Catalog :




Detail Article

Libri-Net

ISSN

Vol. 3 / No. 2 / Published : 2014-01

TOC : 11, and page :150 - 171

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Penerimaan sistem informasi akademik universitas airlangga cyber campus (uacc) pada dosen fisip universitas airlangga

Author :

  1. Elsa Suryana Riskadewi*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Sistem informasi akademik yang digunakan Universitas Airlangga yaitu Universitas Airlangga Cyber Campus (UACC). Sistem ini tidak hanya digunakan oleh mahasiswa saja tetapi juga dapat digunakan oleh seluruh civitas akademika yang berhubungan seputar kegiatan akademik, termasuk dosen UNAIR. Penggunaan sistem informasi akademik UACC pada dosen digunakan sebagai proses kegiatan pembelajaran. Sehingga sistem informasi akademik UACC ini dirancang agar bisa diterima serta digunakan oleh seluruh civitas akademika UNAIR, khususnya pada dosen UNAIR. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan tentang penerimaan sistem informasi akademik Universitas Airlangga Cyber Campus (UACC) yang digunakan oleh dosen FISIP Universitas Airlangga dalam menunjang proses kegiatan pembelajaran. Dalam penelitian ini menggunakan teori  Technology Acceptance Model (TAM) menurut Davis (1986) yang digunakan untuk mengukur penerimaan sistem informasi. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif dengan teknik pengambilan sampel random sederhana (simple random sampling).  Dari hasil analisis yang diperoleh, dapat diketahui bahwa dosen FISIP Universitas Airlangga telah menerima dengan baik untuk penggunaan sistem informasi akademik UACC. Diketahui dari hasil analisis variabel perceived ease of use, behavioral intention to use, dan actual system usage yang memiliki kriteria tinggi dengan nilai mean sebesar 3,47; 3,44; dan 3,54. Sedangkan, hasil analisis variabel perceived usefulness dan attitude toward using memiliki kriteria sedang dengan nilai mean sebesar 3,33 dan 3,26. Dengan demikian, secara keseluruhan penggunaan sistem informasi akademik UACC dapat diterima oleh dosen untuk menunjang proses kegiatan pembelajaran dengan nilai mean keseluruhan sebesar 3,41 yang berarti termasuk kriteria tinggi.

Keyword :

i: penerimaan sistem informasi, ormasi, Technology Acceptance Model (TAM), sistem informasi akademik UACC, -, -,


References :

  1. Jogiyanto H.M., (2000). Sistem Informasi Berbasis Komputer. Yogyakarta : BPFE-Yogyakarta
  2. Sugihartati, Rahma, (2014). 4. Perkembangan Masyarakat Informasi dan Teori Sosial Kontemporer. Jakarta : Kencana Prenadamedia
  3. Suyanto, Bagong dan Sutinah, (2007). Metode Penelitian Sosial: Berbagi Alternatif Pendekatan. Jakarta : Kencana Prenadamedia


