Catalog :




Detail Article

Komunitas

ISSN 2303-1166

Vol. 7 / No. 1 / Published : 2018-01

TOC : 24, and page :478 - 497

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Realitas kafe kekinian bagi kalangan mahasiswa pada komunitas instameet surabaya

Author :

  1. Nur Abriani Hidayahtullah *1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Penelitian ini, untuk mengetahui realitas Kafe kekinian bagi kalangan mahasiswa di Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan kerangka pemikiran dari Peter L. Berger mengenai kontruksi kenyataan sosial dengan melihat dimensi obyektif dan subyektif dalam mengkontruksikan Kafe Kekinian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan paradigma konstruktivisme. Metode penentuan informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive dengan tipe penelitian deskriptif. Penelitian ini mengungkapkan bahwa mahasiswa mengkontruksikan kafe kekinian sebagai tempat yang nyaman untuk nongkrong bersama teman-teman dalam durasi waktu yang cukup lama. Selanjutnya, kafe kekinian menjadi tempat yang cocok untuk hunting foto bagi mahasiswa karena kafe kekinian menyediakan spot-spot yang bagus untuk difoto. Mahasiswa lebih cenderung melihat kenyamanan dan desain Kafe dari pada menu makanan yang ditawarkan. Oleh karna itu, mahasiswa lebih mengunjungi Kafe yang menawarkan kriteria tersebut dan memiliki intensitas yang sering untuk mengunjungi sehingga menjadi gaya hidup mahasiswa.

Keyword :

Kontruksi sosial,


References :

  1. Berger, Peter dan Thomas Luckmann. , (2012). Tafsir Sosial Atas Kenyataan: Risalah tentang Sosiologi Pengetahuan.. 1 : Jakarta: LP3ES Indonesia.
  2. Riyanto, Geger., (2009). Peter L Berger: Perspektif Metateori Pemikiran.. 1 : Jakarta: LP3ES Indonesia.


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 7 / No. : 1 / Pub. : 2018-01
  1. Konstruksi sosial penghayat kerohanian sapta darma (ksd) terhadap ajaran ksd dalam kehidupan sosial (studi di sanggar agung candi busana sapta darma kecamatan pare kabupaten kediri)
  2. Mekanisme survival pemilik wisma studi deskriptif tentang mekanisme survival pemilik wisma menengah kebawah di gang dolly pasca penutupan lokalisasi dolly
  3. Makna hiv/aids di kalangan isteri odha (orang dengan hiv/aids) (studi tentang latar belakang perempuan isteri odha dalam perspektif fenomenologi di kota surabaya)
  4. Konstruksi sosial perubahan perilaku suporter persebaya
  5. Perilaku konsumtif atlet (studi tentang perilaku konsumtif di kalangan atlet basket surabaya fever dan cls knights kota surabaya)
  6. Cyberbullying di kalangan pelajar smp (studi tentang pelaku cyberbullying di kalangan pelajar smp di surabaya)
  7. Praktik pengobatan metode rajah (studi tentang motif pilihan orientasi kesehatan tradisional pada masyarakat di kecamatan rengel kabupaten tuban)
  8. Pernikahan beda agama (studi kasus pada pasangan pernikahan beda agama katolik dengan islam di keuskupan surabaya)
  9. Konstruksi sosial tentang golput di kalangan mahasiswa fisip unair (studi konstruksi sosial tentang golput yang dilakukan oleh mahasiswa fisip unair pada pemilu presiden tahun 2014)
  10. Gerakan perempuan melawan korporasi tambang (studi perspektif gender di pegunungan kendeng utara, kecamatan gunem, kabupaten rembang, provinsi jawa tengah)
  11. Konstruksi sosial tradisi lamaran ndudut mantu pada masyarakat desa centini lamongan
  12. Perilaku kesehatan reproduksi pekerja seks komersial (psk) pasca penutupan lokalisasi dupak bangunsari surabaya
  13. Mitigasi bencana alam berbasis kearifan lokal dalam masyarakat desa rawan bencana
  14. Mekanisme survival istri pada keluarga buruh nelayan (studi pada istri buruh nelayan dusun muncar desa kedungrejo banyuwangi)
  15. Pola tindakan dalam mengatasi masalah kesehatan masyarakat korban banjir (studi deskriptif tentang mekanisme survival terhadap situasi bencana banjir di kabupaten lamongan)
  16. Pengambilan keputusan pada remaja yang mengalami kehamilan di luar nikah (studi di kabupaten mojokerto jawa timur)
  17. Keterlibatan anak dalam kegiatan adu doro di kelurahan kapas madya baru kecamatan tambaksari kota surabaya
  18. Kontruksi masyarakat tentang perhitungan weton dalam tradisi pra perkawinan adat jawa (studi didusun petak desa beged kecamatan ngayam kabupaten bojonegoro)
  19. Proses adaptasi sosial para penyandang tunanetra dalam kehidupan sehari-hari (studi deskriptif pada para penyandang tunanetra di komunitas mata hati)
  20. Reaksi keluarga penderita ispa terhadap dampak industri (studi tentang resistensi keluarga penderita ispa terhadap pt petrokimia gresik di desa roomo, kecamatan manyar, kabupaten gresik )
  21. Hangout pada masyarakat urban studi gaya hidup dan ersatz pada konsumen starbucks coffee shop di kota surabaya
  22. Pemaknaan persaudaraan (studi tentang pemaknaan persaudaraan dalam pencak silat persaudaraan setia hati terate di ukm universitas airlangga surabaya)
  23. Resistensi masyarakat terhadap pembangunan hotel the rayja di desa bulukerto kecamatan bumiaji kota batu
  24. Realitas kafe kekinian bagi kalangan mahasiswa pada komunitas instameet surabaya
  25. Perilaku merokok remaja (perilaku merokok sebagai identitas sosial remaja dalam pergaulan di surabaya)
  26. Remaja dalam fenomena balap liar (studi kasus tentang remaja yang menjadi anggota kelompok balap liar di jombang)
  27. Pembentukan identitas kelompok pada grup musik keroncong liwet di kota surabaya
  28. Sman 5 surabaya sebagai sekolah prestige melalui kelas cerdas istimewa
  29. Pendidikan religiositas sebagai pembentuk habitus keberagamaan siswa (studi di sma santa maria surabaya)
  30. Gerakan sosial petani kedungdendeng (studi kasus: gerakan perlawanan petani terhadap bkph ploso barat dusun kedungdendeng desa jipurapah kabupaten jombang)
  31. Stigma pada masyarakat “kampung gila” di desa paringan kecamatan jenangan kabupaten ponorogo
  32. Strategi adaptasi orkes keroncong “new victory” terhadap budaya populer di surabaya
  33. Makna rehabilitasi pada anak “delinkuen” (studi tentangpemaknaanrehabilitasibagianak“delinkuen” di upt perlindungandanrehabilitasisosialmarsudi putra kota surabaya)
  34. Mahasiswa dan instagram (study tentang instagram sebagai sarana membentuk citra diri di kalangan mahasiswa universitas airlangga)
  35. “panopticon” di liponsos keputih surabaya (studi tentang praktik dominasi dalam relasi kuasa antara penghuni dengan pihak liponsos keputih surabaya dan resistensi penghuni)