Catalog :




Detail Article

Libri-Net

ISSN

Vol. 6 / No. 2 / Published : 2017-02

TOC : 9, and page :17 - 18

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Efektivitas promosi perpustakaan dengan menggunakan sarana media internet

Author :

  1. Sarastiti Dwi Priyogo*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Perpustakaan dapat memanfaatkan media internet sebagai sarana perpustakaan untuk mempromosikan perpustakaan. Perpustakaan sebagai sumber informasi diharapkan dapat mempertahankan pengguna perpustakaan agar tidak bosan dan berpindah kepada sumber informasi lain untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas promosi yang dilakukan oleh perpustakaan Universitas Airlangga dengan menggunakan media internet. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuatitatif deskriptif, pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu dengan penentuan sampel berdasarkan kriteria tertentu. Hasil penelitian dilakukan oleh peneliti dengan menggunakan teori efektivitas yang terdiri dari tujuan, proses penyelenggaraan dan pasca penyelenggaraan promosi yang telah dilakukan. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa efektivitas promosi yang dilakukan oleh perpustakaan Universitas Airlangga termasuk dalam tingkat efektivitas menengah mengenai promosi perpustakaan Universitas Airlangga dengan menggunakan media internet pada kategori 2,9%. Pada bagian tujuan promosi rata – rata skor mencapai 2,9% termasuk dalam kategori efektivitas menengah pada indikator tujuan promosi perpustakaan dengan menggunakan media internet, proses penyelenggaraan promosi mencapai 2,8% termasuk dalam kategori efektivitas menengah pada indikator proses penyelenggaraan promosi perpustakaan dengan menggunakan media internet dan pada bagian pasca penyelenggaraan mencapai 2,9 % termasuk dalam kategori efektivitas menengah pada indikator pasca penyelenggaraan promosi perpustakaan dengan menggunakan media internet.  

Keyword :

Promotion effectiveness, media social promotion, libraries promotion,


References :

  1. Bungi, Burhan, (2001). Metodolgi Penelitian Sosial. - : Airlangga University Press
  2. Ardhya, yokkie, (2009). Efektivitas Promosi terhadap Perkembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kabupaten sidoarjo, Jawa Timur (Studi kasus Sentra Kerupuk Desa Kedungrejo Kecamatan Jabon).. - : Universitas Airlangga


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 6 / No. : 2 / Pub. : 2017-02
  1. Efektivitas program perpuseru di perpustakaan umum kabupaten pamekasan
  2. Analisis wacana tentang profesi pustakawan dalam kkomunitas facebook “solidaritas pustakawan indonesia”
  3. Proses pengambilan keputusan dalam memilih layanan mandiri di perpustakaan unair
  4. Pengaruh variabel - variabel bauran pemasaran terhadap kepuasan pengguna perpustakaan universitas merdeka malang
  5. Perilaku penemuan informasi literatur berbahasa inggris di fakultas kedokteran gigi universitas airlangga
  6. Sikap dan kebiasaan membaca pada mahasiswa fisip universitas airlangga
  7. Efektivitas program promosi di kantor perpustakaan dan arsip daerah kota salatiga
  8. Efektivitas penggunaan e-library oleh mahasiswa pada perpustakaan stiesia
  9. Efektivitas promosi perpustakaan dengan menggunakan sarana media internet
  10. Loyalitas pelanggan pada perpustakaan perguruan tinggi
  11. Digital divide dikalangan santri pondok pesantren salaf
  12. Pengaruh relationship marketing terhadap loyalitas pengguna
  13. Efektivitas program sosialisasi dan pendampingan sdm pengelola perpustakaan di kota madiun
  14. Pengaruh elemen-elemen desain interior terhadap kepuasan pengguna perpustakaan stie perbanas surabaya
  15. Tingkat plagiarisme di kalangan pustakawan
  16. Pengaruh ketersediaan koleksi perpustakaan terhadap minat baca siswa