Catalog :




Detail Article

Libri-Net

ISSN

Vol. 3 / No. 3 / Published : 2014-11

TOC : 49, and page :719 - 746

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Marketing mix pada perpustakaan bank indonesia surabaya

Author :

  1. DESI ZIDNI AZIZAH*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Dalam manajemen marketing kita mengenal adanya marketing mix (bauran pemasaran). Usaha manajemen suatu organisasi marketing untuk mencapai titik yang dituju yaitu pasar, yang harus dilakukan adalah dengan cara mengkombinasikan dan memobilisasikan sumber – sumber intern dan ekstern dengan menyesuaikan pada kendala unsur lingkungan dalam merumuskan suatu kegiatan marketing. Marketing Mix merupakan kombinasi dari 4 (empat) variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan yang meliputi product (produk), price (harga), place (tempat), dan promotion (promosi). Produk merupakan komponen penting dalam proses pemasaran, dimana keberhasilan pemasaran terletak pada adanya kemampuan sejauh mana suatu produk menawarkan solusi bagi masalah yang dihadapi pelanggan atau memberikan value atau keuntungan yang dicari pelanggan. Harga yang merupakan unsur kedua didalam marketing mix, secara tradisional perpustakaan selalu memberikan produk atau jasa kepada pengguna secara cuma – cuma. Tetapi, dengan tersedianya jasa – jasa khusus dengan teknologi tinggi yang mahal biayanya, telah mulai banyak produk dan jasa perpustakaan yang harus dibayar langsung oleh pengguna. Promosi adalah aktivitas mempromosikan keunggulan produk serta membujuk pelanggan sasaran untuk menggunakannya. Promosi merupakan arus informasi persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau oranisasi kepada tindakan yang menerapkan pertukaran atau pemasaran. Tempat adalah aktivitas organisasi agar produk mudah didapatkan konsumen sasarannya. Letak perpustakaan yang strategis adalah syarat mutlak bagi keberhasilan perpustakaan untuk mencapai tujuannya. Bagi perpustakaan harus mempertimbangkan misalnya apakah tempatnya mudah diakses dengan kendaraan umum, apakah letaknya berada di tengah – tengah perkotaan. Hal ini tentunya tidak mudah bagi perpustaaan yang saat ini letaknya tidak strategis. UU Perpustakaan pada Bab I Pasal 1, menyatakan Perpustakaan merupakan institusi yang mengumpulkan pengetahuan tercetak dan terekam, mengelolanya dengan cara khusus guna memenuhi kebutuhan intelektualitas para penggunanya melalui beragam cara interaksi pengetahuan

Keyword :

Marketing Mix, Perpustakaan, -, -, -,


References :

  1. Sugiyono, (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
  2. Suryanto, dkk, (2012). Pengantar Psikologi Sosial. Surabaya : Pusat Penerbitan dan Percetakan


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 3 / No. : 3 / Pub. : 2014-08
  1. Analisa kesesuaian harapan dan persepsi pengguna ( mahasiswa sejarah ) mengenai kualitas layanan arsip berdasarkan lima ( 5 ) dimensi kualitas jasa ( servqual ) di badan perpustakaan dan kearsipan provinsi jawa timur
  2. Makna perpustakaan sekolah (studi fenomenologi tentang makna perpustakaan sekolah oleh kepala sma negeri di kabupaten jember)
  3. Persepsi pemustaka terhadap perpustakaan desa (studi deskriptif tentang persepsi pemustaka terhadap perpustakaan desa di 11 desa, kabupaten sidoarjo)
  4. Perilaku penemuan informasi ( information seeking behavior ) mubalig muhammadiyah ( studi deskriptif mengenai perilaku penemuan informasi di
  5. Kualitas layanan elektronik di perpustakaan kampus b unair surabaya (studi deskriptif tentang kualitas layanan elektronik journal di perpustakaan kampus b unair surabaya)
  6. Keterpakaian koleksi fiksi dan motivasi kunjungan siswa di perpustakaan smp khadijah surabaya (studi deskriptif keterpakaian koleksi fiksi dan motivasi kunjungan di perpustakaan smp khadijah surabaya)
  7. Evaluasi program taman bacaan masyarakat (tbm) (studi deskriptif tentang evaluasi program penyelenggaraan tbm di badan arsip dan perpustakaan kota surabaya)
  8. “persepsi pengguna terhadap kualitas koleksi di perpustakaan umum kota surabaya”
  9. Rationality of tbm management in yogyakarta city
  10. Hubungan iklim komunikasi organisasi terhadap kepuasan kerja staf perpustakaan pada perpustakaan institut teknologi sepuluh nopember
  11. Analisis indeks kepuasan masyarakat terhadap layanan di badan perpustakaan dan arsip daerah kabupaten lamongan
  12. Motivasi kerja pengelola arsip skpd di kabupaten sidoarjo
  13. Pengaruh kompetensi individu (individual competence) terhadap literasi media internet di kalangan santri (studi eksplanatif tentang pengaruh technical skills, critical undestanding dan communicative abilities terhadap literasi media internet di kalangan santri pondok pesantren bahrul ‘ulum jombang)
  14. Hubungan kompetensi profesional pustakawan dengan prestasi kerja pada perpustakaan perguruan tinggi negeri di kota surabaya ( study eksplanatif tentang kompetensi profesional pustakawan dengan prestasi kerja pada perpustakaan perguruan tinggi negeri kota surabaya)
  15. Analisis paro hidup literatur pada jurnal information research periode 2008-2011 ( studi kajian bibliometrika pada information research : an international electronic journal )
  16. Kesenjangan digital di kalangan guru smp (studi deskriptif mengenai kesenjangan aksesibilitas dan kapabilitas teknologi informasi di kalangan guru smp kecamatan krian)
  17. Pengetahuan pengklasifikasi tentang pengorganisasian informasi pada perpustakaan perguruan tinggi negeri di surabaya
  18. Motivasi dan perilaku plagiat di kalangan siswa sma : persepsi siswa terhadap perilaku plagiat dan motivasi siswa dalam melakukan tindak plagiat di kalangan siswa sma cita hati surabaya
  19. Analysis usefull collection (descriptive study of college library collections keterpakaian level b airlangga university surabaya)
  20. Perilaku pemanfaatan akun twitter (studi deskriptif tentang perilaku pemanfaatan akun twitter @e100ss sebagai media pemenuhan kebutuhan informasi pengguna jalan raya di kota surabaya)
  21. Kualitas layanan (service quality) pada kantor pertanahan kota surabaya i
  22. Analisis faktor-faktor produktivitas kerja pada pegawai perpustakaan its
  23. Pengaruh self efficacy terhadap perilaku penemuan informasi siswa sma dalam menghadapi ujian nasional
  24. Kondisi kinerja pns di badan arsip dan perpustakaan kota surabaya (studi deskriptif pada badan arsip dan perpustakaan kota surabaya yang mengamati tentang kondisi kinerja pns)
  25. Peran komunitas online fanfiction dalam mengembangkan literasi media sebagai praktik reproduksi kultural
  26. Karakteristik kolektor barang antik : suatu kajian leisure studies tentang empat elemen yang mempengaruhi karakter kolektor
  27. Persepsi para pengambil kebijakan terhadap implementasi undang – undang ri no 43 tahun 2009 tentang kearsipan pada badan perpustakaan dan kearsipan propinsi jawa timur
  28. Penjiwaan profesionalisme pustakawan
  29. Marketing mix pada perpustakaan bank indonesia surabaya