UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Libri-Net

ISSN

Vol. 7 / No. 3 / Published : 2019-03

Order : 16, and page :1 - 16

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Pemanfaatan layanan perpustakaan keliling bagi pengguna di kota madiun

Author :

  1. Amallya Agustia Primadani *1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

ABSTRAK Untuk melakukan pengembangan agar lebih banyak dikenal masyarakat Perpustakaan juga menghadirkan layanan perpustakaan keliling agar memungkinkan penduduk yang tinggal jauh dari perpustakaan umum dapat memanfaatkan layanan jasa informasi yang diberikan oleh perpustakaan umum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan layanan perpustakaan keliling bagi pengguna di Kota Madiun dengan menggunakan Teori Use-Oriented yang dikembangkan Tefko Saracevic dan Paul B Kantor yang meliputi R-I-R (Reason-Interaction-Result serta menggunakan data primer yang didapat dari penyebaran kuesioner dan data sekunder diperoleh dari wawancara dengan responden.). Hasil dari penelitian ini menggambarkan tentang alasan akan mempengaruhi seseorang untuk memanfaatkan layanan perpustakaan keliling, kemudian akan terjadi interaksi antara pengguna dengan perpustakaan keliling, dan setelah itu pengguna akan merasakan hasil setelah memeanfaatkan layanan perpustakaan keliling. Sedangkan pengelompokan alasan besar pengguna ialah mencari referensi tugas. Interaksi yang pengguna rasakan sebagian besar mendapatkan kemudahan mencari informasi serta petugas dapat membantu memberikan kejelasan terhadap infomasi yang pengguna inginkan. Sehingga mereka mendapatkan kenyamanan setelah mengguakan fasilitas yang disediakan oleh perpustakaan keliling. Setelah mereka memanfaatkan layanan yang diberikan maka pengguna mendapatkan hasil dari proses interaksi bahwa sebagian besar responden mendapatkan kepuasan yang diberikan petugas maupun kepuasan yang dirasakan oleh responden mengenai pelayanan di perpustakaan keliling.    Kata Kunci : Layanan, perpustakaan keliling, pendidikan.   ABSTRACT   To do the development for more known to the public library also presents a bookmobile service to allow residents to stay away from public libraries can take advantage of information services provided by the public library. The purpose of this study was to determine how to use the bookmobile service for users in Madiun by using Theory Use-Oriented developed Tefko Saracevic and Paul B's Office which includes RIR (Reason-Interaction-Result and using primary data obtained from questionnaires and secondary data obtained from interviews with respondents.).The results of this study describes awelds would predispose a person to take advantage of the mobile library service, then there will be interaction between the user and the mobile library, and after that the user will feel the results after the bookmobile service used the Beijing show.While grouping big reason the user is searching for reference tasks. The interaction that users feel mostly get the ease of finding information and the officer can help bring clarity to the information that users want. So that they gain comfort after uses the facilities provided by the mobile library. After they take advantage of the services provided so users get the result of the interaction process that most respondents get the satisfaction or gratification given officers perceived by respondents about the service in a mobile library.   Keywords: Services, mobile library, education.   

Keyword :

Pemanfaatan Layanan Perpustakaan Keliling Bagi Pengguna Di Kota Madiun , Pemanfaatan Layanan Perpustakaan Keliling Bagi Pengguna Di Kota Madiun , Pemanfaatan Layanan Perpustakaan Keliling Bagi Pengguna Di Kota Madiun , ilmu informasi dan perpustakaan, fisip unair,


References :

