Catalog :




Detail Article

Komunitas

ISSN 2303-1166

Vol. 6 / No. 1 / Published : 2017-01

TOC : 2, and page :23 - 41

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Tindakan sosial pedagang angkringan dalam penerapan phbs (perilaku hidup bersih dan sehat) di surabaya

Author :

  1. ANDI ANISHA TRIASTAMI FAJRIN*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Angkringan adalah salah satu tempat makan tradisionl yang dimiliki Indonesia, dengan. Oleh karena itu, pemilik angkringan harus memiliki perilaku kebersihan dan kesehatan (PHBS). PHBS merupakan program promosi kesehatan. Kebersihan dan kesehatan sangat berkaitan hubungannya dalam mewujudkan kesehatan masyarakat, mulai dari diri sendiri, orang lain, maupun lingkungan dan sosial, jika PHBS di remehkan, maka banyak virus atau bakteri penyakit yang akan terjadi di Angkringan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Perilaku Kesehatan dari Lawrence Green serta teori Tindakan Sosial dari Max Weber. Paradigma yang digunakan adalah Definisi Sosial bertujuan untuk mendapatkan gambaran umum tentang perilaku pedagang angkringan dalam penerapan PHBS beserta tindakan sosialnya. Penelitian ini dilakukan di Surabaya Timur dengan informan enam pedagang, dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling pada Pedagang Angkringan yang berada di pinggir jalan, dengan menggunakan tenda, penerangan lampu seadanya serta menggunakan gerobak layaknya Angkringan pada umumnya. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah pedagang angkringan memiliki pengetahuan akan pentingnya kebersihan dan kesehatan khususnya dalam berdagang makanan dan minuman khususnya untuk diri sendiri, konsumen, lingkungan maupun sosial. Perilaku kesehatan yang kurang juga ditemukan di pedagang angkringan khususnya dalam kebersihan tempat atau lingkungan serta kebersihan makanan yang kurang mendapatkan perhatian seperti terkena polusi udara dan sebagainya. Tindakan pedagang angkringan dalam penerapan PHBS banyak didasari oleh (Zwerk Rational) kesadaran dan pertimbangan.

Keyword :

PHBS, perilaku kesehatan, pedagang angkringan,


References :

  1. Amirulloh, (2002). Perilaku Kesehatan. ke-1 : Yogyakarta: Graha Ilmu
  2. Ariadi, Drs. Septi, (2011). Buku Ajar Mata Kuliah: Sosiologi Kesehatan. Departemen Sosiologi.. ke-1 : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Airlangga. Surabaya
  3. Sugiyono, (2014). Memahami Penelitian Kualitatif.. ke-1 : Bandung: Alfabeta


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 6 / No. : 1 / Pub. : 2017-03
  1. Makna bekerja bagi pengerajin batik (study di desa “batik” sumurgung kabupaten tuban)
  2. Tindakan sosial pedagang angkringan dalam penerapan phbs (perilaku hidup bersih dan sehat) di surabaya
  3. Perilaku anggota komunitas punk di surabaya ( studi deskriptif pada komunitas punk di surabaya)
  4. Sosialisasi orangtua mengenai pendidikan seksual pasca pubertas pada anak penyandang tunagrahita (studi mengenai proses orang tua dalam mensosialisasikan pendidikan seksual pasca pubertas pada remaja putri dengan retradasi mental di slb-c putra mandiri kota surabaya)
  5. Makna produk indie clothing pada kalangan mahasiswa urban di kota surabaya
  6. Citra polisi lalu lintas di mata masyarakat di surabaya barat
  7. Pergeseran okupasi masyarakat sekitar eks dolly
  8. Perilaku sosial remaja pengguna minuman beralkohol (studi deskriptif tentang perilaku remaja pengguna minuman beralkohol dalam tinjauan teori dramaturgi di kota surabaya)
  9. Proses adaptasi single parent pada keluarga militer (studi pada istri dengan suami yang tersangkut kasus hukum pidana militer)
  10. Perjodohan pernikahan mubarak di hidayatullah (studi kasus di pondok pesantren hidayatullah surabaya)
  11. Strategi adaptasi anak kyai (gus) pelaku kenakalan di masyarakat (studi deskriptif tentang konsep diri dan strategi adaptasi anak kyai (gus) pelaku kenakalan terhadap stigma yang ada di masyarakat)
  12. Konstruksi sosial masyarakat tentang penggusuran lahan (studi kasus penggusuran lahan di wilayah kelurahan gunung anyar)
  13. Keputusan berwirausaha para mantan pegawai di kota surabaya
  14. Pola tidur dan kesehatan jasmani lansia (studi deskriptif pada lansia di panti werdha usia surabaya)
  15. Komodifikasi busana muslim ( studi di perusahaan busana muslim gaby surabaya)
  16. Eksistensi pedagang kaki lima di pasar maling wonokromo surabaya
  17. Pengasuhan keluarga single parent terhadap anak berkebutuhan khusus (studi deskriptif tentang pengasuhan single parent ibu terhadap anak berkebutuhan khusus )
  18. Strategi buruh migran dalam menghadapi persaingan kerja di era mea
  19. Pola pengasuhan anak terlantar (studi pemenuhan hak anak di panti sosial asuhan balita sidoarjo)