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 3 / No. : 2 / Pub. : 2014-06
  1. Personal information management ( pim ) pada dosen peneliti desentralisasi tahun 2013 universitas airlangga surabaya
  2. Tanggapan terhadap kegiatan komunikasi pemasaran c2o library & collabtive
  3. Persepsi pengguna terhadap kualitas layanan di badan perpustakaan dan kearsipan provinsi jawa timur
  4. Evaluasi keterpakaian koleksi (studi evaluatif tentang keterpakaian koleksi buku pada perpustakaan akademi angkatan laut surabaya)
  5. Analisis usability website repository perpustakaan institut teknologi sepuluh nopember surabaya (studi deskriptif tentang usability website repository perpustakaan institut teknologi sepuluh nopember surabaya berdasarkan evaluasi heuristik)
  6. Kebutuhan informasi anak jalanan di rumah kampung anak negeri (liponsos) surabaya
  7. Analisis marketing mix pada perpustakaan pusat universitas muhammadiyah malang (studi deskriptif tentang variabel-variabel product, price, promotion, place, people, process, dan physical evidence dilihat dari sudut pandang pengguna perpustakaan pusat universitas muhammadiyah malang)
  8. Kemelekan informasi masyarakat terhadap potensi daerah ( studi deskriptif tentang kemelekan informasi masyarakat terhadap potensi lokal di kabupaten ponorogo
  9. Hijabers di era informasi (studi information sharing dan gaya hidup hijabers di komunitas hijabers surabaya)
  10. Penerimaan sistem informasi akademik universitas airlangga cyber campus (uacc) pada dosen fisip universitas airlangga
  11. Persepsi pengelola arsip terhadap jabatan fungsional arsiparis (studi deskriptif tentang persepsi pengelola arsip terhadap jabatan fungsional arsiparis di badan perpustakaan dan kearsipan jawa timur di bidang kearsipan)
  12. Pengaruh desain interior terhadap produktivitas kerja pustakawan di perpustakaan perguruan tinggi negeri surabaya
  13. Persepsi pemustaka tentang kualitas ruang layanan pada perpustakaan stie perbanas surabaya ( studi deskriptif mengenai persepsi pemustaka tentang 10 dimensi kualitas ruang yang meliputi aspek : fungsional, adabtable, accessible, varied, interactive, conducive, environmentally suitable, safe and secure, efficient, suitable for information technologi )
  14. Perilaku penemuan informasi peneliti universitas airlangga melalui e-journal
  15. Pemanfaatan twitter sebagai media information sharing di perpustakaan
  16. Peranan modal sosial pada perilaku berbagi informasi di dalam forum sport: futsal kaskus regional surabaya
  17. Realitas kampung cyber (studi fenomenologi terhadap masyarakat kampung rt 36, taman, patehan, yogyakarta)
  18. Studi mengenai implementasi kebijakan program layanan referensi di perpustakaan universitas surabaya
  19. Pengaruh pendidikan pengguna (user education) terhadap pemanfaatan layanan perpustakaan di upt perpustakaan universitas muhammadiyah suakarta
  20. “pemanfaatan koleksi perpustakaan pada mahasiswa di perpustakaan universitas katolik widya mandala surabaya” (studi deskriptif terhadap pemanfaatan koleksi perpustakaan pada mahasiswa di perpustakaan universitas katolik widya mandala surabaya)
  21. Pemanfaatan Saluran Informasi Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Siswa Sma Muhammadiyah 2 Surabaya
  22. Kondisi perpustakaan umum daerah kabupaten jember oleh pelajar berdasarkan standar nasional perpustakaan (studi deskriptif tentang kondisi perpustakaan oleh pelajar berdasarkan standar nasional perpustakaan)
  23. Pengaruh gaya kepemimpinan consideration dan initianing structure terhadap kinerja dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervening : studi pada perpustakaan institut teknologi sepuluh november surabaya
  24. Pola perilaku penemuan informasi (information seeking behavior) di kalangan mahasiswa skripsi (studi deskriptif tentang perilaku penemuan informasi mahasiswa fip jurusan ksdp program studi pendidikan luar biasa universitas negeri malang dalam penulisan skripsi)
  25. Perilaku pencarian informasi dengan menggunakan media internet pada remaja awal (studi deskriptif perilaku pencarian informasi dengan menggunakan media internet pada smpn 32 surabaya)
  26. Perilaku penemuan informasi (information seeking behaviour) pada profesi perawat (studi deskriptif perilaku penemuan informasi pada perawat bagian irna bedah dan irna medik rumah sakit dr. soetomo surabaya dengan mengadopsi model bystrom & jarvelin)
  27. Perilaku penemuan informasi di kalangan profesional guru sekolah dasar negeri di surabaya
  28. Kualitas layanan digital library uin maliki (studi deskriptif tentang kualitas layanan digital library pada perpustakaan universitas islam negeri maulana malik ibrahim malang)
  29. Pengaruh bauran promosi terhadap motivasi evaluasi kognitif untuk berkunjung pada ex. dejavasche bank ( museum bank indonesia surabaya )