UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Libri-Net

ISSN

Vol. 4 / No. 3 / Published : 2015-11

Order : 23, and page :345 - 357

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Pemanfaatan internet pada masyarakat pemukiman kumuh

Author :

  1. Faizal*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Indonesia dari berbagai golongan, tingkat penggunaan dan frekuensi pemanfaatannya sudah tergolong tinggi. Bahkan masyarakat pemukiman kumuh yang tergolong menengah kebawah sudah bisa menikmati akses internet, hal tersebut dikarenakan murahnya media pendukung untuk mengakses internet seperti misalnya provider internet dan modem yang harganya cukup bisa dijangkau oleh semua golongan masyarakat dan keuntungan dari murahnya media pendukung untuk menyediakan internet tersebut membuat tingkat pemanfaatan internet pada masyarakat pemukiman kumuh tergolong dalam Medium User. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji dan meneliti kegiatan pengaksesan dan pemanfaatan internet serta intensitas penggunaan internet pada masyarakat pemukiman kumuh disekitar bantaran sungai Jagir. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Dengan teknik pengambilan sampel secara acak (Random Sampling). Dengan mengambil sampel sebanyak 100 responden seperti yang telah dinyatakan oleh Malhotra (2002) dalam Pradani (2008) yang menyatakan: “…that the sample could be large enough so that when it is devided in group will have a minimum sample size of 100 or more.” Serta instrumen yang digunakan oleh peneliti adalah kuesioner, wawancara, observasi, data sekunder, dan studi pustaka

Keyword :

internet, pemukiman kumuh, intensitas, -, -,


References :

Sudjarwo dan Basrowi,(2009) - - : -





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 4 / No. : 3 / Pub. : 2015-08
  1. Implemetasi Kode Etik Pustakawan Indonesia
  2. Persepsi Pustakawan Terhadap Redesain Tata Ruang Layanan Di Badan Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur
  3. Pemanfaatan Teknologi Informasi Di Kalangan Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya
  4. Pemanfaatan Media Internet Oleh Penyandang Tunarungu (studi Deskriptif Tentang Pemanfaatan Internet Pada Komunitas Gerkatin Di Kota Surabaya)
  5. Pemanfaatan Internet Pada Masyarakat Pemukiman Kumuh
  6. Budaya Partisipasi (participatory Culture) Pada Kelompok Penggemar Komik (kajian Budaya Partisipasi Pada Komunitas Komik Bungkul Surabaya)
  7. Konstruksi Identitas Kelompok Penggemar (fandom) Fanfiction Di Kalangan Remaja Urban
  8. Sense Of Community Pada Komunitas Ex-bank Duta Surabaya (studi Deskriptif Mengenai Tingkat Sense Of Community Pada Komunitas Ex-bank Duta Surabaya Berdasarkan Intensitas Penggunaan Internet)
  9. Preferensi Penggunaan Jurnal Ilmiah Cetak Dan Non Cetak (studi Deskriptif Perilaku Penemuan Informasi Dikalangan Dosen Universitas Airlangga)
  10. Pengaruh Motivasi Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Perpustakaan Institut Teknologi Sepuluh November (its) Surabaya
  11. Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Atas Layanan Perpustakaan Diperpustakaan Umum Kota Kediri
  12. Praktik Participatory Cultures ( Budaya Partisipasi) Dikalangan Siswa. (studi Deskriptif Tentang Praktik Participatory Cultures Di Kalangan Siswa Menengah Atas Dalam Penggunaan Media Sosial Pada Sma Negeri 2 Kediri)
  13. Analisa Kesesuaian Harapan Dan Persepsi Pengguna (mahasiswa) Mengenai Kualitas Layanan Grey Literature Pada Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri Di Surabaya
  14. Konstruksi Sosial Siswa Mengenai Perpustakaan Sekolah Di Sd Alhikmah Surabaya
  15. Pola Perilaku Penemuan Informasi Di Kalangan Komunitas “bisa Menulis” (kbm)
  16. Persepsi Pegawai Bidang Kearsipan Terhadap Jenjang Karir Berdasarkan Teori Atribusi (studi Deskriptif Kuantitatif Pada Lembaga Kearsipan Dan Record Center Di Universitas Gadjah Mada)
  17. Analisa Usability Pada Website Airlangga University E-learning Applications (studi Deskriptif Di Kalangan Mahasiswa Pengguna Website E-learning Aula)
  18. Program Membaca Lima Belas Menit (sustained Silent Reading) Pada Siswa Dan Siswi Sekolah Dasar Negeri Di Kota Surabaya
  19. Kemampuan Literasi Informasi Pada Komunitas Goodreads Indonesia Regional Surabaya
  20. Tingkat Pengetahuan Pegawai Tentang Kesehatan Kerja Di Kearsipan Surabaya Dan Kearsipan Jawa Timur