Catalog :




Detail Article

Libri-Net

ISSN

Vol. 2 / No. 2 / Published : 2013-07

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Pengembangan aplikasi sistem kearsipan (archieve management system) pada dinas perindustrian, perdagangan, koperasi, pertambangan dan energi daerah kabupaten nganjuk

Author :

  1. Dyan Suwartiningsih*1
  1. Departemen informasi dan Perpustakaan

Abstract :

Organisasi dalam menjalankan proses bisnisnya, menghasilkan suatu rekaman proses yang dikenal dengan istilah arsip. Dilihat dari sudut pandang tersebut, maka arsip dapat difungsikan sebagai acuan dalam pengambilan sebuah kebijakan bagi suatu organisasi. Dengan arsip, organisasi dapat belajar dalam menentukan setiap langkah ke depan. Namun, potensi manfaat arsip yang ada diatas kurang begitu digali oleh beberapa organisasi baik pemerintahan, maupun instansi swasta. Hal tersebut juga dialami oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan, Pertambangan dan Koperasi kabupaten Nganjuk. Arsip yang terdapat di dinas tersebut belum diatur dalam sebuah sistem manajemen arsip. Pada era teknologi informasi yang berkembang pesat sekarang ini, untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas, adopsi teknologi dalam sistem manajemen arsip menjadi sebuah keharusan. Penelitian ini dimaksudkan untuk menemukan solusi untuk mengatasi permasalahan diatas dengan cara membangun aplikasi sistem manajemen arsip. Metode yang digunakan dalam pembangunan aplikasi ini ialah metode prototyping. Metode prototyping diawali dengan menganalisa kebutuhan dasar pengguna, kemudian dilanjutkan dengan pembuatan prototype system dan dilakukan pengujian prototype oleh user. Dari hasil pengujian tersebut, prototype disempurnakan sampai dengan terpenuhinya tingkat kebutuhan user. Untuk memastikan bahwa aplikasi yang telah dibuat telah benar-benar sesuai dengan kebutuhan user, maka dilakukan proses pengujian aplikasi menggunakan metode user acceptance testing yang terdiri atas 2 item pengujian yaitu pengujian alpha dan beta. Dari pengujian alpha didapatkan hasil sesuai dengan analisis kebutuhan dasar pengguna dan bebas dari kesalahan sedangkan pengujian beta menunjukkan bahwa kualitas aplikasi sistem kearsipan (Archieve Management System) ini sebesar 86,3 %.

Keyword :

sistem manajemen arsip, prototyping, user acceptance testing,


References :

  1. Al Fatta, Hanif., (2007). Analisis & Perancangan Sistem Informasi.. Yoyakarta : Penerbit Andi
  2. Arbie., (2004). Manajemen database dengan MySQL.. Yoyakarta : Penerbit Andi


   