Agustini, Ninis. 2003. Laporan Penelitian : Hubungan Antara Kemampuan Berbahasa Inggris Dengan Pemanfaatan Pepustakaan dan Prestasi Belajar Mahasiswa. Bandung: UNPAD.  Bafadal, Ibrahim (1996) Pengelolaan perpustakaan sekolah. Jakarta: Bumi Aksa.  Bagong Suyanto, “Teknik Pengumpulan Data”, (Yogyakarta : Graha Ilmu, 2005). Barnsley, J. dan Ellis, D. (1992). Research for change: participatory action research for community group. Vancouver, BC: Women’s Research Centre.  Cook, Colleen,et.al. (2001). “LibQUAL: Service Quality Assessment in Research Libraries”. International Federationof Library Association and Institution (IFLA) Journal. 27 (4), p. 265-268.  Cook, Colleen and Fred, M. H. (2001). “User Perception of Lybrary Service Quality: A LibQUAL: Qualitative Study”. Library Trends, 9 (4), Spring, p.548-584.  Darmono, Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah, (Jakarta: PT Gramedia Widisarana Indonesia, 2001).  Darmono (2001) anajemen dan tata kerja perpustakaan sekolah. Jakarta: Grasindo.  Haryono, T. (1998). Kriteria pelayanan perpustakaan. Jurnal Perpustakaan Pertanian 7 (1): 15-17.  Handoko. 2007. Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Terhadap Prestasi Belajar Siswa SDN Tegalrejo 1 Yogyakarta. Skripsi Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN.   Komariah, Neneng. 2009. Laporan Penelitian : Hubungan Pemanfaatan Perpustakaan Dengan Literasi Informasi Pengguna. Bandung: UNPAD.  Lasa, H.S. 2005. “Manajemen Perpustakaan”. Yogyakarta: Gama Media.  McClure Charles R. and John Carlo Bertot, 1998. Public Library Use In Pennsylvania : Identifying Uses, Benefit, and Ompacts Final Repor.  Mustafa, badollahi. “Promosi jasa perpustakaan”. Jakarta: Universitas Terbuka,  1996.  Nawawi, Hadari. 2001. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.  Parasuraman, Zeithaml, dan Berry (1991). Delivering Service Quality, New York: Free Press.  Pendit, Putu Laxman, 1992. “Makna Informasi : lanjutan dari seuatu perdebatan” Dalam Bunga rampai 40 tahun Pendidikan Ilmu Perpustakaan di Indonesia Ed. A Bangun. Jakarta: Kesaint Blanc.  Penelitian Permatasari, A (2012). Layanan Pusat Deposit Bahan Pustaka Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi: Syudi Deskriptif Tentang Kebutuhan Informasi Melalui KepuasanPengguna dan Kualitas Pelayanan Pada Layanan Pusat Deposit Bahan Pustaka di Perpustakaan Nasional RI, Jurnal Universitas Airlangga Departemen Ilmu Informasi dan Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.  Saracevic, Tefko dan Paul B Kantor. 1997. Studying the Value of Library and Information Services. Part 1 Establishing a Theoritical Framework. Journal of the American Society for Informationn Science, 48(6):527542.   Schiffman, L. and Kanuk, L.L.  (2007). Consumre Behavior. Seventh Edition. Kasip, Zoelkifli. (Ahli Bahasa). (2008). Perilaku Konsumen. Jakarta: Indeks.  Seracevic, Tefko dan Paul B Kantor (1997) Studying the Value of Library and Information Services. Part I Establishing a Theoritical Framework. Journal of the American Society for Information Science.  Shalini R. Lihitkar (2008) User Perceptions and Utilization of Library and Information Services of Information Centers in Nagpur City. Nagpur University, Nagpur.  Siregar, Belling. (2008). Gedung dan Perlengkapan Perpustakaan. Medan : Program Studi Ilmu Perpustakaan Universitas Sumatera Utara.  Siti Mila Y. (2013) motivasi siswa dalam memanfaatkan layanan perpustakaan Universitas Petra. Surabaya: Universitas Airlangga.  Smith, Ian M. 1999. What Do We Know About Public Library Use. Aslib Proccedings. Vol 51, No.9, Oktober 1999-302.  Soeatminah, Perpustakaan, Kepustakawanan dan Pustakawan, (Yogyakarta: Kanisius, 1992).  Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis. ALFABETA, Bandung.  Sulistyo-Basuki, 1991, Periode Perpustakaan Indonesia, Remaja Rodiakarya, Indonesia.  Sutarno N.S (2004) Manajemen Perpustakaan : suatu pendekatan praktik. Jakarta: Samitra Media Utama.  Sutarno. Manajemen Perpustakaan : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Sagung Seto, 2006. Suwarno, Wiji. 2009. Psikologi Perpustakaan. Jakarta: Sagung Seto.   Tjiptono, Fandy. (2007). Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Andi Ofset. Yogyakarta.  Tri B.S, Seno,  2013, Pengaruh Layanan Perpustakaan Keliling Terhadap Kemampuan Literasi Informasi “wanita tuna (wts)” Lokasi Gambilangu Semarang, Skripsi, Sarjana Humaniora, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro Semarang.  Utami, Ayu Bakti (2012). Pemanfaatan layanan perpustakaan bagi kalangan remaja (studi deskriptif tentang motivasi pemanfaatan layanan perpustakaan di badan perpustakaan dan arsip Jawa Timur). Surabaya: Universitas Airlangga.  Wexley dan Yulk (1988). Teori Kepuasan Kerja. (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada).  Wibowo A, Kukuh, 2010, Layanan Ekstensi (Perpustakaan Keliling) Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Skripsi, Program Diploma III Perpustakaan, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sebelas Maret Surakarta.  Winarso, Heru Puji. 2005. Sosiologi Komunikasi Massa. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Umum.  Yasinta, Rahma. 2009. “Motivasi Siswa Dalam Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Pada Sekolah Menengah Atas Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (SMA RSBI)”. Skripsi. Surabaya: Universitas Airlangga Surabaya.





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 7 / No. : 3 / Pub. : 2019-03
  1. Perilaku Penemuan Informasi Dalam Pembuatan Sim Dikalangan Siswa Sma Surabaya
  2. Pemanfaatan Bahan Pustaka E-library Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Airlangga
  3. Analisis Kualitas Situs Web Quora Indonesia
  4. Analisis Elemen Epic Pada Promosi Perpustakaan Universitas Airlangga Surabaya Melalui Media Sosial (instagram, Facebook, Twitter, Line)
  5. Pemanfaatan Layanan Perpustakaan Keliling Bagi Pengguna Di Kota Madiun
  6. Makna Membaca Komik Conan Di Kalangan Anak Muda