Catalog :




Detail Article

Komunitas

ISSN 2303-1166

Vol. 6 / No. 2 / Published : 2017-06

TOC : 16, and page :1 - 15

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Sales promotion boy (studi tentang alienasi pada kalangan sales promotion boy kosmetik di surabaya)

Author :

  1. Winda Annissa Syu’ara*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Penelitian ini mengkaji tentang suatu alienasi atau keterasingan yang dialami oleh pekerja khususnya Sales promotion boy di perusahaan produk-produk kosmetik di Surabaya. Sales promotion boy yang merupakan ujung tombak suatu perusahaan ini merupakan alat-alat yang menguntungkan bagi perusahaan. Namun, pada saat bekerja terdapat Sales promotion boy mengalami ketidaknyamanan bekerja karena dalam bekerja dituntut untuk mencapai target-target penjualan yang besar bagi perusahaan.             Metode penelitian yang digunakan untuk menjawab permasalahan dalam kajian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teori yang digunakan adalah Teori Alienasi atau keterasingan dalam pekerjaan dari Karl Marx menjelaskan bahwa alienasi dapat dilihat dari adanya suatu alienasi pada produk(produktivitas), alienasi pada hubungan kerja, dan alienasi pada potensi manusia. Penelitian ini memilih Sales promotion boy yang bekerja di produk-produk kosmetik di Kota Surabaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah snowball. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam.             Hasil penelitian ini menemukan bahwa masih terdapat Sales promotion boy yang mengalami kondisi tertekan saat bekerja yaitu bekerja dengan sistem target yang tidak sesuai kemampuannya. Sales promotion boy pun tidak berkuasa untuk mengambil keputusan atas kebutuhan pembeli. Adanya sistem target dapat menimbulkan hubungan kerja merenggang karena ini merupakan akibat adanya persaingan kerja dengan rekan kerja. Sales promotion boy pun memiliki potensi diri yang terhitung sedikit untuk mengembangkan kemampuan berkaitan pekerjaannya di tempat kerja.

Keyword :

Alienasi, Sales Promotion Boy,


References :

  1. Berry, David, (2003). Pokok-Pokok Pikiran Dalam Sosiologi. ke-1 : Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
  2. Kosidin, Koko, (1999). Perjanjian Kerja Perjanjian Perburuhan dan Peraturan Perusahaan.. ke-1 : Bandung: Mandar Maju.
  3. Mulyana,Ahmad, (2015). Gaya Hidup Metroseksual Perspektif Komunikasi. . ke-1 : Jakarta: PT Bumi Aksara.


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 6 / No. : 2 / Pub. : 2017-06
  1. Interaksi sosial korban perkosaan di kabupaten tuban (studi kasus stigma negatif dan diskriminasi masyarakat kepada korban perkosaan)
  2. Pemalsuan ijazah di kalangan buruh pabrik (studi kualitatif mengenai tindakan sosial dan stigmatisasi pelaku pemalsuan ijazah di kabupaten bekasi)
  3. Makna kartu bpjs kesehatan di kalangan masyarakat pendhalungan (studi pada peserta penerima bantuan iuran di kelurahan mangli kecamatan kaliwates kabupaten jember)
  4. Tipologi kemiskinan pada perempuan madura (studi pada kepala rumah tangga perempuan miskin di desa lajing kecamatan arosbaya kabupaten bangkalan madura)
  5. Wacana tokoh nu (nahdlatul ulama) terhadap keberadaan jamaah ahmadiyah di indonesia
  6. Lansia yang menghuni panti werdha (studi kasus orang tua yang dititipkan di panti werdha hargo dedali surabaya pada etnis jawa)
  7. Konstruksi sosial pelaku bisnis destinasi wisata puncak bogor atas city branding “ a land of harmony “
  8. Jurnal ilmu sosial dan ilmu politik fenomena meningkatnya gugatan cerai oleh kalangan wanita karier di surabaya (studi deskriptif terhadap kalangan wanita karier yang menggugat cerai suami di kota surabaya)
  9. Konstruksi sosial keberadaan joki motor cilik pada kalangan komunitas drag race di kota surabaya
  10. Penyimpangan di rusun penjaringansari surabaya
  11. Lansia pensiunan dalam menghadapi masalah post-power syndrome
  12. Strategi adaptasi dalam menjaga eksistensi mikrolet (studi deskriptif mengenai strategi adaptasi dalam menghadapi persaingan mikrolet di kota malang)
  13. Makna suplemen kebugaran bagi penggemar aktivitas fitness di surabaya ( studi deskriptif kualitatif makna suplemen instant pembentuk tubuh di kota surabaya )
  14. Pelacuran terselubung dalam bisnis karaoke (studi pilihan rasional pada pemberi jasa karaoke di karaoke “ss” kota surabaya)
  15. Keberlanjutan usaha tani cengkeh (studi sosiologi di “desa cengkeh” wonosalam jombang)
  16. Sales promotion boy (studi tentang alienasi pada kalangan sales promotion boy kosmetik di surabaya)
  17. Strategi mempertahankan status perkawinan pasangan married by accident di kecamatan rejoso kabupaten nganjuk
  18. Orientasi kesehatan penderita hemofilia dalam proses pengobatan (studi kualitatif tentang tindakan sosial penderita hemofilia di rsud dr. soetomo surabaya)
  19. Pelecehan seksual di cafe and pub (konstruksi sosial tentang pelecehan seksual para pengunjung cafe and pub di kota surabaya)