Catalog :




Detail Article

Libri-Net

ISSN

Vol. 7 / No. 3 / Published : 2018-11

TOC : 29, and page :85 - 88

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Budaya partisipatori pada pengikut akun resmi e100 suara surabaya

Author :

  1. Adhi Kurniawan*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Berpartisipasi pada laman jejaring media sosial E100 adalah upaya dalam memberikan dan/ atau memenuhi kebutuhan informasi terbaru yang terjadi pada seputar kota Surabaya dan sekitarnya. Jangkauan akun resmi E100 yang luas membuat  para pencari informasinya berinteraksi pada laman jejaring tersebut. Laman yang dikonstruksi sebagai media warga ini berkonsep partisipatori dalam memenuhi kebutuhan pengikutnya. Ketersediaan informasi yang tergantung pada partisipator ini merupakan tantangan tersendiri bagi E100 dalam memenuhi kebutuhan pengikutnya. Namun, berkat adanya tindakan partisipatori dari banyak pengikutnya, kebutuhan-kebutuhan informasi dapat terpenuhi. Fenomena ini  merupakan keunikan tersendiri dimana sebuah tindakan yang berulang-ulang menjadi sebuah budaya dalam memproduksi informasi dan mengkonsumsi informasi. Budaya yang dinamakan budaya partisipatoris ini tumbuh subur dikalangan pengikut E100, yang notabene konsep E100 dan Suara Surabaya itu sendiri adalah jurnalisme warga yang mengandalkan partisipasi pendengar pada radio atau pengikutnya pada media sosial.

Keyword :

Media sosial, budaya partisipasi, produksi informasi, konsumsi informasi, tindakan sosial,


References :

  1. Tjondro, Timmy., (1998). Motivasi-motivasi Pendengar dalam Partisipasi Interaktifnya di Program Kelana Kota Radio SUara Surabayaa FM Stereo.. - : Surabaya: Program Paskasarjana Universitas Surabaya
  2. Varon, Bension, (2011). The Promise of the Present and the Shadow of the Past.. - : Indiana: Xlibris Corporation


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 7 / No. : 3 / Pub. : 2018-11
  1. Perilaku penemuan informasi pada profesi perawat (studi deskriptif perilaku penemuan informasi pada perawat rsu haji surabaya)
  2. Analisis kualitas sistem aplikasi m-library di perpustakaan universitas gadjah mada
  3. Analisis faktor berbagi pengetahuan pada karyawan perpustakaan institut teknologi sepuluh nopember (its) surabaya (studi deskriptif pada program morning enlighment)
  4. Pengaruh dimensi kualitas layanan repository e-theses terhadap kepuasan pengguna elektronik : studi eksplanatif pengaruh e-servqual di pusat perpustakaan uin maulana malik ibrahim malang
  5. Perilaku penemuan informasi komunitas biker penggemar otomotif di sidoarjo
  6. Budaya partisipatori pada pengikut akun resmi e100 suara surabaya
  7. ‘’analisa pengaruh persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, sikap penggunaan, norma subyektif, dan persepsi kontrol perilaku terhadap minat pengelola perpustakaan menggunakan sistem informasi perpustakaan (sipus) kota surabaya”
  8. Konstruksi identitas anak muda urban pembaca buku emha ainun najib
  9. Perilaku adiksi remaja pada game online di surabaya
  10. Analisis kualitas informasi konten website repositori perpustakaan universitas airlangga