Catalog :




Detail Article

Libri-Net

ISSN

Vol. 4 / No. 2 / Published : 2015-09

TOC : 10, and page :123 - 134

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Library quality service pada pengguna perpustakaan umum balai pemuda surabaya (study deskriptif mengenai kualitas layanan di perpustakaan umum balai pemuda surabaya)

Author :

  1. Jeane Widoasti Altabanita*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Perpustakaan adalah pusat informasi yang sangat membantu dalam proses pendidikan dan mencerdaskan masyarakat. Ada berbagai macam jenis perpustakaan. Salah satunya adalah perpustakaan umum. Perpustakaan umum adalah lembaga informasi yang berada di tingkat kabupaten. Perpustakaan milik masyarakat, untuk masyarakat, dan dari masyarakat. Perpustakaan umum menghadapi tantangan untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat sekitarnya. Agar tetap dapat menarik minat masyarakat untuk memanfaatkan perpustakaan umum salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan mengetahui penilaian kualitas layanan yang ada di perpustakaan umum kota Balai Pemuda Surabaya. Dalam penelitian ini menggunakan 4 dimensi dari LibQual +TM untuk menetahui persepsi terhadap perpustakaan umum yaitu Affect of service, Personal control, Information access dan Library as place. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling dengan menggunakan sampel purposive dan metode yang digunakan metode kuantitatif deskriptif. Pengguna menilai dimensi Affect of service dengan positif dengan skor sebesar 4.57 sehingga dapat disimpulkan bahwa dimensi ini masuk dalam kategori cukup. Sementara, dalam dimensi personal control, pengguna menilai positif dengan skor sebesar 4.34 sehingga dapat disimpulkan bahwa dimensi ini masuk dalam kategori cukup. Kemudian, pengguna memiliki penilaian positif terhadap dimensi information access dengan skor sebesar 4.12 sehingga dapat disimpulkan bahwa dimensi ini masuk dalam kategori cukup. Pengguna memiliki penilaiani positif terhadap dimensi library as place dengan skor 5.23 sehingga dapat disimpulkan bahwa dimensi ini masuk dalam kategori baik

Keyword :

Kualitas Layanan, LibQual, Perpustakan Umum, -, -, -,


References :

  1. Thompson, B. & Cook, C, (2001). Psychometric properties of scores from the web-based LibQUAL+ study of perceptions of library service quality. - : library trends, 49(4), 585-604
  2. Jankowska, M. A., Hertel, K., & Young, N. J., (2006). Improving library service quality to graduate students: Libqual+ TM survey results in a practical setting. - : Libraries and the Academy
  3. Cook, C., Heath, F., & Thompson, B, (2002). LibQUAL+ One instrument in the new measures toolbox. - : Journal of library administration


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 4 / No. : 2 / Pub. : 2015-06
  1. Analisis kinerja online public access catalogue (opac) sebagai media temu kembali informasi (studi deskriptif tentang kinerja opac perpustakaan universitas wijaya kusuma surabaya berdasarkan analisis pieces
  2. Pengaruh relationship marketing (rm) terhadap customer loyalty di perpustakaan stie perbanas surabaya
  3. Motivasi menulis anggota komunitas sejarah menulis di fakultas ilmu budaya
  4. Motivasi siswa memanfaatkan perpustakaan di yayasan pendidikan anak-anak buta (ypab) surabaya
  5. Faktor-faktor penyebab customers switching behavior pada pengguna perpustakaan perguruan tinggi (studi deskriptif tentang faktor-faktor penyebab customers switching behavior pada pengguna perpustakaan universitas negeri malang)
  6. Perempuan pada pekerjaan perpustakaan
  7. Pemanfaatan fasilitas internet oleh mahasiswa di perpustakaan institut bisnis dan informatika stikom surabaya
  8. Analisis pelayanan prima dengan konsep a6 pada perpustakaan tinggi negeri di surabaya
  9. Pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuassan pengguna universitas ciputra library surabaya
  10. Library quality service pada pengguna perpustakaan umum balai pemuda surabaya (study deskriptif mengenai kualitas layanan di perpustakaan umum balai pemuda surabaya)
  11. Kualitas layanan perpustakaan bagi anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi (studi perbedaan kualitas layanan smpn 29 surabaya dan smpn 4 sidoarjo)
  12. Uji usability manajemen arsip digital menggunakan cloud computing di pt. xyz
  13. Pembentukan identitas sosial remaja dalam komunitas baca goodreads indonesia regional surabaya
  14. Relevansi dan penerapan subject authority dalam sistem temu kembali koleksi kitab kuning pusat perpustakaan uin maulana malik ibrahim malang
  15. Dimensi kualitas layanan pada perpustakaan uin sunan kalijaga yogyakarta (studi deskripstif tentang dimensi kualitas layanan jurnal elektronik (e-journal) pada perpustakaan uin sunan kalijaga yogyakarta)
  16. Literasi digital remaja di kota surabaya (studi deskriptif tentang tingkat kompetensi literasi digital pada remaja smp, sma dan mahasiswa di kota surabaya)
  17. Standart kompetensi pustakawan perpustakaan perguruan tinggi negeri se surabaya (studi deskriptif : kompetensi pustakawan perpustakaan perguruan tinggi negeri berdasarkan standart kompetensi kerja nasional indonesia di bidang perpustakaan)
  18. Proses pemaknaan novel genre dystopia di kalangan anak muda urban dari perspektif cultural studies
  19. Praktik kultural dan pengembangan literasi di kalangan penggemar korean pop di surabaya
  20. “perilaku penemuan informasi kelompok backpacker (pelancong mandiri) di surabaya”