Catalog :




Detail Article

Libri-Net

ISSN

Vol. 5 / No. 3 / Published : 2016-03

TOC : 20, and page :39 - 40

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Analisis kualitas self-service perpanjangan online di perpustakaan universitas surabaya (ubaya)

Author :

  1. Ahmad Hilmi*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Pada penelitian ini, peneliti ingin mengetahui dan menggambarkan mengenai kualitas website layanan perpanjangan online di perpustakaan Universitas Surabaya (Ubaya) dengan menggunakan lima dimensi kualitas layanan online yang dikemukakan oleh Saha dan Zhao (2005) yaitu efficiency, reliability, responsiveness, fulfillment, privacy. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini berasal dari mahasiswa aktif Ubaya yang pernah menggunakan layanan perpanjangan online dengan jumlah sampel sebanyak 97 orang. Penarikan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu purposive sampling, dimana metode penarikan ini menggunakan sampel yang diambil dengan menetapkan kriteria dan pertimbangan sebelumnya. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, wawancara, dan dokumen. Selanjutnya pengukuran variabel yang digunakan yaitu sesuai dengan skala Likert dengan lima skala penilaian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa total rata-rata kualitas layanan self-service perpanjangan online di perpustakaan Ubaya yaitu sebesar 3,79 yang dikategorikan kedalam status baik. Hasil total rata-rata ini didapatkan berdasarkan nilai rata-rata yang dimiliki kelima dimensi kualitas layanan online, antara lain efficiency (4,24), reliability (3,21), responsiveness (3,94), fulfillment (4,07), dan privacy (3,53).

Keyword :

layanan mandiri, kualitas layanan online, perpanjangan online, perpustakaan Ubaya,


References :

  1. Einasto, Olga, (2014). E-Service Quality Criteria in University Library: A Focus Group Study. 561-566 : Procedia: Social and Behavioral Sciences
  2. Ladhari, Riadh, (2010). Developing E-Service Quality Scales: A Literature Review. 464-477 : Journal of Retailing and Consumer Services


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 5 / No. : 3 / Pub. : 2016-03
  1. Kualitas aplikasi mobile go jek di kalangan masyarakat kota surabaya (study deskriptif kualitas dan kesuksesan sistem teknologi informasi aplikasi go jek)
  2. Respon netizen terhadap meme tentang perpustakaan
  3. Kualitas layanan perpustakaan umum kabupaten tulungagung
  4. Perilaku penemuan informasi mahasiswa disabilitas pendengaran di pusat studi dan layanan disabilitas universitas brawijaya malang
  5. Continuing professional development (pengembangan profesionalitas berkelanjutan) pada profesi pustakawan di perpustakaan perguruan tinggi negeri di surabaya
  6. Tingkat burnout pustakawan pada perpustakaan perguruan tinggi di surabaya (studi deskritif mengenai kondisi tingkat burnout pustakawan pada perpustakaan unair, upt perpustakaan its, perpustakaan uk petra, perpustakaan unika widya mandala)
  7. Konstruksi identitas diri blogger pada blog tentang kepustakawanan
  8. Motivasi siswa dalam memanfaatkan perpustakaan sekolah pada sekolah dasar (sd) di tulungagung (studi deskriptif tentang motivasi siswa dalam memanfaatkan perpustakaan sekolah pada sd negeri 1 kampung dalem, sd negeri moyoketen, dan sd islam al-badar)
  9. Perilaku penemuan informasi (information seeking behavior) siswa sma dalam persiapan memasuki perguruan tinggi
  10. Efektivitas program layanan kartu sakti pada fkp2tn di surabaya
  11. Tingkat pemahaman arsiparis tentang kesehatan dan keselamatan kerja ( studi deskriptif tingkat pemahaman arsiparis tentang kesehatan dan keselamatan kerja di lembaga kearsipan daerah istimewa yogyakarta)
  12. Pemanfaatan layanan perpustakaan keliling bagi pengguna di kota surabaya
  13. Literasi informasi mahasiswa teknik
  14. Makna kuasa pustakawan (studi kualitatif tentang makna kuasa pustakawan di badan perpustakaan dan kearsipan provinsi jawa timur)
  15. Pemanfaatan media internet oleh anak penyandang disabilitas netra di slb-ypab (yayasan pendidikan anak buta) di kota surabaya
  16. Pemanfaatan internet di kalangan uk mapanza unair dalam mengakses informasi reproduksi sehat
  17. Kekuatan musik pada perkembangan zaman di perpustakaan
  18. Sikap pustakawan di badan perpustakaan dan kearsipan provinsi jawa timur tentang penulisan karya ilmiah
  19. Peran orang tua dan guru dalam mengembangkan literasi dini (early literacy) di kabupaten sidoarjo
  20. Analisis kualitas self-service perpanjangan online di perpustakaan universitas surabaya (ubaya)
  21. Pengaruh knowledge management terhadap kinerja karyawan pt. pln distribusi jawa timur
  22. Analisis kebutuhan informasi (information need assessment) lansia di kota surabaya
  23. Uji recall and precision sistem temu kembali informasi opac perpustakaan its surabaya
  24. Digital information fluency pada mahasiswa universitas airlangga
  25. Budaya literasi di kalangan komunitas pramuka buku
  26. Promosi pepustakaan menggunakan jejaring sosial facebook (studi deskriptif mengenai tanggapan pengguna terhadap facebook sebagai media promosi perpustakaan di perpustakaan universitas airlangga)