Catalog :




Detail Article

Libri-Net

ISSN

Vol. 6 / No. 2 / Published : 2017-02

TOC : 7, and page :13 - 14

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Efektivitas program promosi di kantor perpustakaan dan arsip daerah kota salatiga

Author :

  1. M. Thorieq Shofa Afandi*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Promosi hampir setiap hari menerpa kehidupan sehari-hari. Promosi ini dilakukan tidak hanya pada sektor profit tapi juga pada sektor perpustakaan. Citra perpustakan di Indonesia memang sedang buruk maka untuk meningkatkan paradigm masyarakat diperlukan promosi perpustakaan, seperti yang dilakukan oleh perpustakaan kota Salatiga yang melakukan kegiatan promosi dengan menggunakan media cetak dan on line yaitu dengan promosi melalui web, facebook, instagram, youtube, brosur, dan juga dengan melakukan promosi dengan kegiatan khusus . Hal ini dilakukan untuk mengenalkan perpustakaan kota Salatiga kepada masyarakat kota Salatiga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur efektivitas promosi perpustakaan kota Salatiga dengan menggunakan EPIC model yaitu emphaty, persuasion, impact, dan communication. Metode penelitian ini menggunakan metode diskriptif kuantitatif dengan pengambilan sampel mengunakan purposive  sampling dengan syarat pengunjung perpustakaan kota Salatiga dan juga telah melihat progam promosi perpustakaan kota Salatiga. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan sakal skala Likert dan dengan skor rata-rata. Hasil dari analisi EPIC model terhadap efektivitas progam promosi perpustakaan kota Salatiag dan menghasilkan bahwa keempat dimensi yaitu emphaty, persuasion, impact, dan communication mendapatkan skor rata-rata 3.778 ,3.668, 3.922 dan 3.996 sehingga keempat dimensi itu masuk dalam skala efektif dan yang paling menonjol adalah dimensi communication dengan skor rata-rata 3.996.  jadi dapat disimpukan bahwa promosi perpustakaan kota Salatiga yaitu efektif.  

Keyword :

Empati, Persuasion, Impact, Komunikasi dan Promosi,


References :

  1. Ahmad Furchan, (2004). Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. - : Pustaka Belajar
  2. Darmono, (2001). Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan. - : Grasindo


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 6 / No. : 2 / Pub. : 2017-02
  1. Efektivitas program perpuseru di perpustakaan umum kabupaten pamekasan
  2. Analisis wacana tentang profesi pustakawan dalam kkomunitas facebook “solidaritas pustakawan indonesia”
  3. Proses pengambilan keputusan dalam memilih layanan mandiri di perpustakaan unair
  4. Pengaruh variabel - variabel bauran pemasaran terhadap kepuasan pengguna perpustakaan universitas merdeka malang
  5. Perilaku penemuan informasi literatur berbahasa inggris di fakultas kedokteran gigi universitas airlangga
  6. Sikap dan kebiasaan membaca pada mahasiswa fisip universitas airlangga
  7. Efektivitas program promosi di kantor perpustakaan dan arsip daerah kota salatiga
  8. Efektivitas penggunaan e-library oleh mahasiswa pada perpustakaan stiesia
  9. Efektivitas promosi perpustakaan dengan menggunakan sarana media internet
  10. Loyalitas pelanggan pada perpustakaan perguruan tinggi
  11. Digital divide dikalangan santri pondok pesantren salaf
  12. Pengaruh relationship marketing terhadap loyalitas pengguna
  13. Efektivitas program sosialisasi dan pendampingan sdm pengelola perpustakaan di kota madiun
  14. Pengaruh elemen-elemen desain interior terhadap kepuasan pengguna perpustakaan stie perbanas surabaya
  15. Tingkat plagiarisme di kalangan pustakawan
  16. Pengaruh ketersediaan koleksi perpustakaan terhadap minat baca siswa