Catalog :




Detail Article

Libri-Net

ISSN

Vol. 6 / No. 2 / Published : 2017-02

TOC : 26, and page :41 - 42

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Loyalitas pelanggan pada perpustakaan perguruan tinggi

Author :

  1. Yani Kurnia Sukmawati*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Loyalitas menjadi tujuan utama perusahaan atau organisasi untuk diraih. Loyalitas bukanlah sesuatu yang bisa dibeli bahkan dipaksakan, sehingga banyak perusahaan atau organisasi baik profit maupun non profit yang mengupayakan loyalitas sebagai prioritas utama. Tidak terkecuali dengan perpustakaan, sebagai salah satu organisasi non profit perpustakaan juga harus memperhatikan loyalitas pelanggan ditengah-tengah persaingannya dengan sesama perpustakaan maupun teknologi informasi yang ada saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang bagaimana loyalitas pelanggan yang ada pada perpustakaan perguruan tinggi UK. Petra dan ITS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian ini yaitu pengguna perpustakaan UK Petra dan ITS Surabaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria pernah memanfaatkan layanan perpustakaan minimal 3 kali. Jumlah sampel yang ditetapkan yaitu 100 orang dari perpustakaan UK Petra dan perpustakaan ITS. Pengukuran loyalitas pelanggan dalam penelitian ini menggunakan teori karakteristik loyalitas pelanggan dari Griffin, yang mencakup melakukan pemanfaatan berulang secara teratur, memanfaatkan sebagian besar produk yang disediakan, mereferensikan ke orang lain, dan menunjukkan keunggulan dan daya tarik terhadap pesaing. Berdasarkan dari hasil penelitian, secara keseluruhan loyalitas pelanggan pada perpustakaan perguruan tinggi UK Petra dan ITS tergolong baik. Hal ini dilihat dari total skor rata-rata yang didapat yaitu sebesar 3,74 dan tergolong dalam kategori tinggi.  

Keyword :

Costumer loyality, Characterisrics, library user,


References :

  1. Lindaryani, Rikhe, (2010). Pengontrolan Kualitas Layanan Perpustakaan Pusat Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.. - : FMIPA Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  2. Griffin, Jill, (2005). Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Menambahkan Kesetiaan Pelanggan. . - : Erlangga


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 6 / No. : 2 / Pub. : 2017-02
  1. Efektivitas program perpuseru di perpustakaan umum kabupaten pamekasan
  2. Analisis wacana tentang profesi pustakawan dalam kkomunitas facebook “solidaritas pustakawan indonesia”
  3. Proses pengambilan keputusan dalam memilih layanan mandiri di perpustakaan unair
  4. Pengaruh variabel - variabel bauran pemasaran terhadap kepuasan pengguna perpustakaan universitas merdeka malang
  5. Perilaku penemuan informasi literatur berbahasa inggris di fakultas kedokteran gigi universitas airlangga
  6. Sikap dan kebiasaan membaca pada mahasiswa fisip universitas airlangga
  7. Efektivitas program promosi di kantor perpustakaan dan arsip daerah kota salatiga
  8. Efektivitas penggunaan e-library oleh mahasiswa pada perpustakaan stiesia
  9. Efektivitas promosi perpustakaan dengan menggunakan sarana media internet
  10. Loyalitas pelanggan pada perpustakaan perguruan tinggi
  11. Digital divide dikalangan santri pondok pesantren salaf
  12. Pengaruh relationship marketing terhadap loyalitas pengguna
  13. Efektivitas program sosialisasi dan pendampingan sdm pengelola perpustakaan di kota madiun
  14. Pengaruh elemen-elemen desain interior terhadap kepuasan pengguna perpustakaan stie perbanas surabaya
  15. Tingkat plagiarisme di kalangan pustakawan
  16. Pengaruh ketersediaan koleksi perpustakaan terhadap minat baca siswa