UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Libri-Net

ISSN

Vol. 4 / No. 1 / Published : 2015-01

Order : 9, and page :120 - 133

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Kualitas layanan di perpustakaan umum kota madiun (studi deskriptif tentang kualitas layanan dengan menggunakan libqual di perpustakaan umum kota madiun)

Author :

  1. Tika Ayuningtyas*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

This study examines the quality of service in the Madiun’s Public Library. This study entitled"Quality of Service in Madiun’s Public Library (Descriptive Study on Quality Service by UsingLibQual in Madiun’s Public Library)". This study was conducted to determine how the quality ofservices provided in the Madiun’s Public Library. LibQual method used to measure the quality oflibrary services based on the three-dimensional measurement is used as an indicator which is Affectof Service (the attitude of the library staff to serve the users), Information Control (availability ofcollection and access to information) and Library as Place (the library as a place). This study used adescriptive quantitative research method. The samples in this study were 100 people withrespondents who have different characteristics, sampling using purposive sampling technique. Theresults of this study are the dimensions of service quality by Affect of Service are still consideredlow. Dimensions of Information Control indicate the quality of service in middle category, whichmeans that not all of the quality of existing services in accordance with visitors’ expectations.Dimension Library as Place is considered to meet the expectation of the visitors. However, there areseveral indicators of these three dimensions that is less to get the good service quality assessment.Therefore, Regional Public library service quality in Madiun must be increased in order to obtain abetter quality of service

Keyword :

Quality of service, libqual, public library, -, -,


References :

Soeatminah,(1992) Perpustakaan, Kepustakawan dan Pustakawan Yogyakarta : Karnisius

Suwarno, W,(2009) Psikologi Perpustakaan Jakarta : Agung Seto

Yamit, Zulian,(2005) Manajemen Kualitas Produk dan Jasa (Edisi Pertama) Yogyakarta : Ekonisia Kampus Fakultas Ekonomi UII





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 4 / No. : 1 / Pub. : 2015-01
  1. Manajemen Pemasaran Perpustakaan Bung Karno
  2. Dimensi Kualitas Layanan Di Perpustakaan Perguruan Tinggi (studi Deskriptif Tentang Tanggapan Pengguna Terhadap Dimensi Kualitas Layanan Di Perpustakaan Universitas Airlangga)
  3. Perbedaan Motivasi Kerja Antara Tenaga Pustakawan Dengan Tenaga Administrasi (studi Komparatif Tentang Perbedaan Motivasi Kerja Antara Tenaga Pustakawan Dengan Tenaga Administrasi Di Perpustakaan Universitas Airlangga)
  4. Kebutuhan Informasi Pada Guru Reguler Smp Inklusi Negeri Di Surabaya Information Need On Regular Teachers Junior High School Inclusion State In Surabaya )
  5. Pola Perilaku Penemuan Informasi (information Seeking Behaviour) Mengenai Politik Kampus Di Kalangan Anggota Organisasi Mahasiswa Ekstra Kampus Di Universitas Airlangga
  6. Perilaku Literasi Visual Di Kalangan Pencinta Komik Di Surabaya
  7. Analisa Kompetensi Arsiparis Dari Konsep Pengembangan Penyelenggaraan Sikn-jikn Pada Badan Arsip Se-jawa Timur
  8. Analisis Sitiran Terhadap Tesis Mahasiswa Magister Sains Manajemen Tahun 2010 Sampai Dengan 2013 Dan Ketersediaan Literatur Di Ruang Baca Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Airlangga
  9. Kualitas Layanan Di Perpustakaan Umum Kota Madiun (studi Deskriptif Tentang Kualitas Layanan Dengan Menggunakan Libqual Di Perpustakaan Umum Kota Madiun)
  10. Penggandaan Karya Cetak Oleh Mahasiswa Ilmu Informasi Dan Perpustakaan (studi Konstruksi Sosial Penggandaan Karya Cetak Oleh Mahasiswa Ilmu Informasi Dan Perpustakaan Unair Surabaya)
  11. Analisis Sitiran Terhadap Karya Akhir Mahasiswa Program Pendidikan Dokter Spesialis (ppds-i) Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga-rsud Dr. Soetomo Tahun 2012 Dan 2013 : Suatu Kajian Bibliometrika
  12. Analisis Kebijakan Pengembangan Koleksi Terbitan Berkala Di Perpustakaan Perguruan Tinggi Kristen Petra
  13. Perilaku Penemuan Informasi Kesehatan Di Kalangan Odha ( Studi Deskriptif Tentang Perilaku Penemuan Informasi Kesehatan Odha Di Kota Surabaya
  14. Analisis Aspek Pembentuk Intensi Pustakawan Perpustakaan Sekolah Dalam Melakukan Kegiatan Pengelolaan Koleksi ( Studi Deskriptif Tentang Sikap, Norma Subyektif, Dan Kendali Perilaku Pustakawan Perpustakaan Sekolah Menengah Atas Negeri Dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Kota Surabaya Dalam Melakukan Pengelolaan Koleksi)
  15. Pengaruh Desain Interior Perpustakaan Its Surabaya Terhadap Kenyamanan Pengguna
  16. Perancangan Sistem Informasi Penelitian Jurusan Teknik Industri Fti-its
  17. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pustakawan Pada Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri Di Surabaya
  18. “motivasi Penggunanaan Koleksi Audiovisual”
  19. Kebutuhan Informasi Remaja Smp Dan Sma Surabaya Pada Media Cetak Jawapos
  20. Perilaku Penemuan Informasi Jurnal Ilmiah Di Kalangan Mahasiswa Pengguna Perpustakaan Universitas Airlangga