Archive Article

Cover Media Content

Volume : 2 / No. : 2 / Pub. : 2013-07
  1. Analisis desain antar muka web badan perpustakaan dan kearsipan provinsi jawa timur ( studi deskriptif analisis desain web badan perpustakaan dan kearsipan provinsi jawa timur dengan menggunakan analisis imk)
  2. Analisis marketing mix di universitas ciputra library surabaya
  3. Studi perbedaan kualitas layanan antara pusat jasa perpustakaan dan informasi dengan pusat deposit bahan pustaka di perpustakaan nasional ri
  4. Motivasi kunjungan pada perpustakaan umum (studi deskriptif mengenai motivasi kunjungan pada perpustakaan umum kota trenggalek)
  5. Kepuasan pengguna layanan referensi menurut keputusan menpan 63/kep/m.pan/7/2003 (studi deskriptif tentang layanan referensi pada badan perpustakaan dan kearsipan propinsi jawa timur)
  6. Analisis aktivitas pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan minat baca pada komunitas insan baca
  7. Evaluasi implementasi knowledge management system pt. telekomunikasi indonesia (studi evaluasi implementasi kampiun berdasarkan pengukuran kinerja pada pt. telkom wilayah timur)
  8. Persepsi pengunjung museum (studi deskriptif terhadap citra museum negeri mpu tantular sidoarjo)
  9. Perilaku penemuan informasi pengunjung perpustakaan institut agama islam negeri sunan ampel surabaya sebagai referensi untuk tugas akhir
  10. Efektivitas pengajaran bibliografi di perpustakaan universitas kristen petra (studi deskriptif tentang efektivitas pengajaran bibliografi pada mahasiswa jurusan desain komunikasi visual di perpustakaan universitas kristen petra surabaya)
  11. Persepsi masyarakat pengguna terhadap perpustakaan kelurahan ngagel rejo kota surabaya
  12. Deskripsi literasi informasi pada siswa sma international baccalaureate (ib) program diploma di cita hati surabaya
  13. Pola produktivitas pengarang dalam jurnal di fakultas ilmu sosial dan ilmu politik universitas airlangga tahun 2009-2012 (suatu kajian bibliometrika dengan hukum lotka)
  14. Pengaruh faktor personal, organisasi dan teknologi terhadap penggunaan blog untuk knowledge sharing (studi eksplanatif tentang pengaruh faktor personal, organisasi dan teknologi terhadap penggunaan blog civitas academica universitas airlangga sebagai media knowledge sharing di kalangan mahasiswa)
  15. Persepsi mahasiswa baru dan akhir program studi ilmu informasi dan perpustakaan terhadap lapangan kerja di bidang program studi ilmu informasi dan perpustakaan (studi deskirptif pada mahasiswa iip unair sebagai penunjang kegiatan akademis)
  16. Persepsi pengguna terhadap kinerja online public accsess catalog (opac) badan perpustakaan dan kearsipan propinci jawa timur (studi deskriptif analisa sistem informasi opac badan perpustakaan dan kearsipan propinsi jawa timur dengan menggunakan analisis pieces)
  17. Layanan pusat deposit bahan pustaka dalam memenuhi kebutuhan informasi (studi deskriptif tentang kebutuhan informasi melalui kepuasan pengguna dan kualitas pelayanan pada layanan pusat deposit bahan pustaka di perpustakaan nasional ri)
  18. Analisis teori stukturasi pada proses pembentukan pandangan, pemahaman, dan minat terhadap profesi pustakawan (studi etnometodologi tentang profesi pustakawan di kalangan mahasiswa ilmu informasi dan perpustakaan universitas airlangga)
  19. Pemanfaatan facebook perpustakaan (studi deskriptif pemanfaatan jejaring sosial (facebook) di kalangan anggota facebook perpustakaan kabupaten sidoarjo)
  20. Persepsi pengguna terhadap layanan ruang baca perpustakaan umum (studi deskriptif tentang persepsi pengguna terhadap layanan ruang baca badan arsip dan perpustakaan kota surabaya)
  21. Motivasi kerja arsiparis fungsional di lingkungan skpd se-provinsi jawa timur (studi deskriptif motivasi kerja arsiparis fungsional di lingkungan skpd se-provinsi jawa timur)
  22. Pengaruh kualitas layanan referensi menggunakan libqual+® terhadap kepuasan pengguna di perpustakaan universitas kristen petra surabaya. (studi eksplanatif tentang kualitas layanan referensi menggunakan metode libqual+® terhadap kepuasan pengguna)
  23. Pengembangan aplikasi sistem kearsipan (archieve management system) pada dinas perindustrian, perdagangan, koperasi, pertambangan dan energi daerah kabupaten nganjuk
  24. Analisis deskrptif menggunakan goal model pada layanan perpustakaan keliling di badan arsip dan perpustakaan kota surabaya
  25. Layanan pusat deposit bahan pustaka dalam memenuhi kebutuhan informasi
  26. Kesenjangan digital (digital divide) pada kalangan penyandang tunanetra di pertuni surabaya
  27. Pemanfaatan koleksi di perpustakaan rutan oleh tahanan ( studi deskriptif mengenai pemanfaatan koleksi oleh tahanan di perpustakaan rumah tahanan klas i surabaya )