UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Libri-Net

ISSN

Vol. 6 / No. 4 / Published : 2017-04

Order : 22, and page :43 - 44

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Kualitas layanan online institusional repository pada institut bisnis dan informatika stikom

Author :

  1. Maria Widya Nugrahayu*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Perkembangan teknologi dapat memberikan perubahan positf bagi perpustakaan untuk menyebarkan informasi kepada publik dalam memenuhi kebutuhan informasi. Saat ini informasi digital menjadi tuntutan bagi perpustakaan,  seperti halnya fenomena yang terjadi pada perpustakaan Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya dimana terjadi banyaknya permintaan dari mahasiswa untuk mendapatkan informasi secara up to date, khususnya karya ilmiah dalam bentuk digital. Untuk itu website institusional repository harus mempunyai kualitas yang baik agar pengguna dapat memperoleh informasi yang dibutuhkan dengan mudah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas layanan online institusional repository pada perpustkaan Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya. Dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive dengan kriteria mahasiswa aktif Stikom Surabaya yang pernah mengkases informasi pada website institusional repository perpustakaan Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya dengan jumlah sampel 98 responden. Pengukuran kualitas website institusional repository dalam penelitian menggunakan metode penelitian desktiptif dengan menggunakan pendekatan model e-service quality dari Jessica Santos dengan melihat kualitas pada dimensi inkubative dan dimensi active. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dimensi inkubatif lebih tinggi yaitu sebesar 3.66 dibandingkan dengan dimensi aktif dengan nilai 3.64, pada kedua dimensi ini memiliki keterkaitan dalam penilian kualitas website institusional repository. Dimensi inkubative lebih mengarah pada sistem yang ada dalam website sedangkan dimensi active lebih mengarah pada dukungan website untuk dapat berjalan dengan baik. Website institusional repository dirancang menjadi website yang informatif sebagai wadah publikasi karya intelektual institusi dengan tujuan untuk meningkatkan visibilitas, prestise, serta reputasi institusi di dunia global.

Keyword :

Kualitas, Site institutional repository, e-service quality,


References :

Farida, I., Tjakraatmadja,(2015) A conceptual model of Open Access Institutional Repository in Indonesia academic libraries: Viewed from knowledge management perspective - : Library Management emeral group

GroÈnroos,C.,Helnomen,F.,Isoniemi,K. and Lindholm,M,(2000) The netOffer model:a case example from the virtual marketspace" - : -





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 6 / No. : 4 / Pub. : 2017-04
  1. Pengaruh Kepercayaan Karyawan (trust) Terhadap Knowledge Sharing Pada Karyawan Perpustakaan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (its) Surabaya
  2. Analisis Penerimaan Dan Penggunaan Pengguna Terhadap Penerapan Sistem E-office Di Universitas Airlangga Dengan Menggunakan Model Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology (utaut)
  3. Efektifitas Layanan Mobile Application “mlibrary” Di Perpustakaan Universitas Gadjah Mada
  4. Sikap Yayasan Terhadap Perkembangan Kebijakan Perpustakaan Sekolah Menengah Atas Di Surabaya
  5. Perilaku Penemuan Informasi Mahasiswa Asing Di Universitas Airlangga
  6. Analisis Kompetensi Arsiparis Pada Badan Arsip Dan Perpustakaan Kota Surabaya Dan Badan Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur
  7. Literasi Digital Di Kalangan Guru Sma Di Kota Surabaya
  8. Sikap Pustakawan Terhadap Pelanggaran Hak Cipta Atas Buku
  9. Studi Resepsi Kelompok Pembaca Goodreads Indonesia Terhadap Citra Perpustakaan Dalam Novel “the Magic Library: Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken”
  10. Perilaku Informasi Di Kalangan Siswa Sebagai Pembelajar Homeschooling Di Surabaya
  11. Makna Desain Ruang Perpustakaan Bagi Pustakawan Di Perpustakaan Kampus B Universitas Airlangga
  12. Persepsi Mahasiswa Terhadap Promosi Layanan Electronic These (e-theses) Di Perpustakaan Pusat Uin Maulana Malik Ibrahim Malang
  13. Kualitas Layanan Online Institusional Repository Pada Institut Bisnis Dan Informatika Stikom
  14. Perbandingan Kualitas Ruang Layanan Anak Pada Dinas Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah Dan Dinas Perpustakaan Provinsi Jawa Timur (studi Perbandingan Dengan Variabel: Dimensi, Wujud, Permukaan, Dan Pembukaan)
  15. Peran Keluarga Dan Sekolah Membentuk Literasi Dini Dalam Mengembangkan Perilaku Gemar Membaca Di Kalangan Anak Prasekolah Di Surabaya
  16. Pengaruh Aspek Kognitif Dan Kualitas Informasi Terhadap Pemanfaatan Informasi Online