Catalog :




Detail Article

Libri-Net

ISSN

Vol. 6 / No. 2 / Published : 2017-02

TOC : 4, and page :7 - 8

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Pengaruh variabel - variabel bauran pemasaran terhadap kepuasan pengguna perpustakaan universitas merdeka malang

Author :

  1. Intan Shuruulloh*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Perpustakaan Perguruan Tinggi memiliki kedudukan penting dalam membantu penyebaran informasi kepada mahasiswa untuk menemukan informasi yang tepat, namun dinamika perkembangan teknologi dan informasi telah menyebabkan perilaku pengguna berubah, untuk itu perpustakaan perlu merespon perkembangan tersebut, salah satunnya dengan melakukan strategi bauran pemasaran. Sebab dengan mengembangkan strategi bauran pemasaran  perpustakaan dapat bertahan dan bersaing dengan perpustakaan-perpustakaan lainnya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara signifikan maupun secara parsial dari konsep bauran pemasaran terhadap kepuasan pengguna diperpustakaan Universitas Merdeka Malang. Penelitian ini bersifat kuantitatif explanatif, teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan sampel sebanyak 95 orang. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan pengaruh product, price, promotion, place, people, process dan physical evidence yang signifikan terhadap kepuasan pengguna, dengan tingkat kesalahan 0,05 dengan nilai 21,644 dan nilai F sebesar 2,111.Berdasarkan uji T diketahui variabel people, process dan physical evidence secara parsial memberikan pengaruh yang bermakna terhadap kepuasan pengguna. Dapat diindikasikan dengan tingkat signifikansi masing-masing variabel tersebut melebihi α=5%. Hasil pengujian koefisien regresi parsial menunjukkan variabel physical evidence memiliki nilai tertinggi dengan t hitung (4,603) > t tabel (1,986), process dengan t hitung (3,921) > t tabel (1,986), dan people menduduki nilai t hitung (1,999) > t tabel (1,986). Hal ini menunjukkan bahwa variabel tersebut memiliki pengaruh yang dominan terhadap kepuasan pengguna.  

Keyword :

User satisfaction, Library, Marketing mix,


References :

  1. Kotler, Philip, (2000). Managemen Pemasaran. - : Bumi Aksara
  2. Aini, Muthia Nurul, (2003). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kearsipan Terhadap Profesionalisme Arsiparis di Bapusipda se-Bandung Raya Universitas Pendidikan Indonesia. . - : -


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 6 / No. : 2 / Pub. : 2017-02
  1. Efektivitas program perpuseru di perpustakaan umum kabupaten pamekasan
  2. Analisis wacana tentang profesi pustakawan dalam kkomunitas facebook “solidaritas pustakawan indonesia”
  3. Proses pengambilan keputusan dalam memilih layanan mandiri di perpustakaan unair
  4. Pengaruh variabel - variabel bauran pemasaran terhadap kepuasan pengguna perpustakaan universitas merdeka malang
  5. Perilaku penemuan informasi literatur berbahasa inggris di fakultas kedokteran gigi universitas airlangga
  6. Sikap dan kebiasaan membaca pada mahasiswa fisip universitas airlangga
  7. Efektivitas program promosi di kantor perpustakaan dan arsip daerah kota salatiga
  8. Efektivitas penggunaan e-library oleh mahasiswa pada perpustakaan stiesia
  9. Efektivitas promosi perpustakaan dengan menggunakan sarana media internet
  10. Loyalitas pelanggan pada perpustakaan perguruan tinggi
  11. Digital divide dikalangan santri pondok pesantren salaf
  12. Pengaruh relationship marketing terhadap loyalitas pengguna
  13. Efektivitas program sosialisasi dan pendampingan sdm pengelola perpustakaan di kota madiun
  14. Pengaruh elemen-elemen desain interior terhadap kepuasan pengguna perpustakaan stie perbanas surabaya
  15. Tingkat plagiarisme di kalangan pustakawan
  16. Pengaruh ketersediaan koleksi perpustakaan terhadap minat baca siswa