Catalog :




Detail Article

Libri-Net

ISSN

Vol. 6 / No. 2 / Published : 2017-02

TOC : 28, and page :55 - 56

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Pengaruh relationship marketing terhadap loyalitas pengguna

Author :

  1. Ardhina Pratiwi*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Penelitian ini di latarbelakangi oleh fenomena persaingan pemasaran informasi yang semakin menglobal di organisasi non profit dalam memperoleh loyalitas pengguna. Banyaknya organiasi non profit khususnya perpustakaan perlu mempertahankan dan meningkatkan strategi baru untuk menjaga penggunanya untuk tetap loyal bahkan menambah jumlah penggunanya. Perpustakaan sebagai organisasi non profit perlu menerapkan relationship marketing dalam memasarkan jasanya, karena relationship marketing merupakan kesatuan proses dan strategi pengelolaan hubungan dalam meningkatkan kepuasan dan pertumbunhan jangka panjang. Penelitian ini menggunakan variabel pendekatan relationship marketing dari Ndubisi (2007) yang memiliki empat variabel yaitu kepercayaan, komitmen,komunikasi, dan penanganan konflik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh relationship marketing terhadap loyalitas pengguna di perpustakaan Univeritas Airlangga Kampus B. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan uji F dan uji T, serta koefesien determinasi berganda yang disertai dengan tiga asumsi klasik yaitu normalitas, multikolinineritas, dan heteroksedastisitas. Hasil penelitian ini diketahui bahwa variabel relationship marketing secara bersama-sama (simulatan) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pengguna yaitu sebesar 38.971. Sedangkan dalam uji parsial diketahui bahwa hanya variabel komunikasi yang berpengaruh terhadap loyalitas pengguna sebesar 11.006. Sementara nilai R Square sebesar 0.596 % memberikan arti bahwa keempat variabel bebas tersebut berpengaruh sebesar 59.6% terhadap variabel terikat. Sedangkan sisanaya sebesar 40.4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat pada penelitian ini. 

Keyword :

Relationship marketing, Loyalitas pengguna, Pemasaran jasa, Perpustakaan Universitas Airlangga,


References :

  1. Dwyer, FR et al, (1987). Developing buyer-seller relationship. Vol.51 : -
  2. Dlamini, N Petros, (2006). Customer care services and stratehies in academic Librarys KwaZulu-natal. Vol.72 No.2 : -


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 6 / No. : 2 / Pub. : 2017-02
  1. Efektivitas program perpuseru di perpustakaan umum kabupaten pamekasan
  2. Analisis wacana tentang profesi pustakawan dalam kkomunitas facebook “solidaritas pustakawan indonesia”
  3. Proses pengambilan keputusan dalam memilih layanan mandiri di perpustakaan unair
  4. Pengaruh variabel - variabel bauran pemasaran terhadap kepuasan pengguna perpustakaan universitas merdeka malang
  5. Perilaku penemuan informasi literatur berbahasa inggris di fakultas kedokteran gigi universitas airlangga
  6. Sikap dan kebiasaan membaca pada mahasiswa fisip universitas airlangga
  7. Efektivitas program promosi di kantor perpustakaan dan arsip daerah kota salatiga
  8. Efektivitas penggunaan e-library oleh mahasiswa pada perpustakaan stiesia
  9. Efektivitas promosi perpustakaan dengan menggunakan sarana media internet
  10. Loyalitas pelanggan pada perpustakaan perguruan tinggi
  11. Digital divide dikalangan santri pondok pesantren salaf
  12. Pengaruh relationship marketing terhadap loyalitas pengguna
  13. Efektivitas program sosialisasi dan pendampingan sdm pengelola perpustakaan di kota madiun
  14. Pengaruh elemen-elemen desain interior terhadap kepuasan pengguna perpustakaan stie perbanas surabaya
  15. Tingkat plagiarisme di kalangan pustakawan