Catalog :




Detail Article

Komunitas

ISSN 2303-1166

Vol. 4 / No. 2 / Published : 2015-02

TOC : 7, and page :1 - 10

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Reproduksi kesenjangan sosial pada mahasiswa (studi pada mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi di universitas airlangga)

Author :

  1. Esty Okta Suryaninghar*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

AbstrakKesenjangan sosial adalah suatu realitas yang telah melekat dalamkehidupan bermasyarakat, tak terkecuali kesenjangan sosial yang terjadi dalamdunia pendidikan khususnya dalam penelitian ini adalah di perguruan tinggi.Penelitian yang berjudul “Reproduksi Kesenjangan Sosial Pada Mahasiswa (StudiPada Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi di Universitas Airlangga)”menjawab permasalahan tentang bagaimana proses reproduksi kesenjangan sosialyang dialami oleh mahasiswa, terutama mahasiswa penerima beasiswa bidikmisidi Universitas Airlangga.Untuk menjawab permasalahan tersebut digunakan teoritisasi dari PierreBourdieu mengenai praktik sosial yang menggunakan konsep habitus, modal,ranah sebagai kerangka teoritis untuk menjelaskan fenomena kesenjangan sosialyang dialami mahasiswa bidikmisi di Universitas Airlangga, denganmenggunakan paradigma perilaku sosial yang menggunakan pendekatan kualitatifdan tipe penelitian deskriptif serta cara menentukkan subjek penelitianmenggunakan teknik purposive.Penelitian ini tidak mempermasalahkan kesenjangan sosial sebagai suatuperilaku salah atau benar, tapi bagaimana menjelaskan kesenjangan sosial yangdialami oleh mahasiswa bidikmisi di Universitas Airlangga. Dari hasil penelitian,kesenjangan sosial yang dialami oleh mahasiswa bidikmisi di UniversitasAirlangga karena adanya pelaku sosial atau aktor yang menjalankan habitus akibatadanya struktur yang ada di kampus sebagai ruang sosial dengan didukung olehmodal yang dimiliki. Reproduksi kesenjangan sosial itu terbentuk karena adanyahabitus yaitu organisasi baru yakni organisasi mahasiswa bidikmis UniversitasAirlangga, perilaku belajar mahasiswa, kemudahan akses dan fasilitas serta gayahidup.

Keyword :

kesenjangan sosial, habitus, mahasiswa bidikmisi,


References :

  1. Denzin, K. Norman & Lincon, (2009). Handbook Qualitative Research. 1 : Yogyakarta : Pustaka Pelajar
  2. Haryatmoko, (2008). Sekolah Alat Reproduksi Kesenjangan Sosial, Analisis Kritis Pierre Bourdieu. No. 07-08. juli – agustus. h.12 : Basis


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 4 / No. : 2 / Pub. : 2015-02
  1. Gerakan sosial masyarakat pegunungan kendeng utara melawan pembangunan pabrik semen di kabupaten rembang
  2. Relasi kekuasaan di kalangan calon anggota legislatif dalam pemilihan umum legislatif dprd kota surabaya periode 2014-2019
  3. Pelembagaan perilaku mengemis di “kampung pengemis” (studi deskriptif pengemis di desa pragaan daya kecamatan pragaan kabupaten sumenep)
  4. Hegemoni status kesarjanaan pada mahasiswa dan lulusan program sarjana (studi deskriptif pada universitas airlangga)
  5. Gaya hidup brand-minded pada mahasiswa kelas menengah-bawah (studi deskriptif tentang makna di balik tindakan sosial mahasiswa universitas airlangga kelas menengah-bawah pelaku gaya hidup brand-minded)
  6. Mekanisme adaptasi (mekanisme adaptasi pelajar tidak mampu dalam mengkonsumsi kebutuhan fisik di “sma trimurti” surabaya)
  7. Reproduksi kesenjangan sosial pada mahasiswa (studi pada mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi di universitas airlangga)
  8. Hubungan pendidikan vokasional dengan kemandirian anak yatim pasca terminasi pelayanan panti asuhan di kabupaten gresik
  9. Stigmatisasi ibu rumah tangga perokok (studi kualitatif tentang bentuk stigma dan respon ibu rumah tangga yang merokok di surabaya)
  10. Konstruksi sosial orang tua mengenai konsumsi junk food untuk anak di perkotaan (studi deskriptif pada ibu yang memberikan konsumsi junk food pada anak di perumahan manyar kota surabaya)
  11. Konstruksi sosial ibu rumah tangga alkoholik (studi mengenaikonstruksi sosial ibu rumah tangga pecandu minuman beralkohol di kawasan kota surabaya)
  12. Pernikahan campuran dalam komunitas arab (studi tentang penerimaan keluarga perempuan arab terhadap pernikahan campuran di sepanjang)
  13. Dinamika konflik horisontal dalam kasus lumpur lapindo (studi deskriptif mengenai proses terjadinya konflik antar warga dalam penentuan ganti rugi di kasus lumpur lapindo)
  14. Komodifikasi kebahagiaan semu dalam game online (studi tentang konstruksi dan komodifikasi kebahagiaan dalam bermain game online pada gamer dewasa yang telah berkeluarga)
  15. Konflik redistribusi wewenang buruh pabrik dalam tubuh serikat buruh/pekerja di pt kerja rajasa raya
  16. Pergeseran nilai dan dukungan sosial keluarga pada orang tua lanjut usia (studi kasus pada lansia miskin di kabupaten blitar)
  17. Perjokian skripsi dikalangan mahasiswa di pacitan
  18. Pemberian imbalan dalam aktifitas dakwah agama islam (studi pemaknaan ustadz atau ustadzah terhadap pemberian imbalan dalam aktifitas dakwah islam di surabaya)
  19. Akomodasi perkawinan beda agama pada lansia di surabaya (studi tentang strategi mengakomodasi konflik spiritual)
  20. Dramaturgi model wanita
  21. Gerakan mahasiswa pasca reformasi dinamika gerakan mahasiswa fisip unair airlangga menurut aktivis mahasiswa dalam perspektif konstruksi sosial
  22. Penerimaan gay dalam keluarga (studi tentang penerimaan keluarga terhadap anggota keluarga yang gay)
  23. Perempuan, keluarga, dan hiv (studi konstruksi sosial hidup berkeluarga bagi perempuan penderita hiv/aids di kota surabaya)