Catalog :




Detail Article

Libri-Net

ISSN

Vol. 5 / No. 3 / Published : 2016-03

TOC : 7, and page :13 - 14

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Konstruksi identitas diri blogger pada blog tentang kepustakawanan

Author :

  1. Erna Rahayu Nurhaini*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Penelitian ini berjudul “Konstruksi Identitas Diri Blogger Pada Blog Tentang Kepustakawanan”. Keberadaan blog tentang kepustakawanan merupakan sesuatu yang unik, karena tema kepustakawanan masih asing bagi mayoritas masyarakat, tetapi terdapat orang-orang yang perduli dan menjadikan topik kepustakawanan sebagai tema tulisan dalam blog mereka. Blog sendiri merupakan ruang virtual sebagai wadah menuangkan gagasan serta sebagai akses knowledge sharing. Oleh karena itu, setiap artikel yang dipublikasikan dalam blog memiliki makna yang coba disampaikan oleh blogger kepada pembacanya. Selain itu, blogger dalam tulisannya juga menuangkan hasrat yang ada dalam diri, sehingga hasrat-hasrat blogger tersebut menunjuk pada “diri”, “aku” yang mengacu pada identitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap identitas berdasarkan representasi makna yang terkandung dalam artikel-artikel yang dipublikasikan oleh blog tentang kepustakawanan. Metode yang digunakan adalah analisis tekstual semiotika Roland Barthes. Semiotika Barthes, memfokuskan pada gagasan signifikasi dua tahap, yaitu denotasi sebagai signifikasi tingkat pertama dan konotasi sebagai signifikasi tingkat kedua. Dengan melakukan pemaknaan konotasi, peneliti dapat memahami penggunaan bahasa kiasan dan metafora yang tidak mungkin dapat dilakukan pada level denotasi, dimana pada tahap konotasi turut berperan konteks mitos. Melalui konteks mitos inilah yang merumuskan pada konstruksi identitas. Disini, untuk mengungkap identitas daripada blogger, peneliti menggunakan pedoman teori psikoanalisis Jacques Lacan. Dalam pandangan Lacanian, identitas dipengaruhi oleh faktor kekurangan ‘lack’ yang akhirnya sampai pada hasrat dan merujuk pada “diri”, ‘aku’ sebagai individu yang utuh. Dari hasil analisis, peneliti menemukan temuan-temuan sebagai berikut; (1) keilmuan perpustakaan tidak seharusnya dipandang sebelah mata; (2) keilmuan perpustakaan memiliki prospek yang bagus; (3) kecintaan terhadap keilmuan perpustakaan; (4) perpustakaan adalah gudangnya ilmu; (5) pustakawan merupakan wajah sebuah perpustakaan; (6) semangat membaca seyogyanya menjadi sebuah budaya; (7) kecintaan terhadap kegiatan membaca; (8) hasrat kepustakawanan; (9) hasrat berliterasi.

Keyword :

identitas, konstruksi identitas, representasi makna, blog tentang kepustakawanan, blogger,


References :

  1. Barker, Chris, (2004). Cultural Studies : Teori Dan Praktik. - : Kreasi Wacana
  2. Basuki, Sulistyo, (1993). Pengantar Ilmu Perpustakaan. - : Gramedia Pustaka Utama


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 5 / No. : 3 / Pub. : 2016-03
  1. Kualitas aplikasi mobile go jek di kalangan masyarakat kota surabaya (study deskriptif kualitas dan kesuksesan sistem teknologi informasi aplikasi go jek)
  2. Respon netizen terhadap meme tentang perpustakaan
  3. Kualitas layanan perpustakaan umum kabupaten tulungagung
  4. Perilaku penemuan informasi mahasiswa disabilitas pendengaran di pusat studi dan layanan disabilitas universitas brawijaya malang
  5. Continuing professional development (pengembangan profesionalitas berkelanjutan) pada profesi pustakawan di perpustakaan perguruan tinggi negeri di surabaya
  6. Tingkat burnout pustakawan pada perpustakaan perguruan tinggi di surabaya (studi deskritif mengenai kondisi tingkat burnout pustakawan pada perpustakaan unair, upt perpustakaan its, perpustakaan uk petra, perpustakaan unika widya mandala)
  7. Konstruksi identitas diri blogger pada blog tentang kepustakawanan
  8. Motivasi siswa dalam memanfaatkan perpustakaan sekolah pada sekolah dasar (sd) di tulungagung (studi deskriptif tentang motivasi siswa dalam memanfaatkan perpustakaan sekolah pada sd negeri 1 kampung dalem, sd negeri moyoketen, dan sd islam al-badar)
  9. Perilaku penemuan informasi (information seeking behavior) siswa sma dalam persiapan memasuki perguruan tinggi
  10. Efektivitas program layanan kartu sakti pada fkp2tn di surabaya
  11. Tingkat pemahaman arsiparis tentang kesehatan dan keselamatan kerja ( studi deskriptif tingkat pemahaman arsiparis tentang kesehatan dan keselamatan kerja di lembaga kearsipan daerah istimewa yogyakarta)
  12. Pemanfaatan layanan perpustakaan keliling bagi pengguna di kota surabaya
  13. Literasi informasi mahasiswa teknik
  14. Makna kuasa pustakawan (studi kualitatif tentang makna kuasa pustakawan di badan perpustakaan dan kearsipan provinsi jawa timur)
  15. Pemanfaatan media internet oleh anak penyandang disabilitas netra di slb-ypab (yayasan pendidikan anak buta) di kota surabaya
  16. Pemanfaatan internet di kalangan uk mapanza unair dalam mengakses informasi reproduksi sehat
  17. Kekuatan musik pada perkembangan zaman di perpustakaan
  18. Sikap pustakawan di badan perpustakaan dan kearsipan provinsi jawa timur tentang penulisan karya ilmiah
  19. Peran orang tua dan guru dalam mengembangkan literasi dini (early literacy) di kabupaten sidoarjo
  20. Analisis kualitas self-service perpanjangan online di perpustakaan universitas surabaya (ubaya)
  21. Pengaruh knowledge management terhadap kinerja karyawan pt. pln distribusi jawa timur
  22. Analisis kebutuhan informasi (information need assessment) lansia di kota surabaya
  23. Uji recall and precision sistem temu kembali informasi opac perpustakaan its surabaya
  24. Digital information fluency pada mahasiswa universitas airlangga
  25. Budaya literasi di kalangan komunitas pramuka buku
  26. Promosi pepustakaan menggunakan jejaring sosial facebook (studi deskriptif mengenai tanggapan pengguna terhadap facebook sebagai media promosi perpustakaan di perpustakaan universitas airlangga)