Catalog :




Detail Article

Libri-Net

ISSN

Vol. 3 / No. 3 / Published : 2014-11

TOC : 14, and page :256 - 274

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Analisa kesesuaian harapan dan persepsi pengguna ( mahasiswa sejarah ) mengenai kualitas layanan arsip berdasarkan lima ( 5 ) dimensi kualitas jasa ( servqual ) di badan perpustakaan dan kearsipan provinsi jawa timur

Author :

  1. lagza Lasita Putri*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Pelayanan arsip sebagai bentuk pelayanan publik merupakan rangkaian kegiatan dalam rangkapemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan untuk memenuhi hak milik masyarakat atau warga Negara. Kualitas layanan merupakan alat ukur yang digunakanuntuk mengetahui seberapa bagus tingkat layanan yang diberikan mampu sesuai dengan harapan pengguna. Penelitian ini dilakukan di Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur (BAPERPUSIP). Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui kualitas dari layananarsip yang tersedia di Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur dengan membandingkan antara tingkat harapan dan tingkat persepsi pengguna berdasarkan 5 dimensidalam konsep Servqual. Metode penelitian dalam skripsi ini adalah kuantitatif deskriptifeksplanatif, dengan alat pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner, dimana sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah respondenadalah 100 mahasiswa sejarah (UNAIR,UNESA, dan UINSA). Pengukuran variabel menggunakan skala Linkert, untuk pengujian hipotesis dilakukan Uji Ranking Bertanda Wilcoxon pada tingkat kepercayaan 95% (α = 5%). Berdasarkan hasil analisa data, disimpulkan bahwa dimensi empati merupakan dimensi yang memiliki skor jenjang antara persepsi dan harapan yang terendah diantara dimensi-dimensi lainnya. Selain itu, mengenai kualitas layanan arsip di BAPERPUSIP juga terjadi ketidaksesuaian antara harapan dan persepsi pengguna dengan arah ketidaksesuaian yaitu negatif di masing-masing dimensi (reliabilitas, daya tanggap,jaminan, empati, dan bukti fisik) yang berarti bahwa pengguna layanan arsip merasa tidak puas atas layanan yang mereka terima, dimana harapan mereka lebih tinggi dari pada persepsinya mengenai kualitas layanan arsip di BAPERPUSIP.

Keyword :

Kualitas Layanan, Layanan Arsip, Layanan Publik, Servqual,


References :

  1. Ashri, Muhammad , (2007). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pekanggan pada Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang. Malang : Universitas Islam Negeri Malang.
  2. Firdaus, Kemas Dzimisqi., (2009). “Analisa Dimensi Kualitas Jasa Perpustakaan Stikom. Surabaya : Universitas Airlangga.
  3. Juniati, Anak Agung Ayu , (2012). Analisis Kinerja Pengelolaan Kearsipan Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Kota Denpasar. Denpasar : Universitas Udayana


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 3 / No. : 3 / Pub. : 2014-08
  1. Analisa kesesuaian harapan dan persepsi pengguna ( mahasiswa sejarah ) mengenai kualitas layanan arsip berdasarkan lima ( 5 ) dimensi kualitas jasa ( servqual ) di badan perpustakaan dan kearsipan provinsi jawa timur
  2. Makna perpustakaan sekolah (studi fenomenologi tentang makna perpustakaan sekolah oleh kepala sma negeri di kabupaten jember)
  3. Persepsi pemustaka terhadap perpustakaan desa (studi deskriptif tentang persepsi pemustaka terhadap perpustakaan desa di 11 desa, kabupaten sidoarjo)
  4. Perilaku penemuan informasi ( information seeking behavior ) mubalig muhammadiyah ( studi deskriptif mengenai perilaku penemuan informasi di
  5. Kualitas layanan elektronik di perpustakaan kampus b unair surabaya (studi deskriptif tentang kualitas layanan elektronik journal di perpustakaan kampus b unair surabaya)
  6. Keterpakaian koleksi fiksi dan motivasi kunjungan siswa di perpustakaan smp khadijah surabaya (studi deskriptif keterpakaian koleksi fiksi dan motivasi kunjungan di perpustakaan smp khadijah surabaya)
  7. Evaluasi program taman bacaan masyarakat (tbm) (studi deskriptif tentang evaluasi program penyelenggaraan tbm di badan arsip dan perpustakaan kota surabaya)
  8. “persepsi pengguna terhadap kualitas koleksi di perpustakaan umum kota surabaya”
  9. Rationality of tbm management in yogyakarta city
  10. Hubungan iklim komunikasi organisasi terhadap kepuasan kerja staf perpustakaan pada perpustakaan institut teknologi sepuluh nopember
  11. Analisis indeks kepuasan masyarakat terhadap layanan di badan perpustakaan dan arsip daerah kabupaten lamongan
  12. Motivasi kerja pengelola arsip skpd di kabupaten sidoarjo
  13. Pengaruh kompetensi individu (individual competence) terhadap literasi media internet di kalangan santri (studi eksplanatif tentang pengaruh technical skills, critical undestanding dan communicative abilities terhadap literasi media internet di kalangan santri pondok pesantren bahrul ‘ulum jombang)
  14. Hubungan kompetensi profesional pustakawan dengan prestasi kerja pada perpustakaan perguruan tinggi negeri di kota surabaya ( study eksplanatif tentang kompetensi profesional pustakawan dengan prestasi kerja pada perpustakaan perguruan tinggi negeri kota surabaya)
  15. Analisis paro hidup literatur pada jurnal information research periode 2008-2011 ( studi kajian bibliometrika pada information research : an international electronic journal )
  16. Kesenjangan digital di kalangan guru smp (studi deskriptif mengenai kesenjangan aksesibilitas dan kapabilitas teknologi informasi di kalangan guru smp kecamatan krian)
  17. Pengetahuan pengklasifikasi tentang pengorganisasian informasi pada perpustakaan perguruan tinggi negeri di surabaya
  18. Motivasi dan perilaku plagiat di kalangan siswa sma : persepsi siswa terhadap perilaku plagiat dan motivasi siswa dalam melakukan tindak plagiat di kalangan siswa sma cita hati surabaya
  19. Analysis usefull collection (descriptive study of college library collections keterpakaian level b airlangga university surabaya)
  20. Perilaku pemanfaatan akun twitter (studi deskriptif tentang perilaku pemanfaatan akun twitter @e100ss sebagai media pemenuhan kebutuhan informasi pengguna jalan raya di kota surabaya)
  21. Kualitas layanan (service quality) pada kantor pertanahan kota surabaya i
  22. Analisis faktor-faktor produktivitas kerja pada pegawai perpustakaan its
  23. Pengaruh self efficacy terhadap perilaku penemuan informasi siswa sma dalam menghadapi ujian nasional
  24. Kondisi kinerja pns di badan arsip dan perpustakaan kota surabaya (studi deskriptif pada badan arsip dan perpustakaan kota surabaya yang mengamati tentang kondisi kinerja pns)
  25. Peran komunitas online fanfiction dalam mengembangkan literasi media sebagai praktik reproduksi kultural
  26. Karakteristik kolektor barang antik : suatu kajian leisure studies tentang empat elemen yang mempengaruhi karakter kolektor
  27. Persepsi para pengambil kebijakan terhadap implementasi undang – undang ri no 43 tahun 2009 tentang kearsipan pada badan perpustakaan dan kearsipan propinsi jawa timur
  28. Penjiwaan profesionalisme pustakawan
  29. Marketing mix pada perpustakaan bank indonesia surabaya