UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Libri-Net

ISSN

Vol. 6 / No. 1 / Published : 2017-01

Order : 5, and page :9 - 10

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Pemanfaatan media sosial untuk jual beli online di kalangan mahasiswa fisip universitas airlangga surabaya melalui instagram

Author :

  1. Ariestya Ayu Permata*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Perkembangan Online Shop atau toko online melalui media internet sudah menjamur di Indonesia, bahkan sudah sangat dikenal baik oleh khalayak ramai tidak terkecualimahasiswa di kota besar. Banyaknya kemudahan dalam berbelanja dan bermacam jenis produk dan jasa yang ditawarkan, membuat masyarakat Indonesia menjadikan Online Shop sebagai salah satu “tempat berbelanja” baru selain pusat perbelanjaan. Hal ini membuatbanyak penjual OnlineShop yang berlomba – lomba menawarkan produknya dengan berbagaicara untuk menarik konsumen berbelanja, mereka memanfaatkan keadaan dimana OnlineShopping sedang sangat diminati oleh masyarakat Indonesia sampai saat ini. Perkembangan bisnis melalui media sosial semakin hari semakin meningkat, seiringdengan meningkatnya pengguna internet di dunia terutama di Indonesia. Media sosialInstagram telah menjadi salah satu sarana promosi produk yang memiliki prospek sangat baiksaat ini. Instagram dengan segala kelebihannya telah memiliki pasar yang sangat luas diseluruh dunia. Berbagai macampeluang bisnis, informasi bisnis, strategi marketing suatuproduk bisa dijumpai dalam setiap updateInstagram para penggunanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan mediasosial (instagram) untuk sarana berbelanja online di kalangan mahasiswa FISIP UniversitasAirlangga Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskripstif  denganteknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposif sampling. Populasi sampelsebanyak 2842 mahasiswa dari 7 jurusan angkatan 2012 sampai dengan 2015, sedangkansampel yang digunakan sebanyak 100 mahasiswa. Data dikumpulkan dengan menggunakankuisioner. Hasil dari analisis ini menunjukkan akan kebiasaan mahasiswa memanfaatkaninstagram untuk berbelanja online. 

Keyword :

Pemanfaatan media sosial, online shop, instagram, belanja online,


References :

Andira Sari, Chaca,(2015) Perilaku Berbelanja Online Di Kalangan Mahasiswi Antropologi Universitas Airlangga - : Universitas Airlangga

Arini, Eka Purwanti,(2010) Pemanfaatan Facebook Sebagai Sarana Promosi Perpustakaan: Studi Kasus Perpustakaan Forum Indonesia Membaca - : Universitas Indonesia





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 6 / No. : 1 / Pub. : 2017-01
  1. Hubungan Prokrastinasi Akademik Dengan Perilaku Plagiarisme Di Kalangan Mahasiswa Universitas Airlangga
  2. Perilaku Penemuan Informasi Mahasiswa Imm Umsida Sidoarjo Dalam Menemukan Sumber Informasi Ilmiah
  3. Efektifitas Penggunaan Software Open Source (slims) Pada Perpustakaan Perguruan Tinggi Di Malang
  4. Peranan Modal Sosial Remaja Net Generation Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Melalui Media Sosial
  5. Pemanfaatan Media Sosial Untuk Jual Beli Online Di Kalangan Mahasiswa Fisip Universitas Airlangga Surabaya Melalui Instagram
  6. Pemanfaatan Internet Dikalangan Pengunjung Cafe Starbuck
  7. Adaptasi Sosial Mahasiswa Ilmu Informasi Dan Perpustakaan Di Lingkungan Kampus-fisip Universitas Airlangga
  8. Penggunaan Media Permainan Sebagai Upaya Membangun Literasi Dini
  9. Perilaku Penemuan Informasi Pada Komunitas K-pop “ever Lasting Friends (elf)” Surabaya
  10. Perilaku Penemuan Informasi (information Seeking Behavior) Mahasiswa
  11. Pengaruh Kompetensi Pustakawan Terhadap Kinerja Pustakawan Dalam Pelayanan Pengguna Di Perpustakaan Khusus
  12. Hubungan Perilaku Menonton Film Adaptasi Dan Membaca Novel Adaptasi
  13. Internet Plagiarism Di Kalangan Mahasiswa
  14. Evaluasi Sistem Otomasi I-sekolah Oleh Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 10 Surabaya
  15. Hubungan Self Efficacy Dengan Perilaku Penemuan Informasi
  16. Peran Guru Slb Negeri Gedangan Dalam Menumbuhkan Kemampuan Literasi Informasi Siswa Disabilitas
  17. Self Concept Dan Self Efficacy Di Kelompok Pengelola Arsip Lembaga Kearsipan Perguruan Tinggi (lkpt)
  18. Hubungan Tipe Kepribadian Terhadap Perilaku Penemuan Informasi Mahasiswa Universitas Airlangga
  19. Efektivitas Pendidikan Pengguna (user Education) Perpustakaan Pada Kalangan Mahasiswa Baru Universitas Airlangga Angkatan 2016/2017
  20. Perilaku Penemuan Informasi Tentang Pendidikan Dasar Di Kalangan Orang Tua
  21. Analisis 8 Karakteristik Peran Pustakawan Dalam Perspektif Pemustaka (siswa) Di Perpustakaan Grhatama Pustaka Yogyakarta