. Peran perempuan dalam konflik lebih dominan di sektor domestik, sedangkan peran langsung terdahap konfliknya sangat pasif. Dalam urusan mengambil keputusan terhadap kepentingan konflik perempuan tidak pernah dilibatkan, apalagi dalam upaya penyelesaian konflik. Saat terjadi konflik perempuan juga mengalami kekerasan verbal maupun non-verbal.

Keyword :

konstruksi sosial, peran perempuan, konflik, patriarki,


References :

  1. Walby, Sylvia, (2014). Teorisasi Patriarki. 1 : Yogyakarta: Jalasutra
  2. Susan, Novri, (2010). Pengantar Sosiologi Konflik dan Isu-isu Konflik Kontemporer. 1 : Jakarta: Kencana, Prenada Media Group
  3. Moleong, Lexy J, (2002). Metode Penelitian Kualitatif. 1 : Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 5 / No. : 1 / Pub. : 2016-03
  1. Konstruksi sosial masyarakat miskin tentang pelayanan bpjs kesehatan
  2. Konflik atas pelanggaran pedoman berbagi hasil hutan kayu antara perhutani kph probolinggo dengan petani di desa papringan, kecamatan klakah, kabupaten lumajang
  3. Respon masyarakat terhadap pesan dan keberadaan mural
  4. Makna kemiskinan (studi fenomenologi pada mahasiswa penerima beasiswa bidik misi universitas airlangga)
  5. Pemaknaan keturunan langsung pemain ludruk pada kesenian ludruk (analisa perspektif interaksionisme simbolik pada keturunan langsung pemain ludruk)
  6. Konstruksi sosial tentang pacaran pada mahasiswi berhijab di universitas islam surabaya
  7. Pengambilan keputusan dalam menentukan pendidikan anak (studi deskriptif pada keluarga yang suaminya tidak bekerja)
  8. Makna kohabitasi bagi pasangan setelah peminangan (studi di desa bandung rejo kecamatan ngasem kabupaten bojonegoro)
  9. Konstruksi sosial obesitas pada kalangan remaja di surabaya (studi deskriptif tentang makna obesitas pada remaja obesitas di surabaya)
  10. Fenomena penggunaan behel gigi sebagai simbol dalam proses interaksi sosial pada kalangan remaja di perkotaan
  11. Membolos dan cabut kelas (studi kualitatif tentang makna membolos dan cabut kelas pada siswa sma negeri 9 surabaya)
  12. Pencitraan diri dalam media sosial path (studi deskriptif pada pelajar sma negeri 2 surabaya)
  13. Dampak sosial ekonomi perubahan tata kelola sumur tua dan strategi adaptasi penambang tradisional di desa wonocolo, kecamatan kedewan, kabupaten bojonegoro
  14. Dampak sosial pembangunan jalur lintas selatan (jls) terhadap kesejahteraan masyarakat desa hutan (studi di desa karanggandu kecamatan watulimo kabupaten trenggalek)
  15. Problematika masyarakat paska program corporate social responsibility (studi paska pelaksanaan program csr oleh pt. pembangkitan jawa bali pada tahun 2010-2012 di kelurahan jambangan dan kelurahan gayungan, surabaya)
  16. Analisis interaksionisme simbolik pada praktik branding rumah sakit universitas airlangga (rsua)
  17. Perempuan dalam konflik berbasis agama (studi konstruksi sosial dan peran perempuan syiah dalam konflik sunni syiah sampang madura)
  18. Dugem remaja putri (studi tentang gaya hidup remaja putri di kota surabaya)
  19. Sales promotion girl (studi tentang stigmatisasi dan makna terhadap pekerjaan sales promotion girl rokok di surabaya)
  20. Relasi kekuasaan dalam interaksi dokter dan pasien pada pemberian layanan kesehatan (studi kualitatif pada dokter dan pasien yang melakukan pengobatan di rumah sakit umum, dr. soetomo, surabaya)
  21. Konstruksi sosial tentang aborsi (deskriptif kualitatif tentang makna aborsi dan reaksi di kalangan mahasiswi surabaya)
  22. Marjinalisasi identitas lesbian di ruang publik (studi kritis ruang publik di kota surabaya)
  23. Perubahan peruntukan lahan pertanian dan pergeseran implementasi konsep tri hita karana (studi kasus pada petani kelurahan ubud, kecamatan ubud, kabupaten gianyar, provinsi bali)
  24. Pemaknaan pengemudi bus harapan jaya atas disiplin berlalu lintas dijalan raya (studi deskriptif mengenai bagaimana pengemudi bus harapan jaya memaknai disiplin berlalu lintas dijalan raya)
  25. Kehidupan buruh petani garam di kecamatan pakal kota surabaya pada tahun 2015
  26. Konstruksi sosial tentang perkawinan bagi kaum gay studi pada pasangan gay yang tinggal di surabaya
  27. Stigma masyarakat ponorogo pada penduduk kampung idiot
  28. Media sosial instagram aktualisasi diri bagi komunitas instameet surabaya
  29. Konstruksi sosial tentang kekerasan pada santriwati yang ada di pondok pesantren salafi (mq) di blitar