Libri-Net
ISSN
Vol. 6 / No. 4 / Published : 2017-04
Order : 22, and page :43 - 44
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Kualitas layanan online institusional repository pada institut bisnis dan informatika stikom
Author :
- Maria Widya Nugrahayu*1
- Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract :
Perkembangan teknologi dapat memberikan perubahan positf bagi perpustakaan untuk menyebarkan informasi kepada publik dalam memenuhi kebutuhan informasi. Saat ini informasi digital menjadi tuntutan bagi perpustakaan, seperti halnya fenomena yang terjadi pada perpustakaan Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya dimana terjadi banyaknya permintaan dari mahasiswa untuk mendapatkan informasi secara up to date, khususnya karya ilmiah dalam bentuk digital. Untuk itu website institusional repository harus mempunyai kualitas yang baik agar pengguna dapat memperoleh informasi yang dibutuhkan dengan mudah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas layanan online institusional repository pada perpustkaan Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya. Dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive dengan kriteria mahasiswa aktif Stikom Surabaya yang pernah mengkases informasi pada website institusional repository perpustakaan Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya dengan jumlah sampel 98 responden. Pengukuran kualitas website institusional repository dalam penelitian menggunakan metode penelitian desktiptif dengan menggunakan pendekatan model e-service quality dari Jessica Santos dengan melihat kualitas pada dimensi inkubative dan dimensi active. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dimensi inkubatif lebih tinggi yaitu sebesar 3.66 dibandingkan dengan dimensi aktif dengan nilai 3.64, pada kedua dimensi ini memiliki keterkaitan dalam penilian kualitas website institusional repository. Dimensi inkubative lebih mengarah pada sistem yang ada dalam website sedangkan dimensi active lebih mengarah pada dukungan website untuk dapat berjalan dengan baik. Website institusional repository dirancang menjadi website yang informatif sebagai wadah publikasi karya intelektual institusi dengan tujuan untuk meningkatkan visibilitas, prestise, serta reputasi institusi di dunia global.
Keyword :
Kualitas, Site institutional repository, e-service quality,
References :
Farida, I., Tjakraatmadja,(2015) A conceptual model of Open Access Institutional Repository in Indonesia academic libraries: Viewed from knowledge management perspective - : Library Management emeral group
GroÈnroos,C.,Helnomen,F.,Isoniemi,K. and Lindholm,M,(2000) The netOffer model:a case example from the virtual marketspace" - : -
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
Volume : 6 / No. : 4 / Pub. : 2017-04 |
|