Libri-Net
ISSN
Vol. 6 / No. 1 / Published : 2017-01
Order : 5, and page :9 - 10
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Pemanfaatan media sosial untuk jual beli online di kalangan mahasiswa fisip universitas airlangga surabaya melalui instagram
Author :
- Ariestya Ayu Permata*1
- Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract :
Perkembangan Online Shop atau toko online melalui media internet sudah menjamur di Indonesia, bahkan sudah sangat dikenal baik oleh khalayak ramai tidak terkecualimahasiswa di kota besar. Banyaknya kemudahan dalam berbelanja dan bermacam jenis produk dan jasa yang ditawarkan, membuat masyarakat Indonesia menjadikan Online Shop sebagai salah satu “tempat berbelanja” baru selain pusat perbelanjaan. Hal ini membuatbanyak penjual OnlineShop yang berlomba – lomba menawarkan produknya dengan berbagaicara untuk menarik konsumen berbelanja, mereka memanfaatkan keadaan dimana OnlineShopping sedang sangat diminati oleh masyarakat Indonesia sampai saat ini. Perkembangan bisnis melalui media sosial semakin hari semakin meningkat, seiringdengan meningkatnya pengguna internet di dunia terutama di Indonesia. Media sosialInstagram telah menjadi salah satu sarana promosi produk yang memiliki prospek sangat baiksaat ini. Instagram dengan segala kelebihannya telah memiliki pasar yang sangat luas diseluruh dunia. Berbagai macampeluang bisnis, informasi bisnis, strategi marketing suatuproduk bisa dijumpai dalam setiap updateInstagram para penggunanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan mediasosial (instagram) untuk sarana berbelanja online di kalangan mahasiswa FISIP UniversitasAirlangga Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskripstif denganteknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposif sampling. Populasi sampelsebanyak 2842 mahasiswa dari 7 jurusan angkatan 2012 sampai dengan 2015, sedangkansampel yang digunakan sebanyak 100 mahasiswa. Data dikumpulkan dengan menggunakankuisioner. Hasil dari analisis ini menunjukkan akan kebiasaan mahasiswa memanfaatkaninstagram untuk berbelanja online.
Keyword :
Pemanfaatan media sosial, online shop, instagram, belanja online,
References :
Andira Sari, Chaca,(2015) Perilaku Berbelanja Online Di Kalangan Mahasiswi Antropologi Universitas Airlangga - : Universitas Airlangga
Arini, Eka Purwanti,(2010) Pemanfaatan Facebook Sebagai Sarana Promosi Perpustakaan: Studi Kasus Perpustakaan Forum Indonesia Membaca - : Universitas Indonesia
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 6 / No. : 1 / Pub. : 2017-01 |
|